Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Telkomsel mengepakkan sayapnya ke industri game. Setelah eksis di dunia layanan seluler, mereka kini merambah industri game lewat Dunia Games. Beberapa game unik dan menyenangkan telah dirilis Dunia Games. Teranyar ialah Three Kingdoms: Quest of Infinity. Game-game ini sekaligus membuktikan pengembang dalam negeri pun tak kalah apik dan menarik dibanding game buatan luar.

Three Kingdoms: Quest of Infinity menjadi game bergenre RPG hero collector yang perlu dicoba para gamers tanah air. Menceritakan pertempuran para pahlawan Three Kingdoms terbaik di masanya, game ini mengajak pemain tidak hanya mengumpulkan dan memperkuat karakter, tetapi juga melatih kemampuan meracik strategi untuk memenangi pertempuran.

Seperti apa keseruan yang dirasakan GAMEFINITY.ID saat menjajal Three Kingdoms: Quest of Infinity? Yuk intip pembahasannya berikut.

Gameplay (8/10)

Three Kingdoms: Quest of Infinity memiliki jalan cerita yang menarik didukung 3D sinematik yang apik. Dengan gameplay turn based RPG, ada lebih dari 200 karakter yang bisa dikoleksi dan digunakan para pemain. Sesuai dengan namanya, game ini bertema tiga kerajaan mulai dari karakter, plot hingga mekanisme permainan. Mode-mode game yang dimainkan akan mengajak para pemain untuk merasakan sensasi pertarungan di masa tiga kerajaan, akhir dinasti Hou Han tahun 179.

Three Kingdoms: Quest of Infinity/Thomas Rizal/Gamefinity.id

Diceritakan di awal permainan, Black Dragon jahat mencoba membuka pintu antara dunia dan dimensi lain. Hal itu berhasil digagalkan berkat kekuatan artefak legendaris bernama Holy Grail. Sayangnya, pertarungan yang dahsyat menyebabkan artefak itu pecah dan menyebar ke seluruh dunia. Pemain kini bertugas untuk menemukan pecahan Holy Grail yang masih memiliki kekuatan tersebut.

Three Kingdoms: Quest of Infinity menyajikan keseruan tersendiri kepada para pemain untuk merasakan duel sarat taktik yang dihadirkannya. Ada lebih dari 200 karakter yang tersedia dan terbagi ke dalam empat kategori elemen, yaitu Fire, Water, Nature, dan Dark, dengan role Support, Deffensive, Offensive, Magic, dan Healer.

Three Kingdoms: Quest of Infinity/Thomas Rizal/Gamefinity.id

Di awal game, para warriors (julukan pemain Three Kingdoms: Quest of Infinity) bisa menentukan 2 karakter yang ingin digunakan. Pilihannya antara Liu Bei dan Ching lin yang memiliki elemen Water dan Wood, Cao Cao dan Na Yong yang memiliki elemen Fire dan Wood, serta Sun Quan dan Hong Wu yang memiliki elemen Water dan Fire.

Game ini menyajikan beberapa mode permainan yang bisa dimainkan, mulai dari Misi, Dungeon Harian, Event Dungeon, Elite Dungeon, dan Event Conquest. Di awal permainan pemain hanya bisa memainkan Misi hingga mencapai level tertentu, dimana mode-mode lainnya akan terbuka seiring meningkatnya level pemain.

Three Kingdoms: Quest of Infinity/Thomas Rizal/Gamefinity.id

Sama seperti game RPG pada umumnya, pemain bisa memilih beberapa karakter yang akan digunakan dalam bertarung. Pemain dapat membuat tim beranggotakan 5 hero dengan hero – hero yang berbeda dengan kekuatan yang unik dari masing-masing karakter. Sebelum menjalani pertarungan, pemain dapat menentukan posisi dari karakter yang menjadi bagian dari strategi permainan, apakah di tengah, belakang atau depan.

Tak hanya itu, ada beberapa fitur yang bisa digunakan untuk memudahkan pemain dalam memainkan Three Kingdoms, seperti fitur mempercepat 2x, dan fitur auto battle. Fitur terakhir itu menjadi salah satu keunggulan tersendiri dari game, dimana para pemain bisa menjalankan misi sembari menjalankan aktivitas lain. Namun, ketika pertarungan dijalankan secara otomatis, pemain tak bisa menggunakan Taktik dan support dari teman yang juga menjadi bagian dari untuk memenangkan pertarungan.

Three Kingdoms: Quest of Infinity/Thomas Rizal/Gamefinity.id

Untuk memenangi pertarungan, pemain juga perlu meningkatkan level, mencari senjata atau meningkatkan kemampuan hero masing-masing. Pemain bisa memainkan raid boss untuk mendapatkan senjata yang lebih kuat, EXP Dungeon untuk mendapatkan gold dan EXP guna meningkatkan level, dan banyak lagi hal yang bisa dieksplorasi.

Satu mode lainnya yang juga menarik adalah para warrior ialah “Kelola Wilayah”. Disini pemain bisa membuat lahan pertanian, sawmill, hingga tambang. Hasil dari pengelolaan wilayah itu bisa berupa biji-bijian, kayu, dan batu yang nantinya dibutuhkan untuk membeli Armor, Weapon, dan Aksesoris lainnya. Pemain juga bisa menyerang kota lain agar bisa mencuri ketiga sumber daya, sekaligus mendapatkan Dragon Essence untuk membeli item untuk meningkatkan skill team.

Grafik (8/10)

Saat menjajal game ini, GAMEFINITY.ID menggunakan perangkat Huawei P20 Pro yang memiliki chipset Kirin 970, RAM 6GB dengan sistem operasi Android 10. Game dapat berjalan dengan lancar, tanpa hambatan berarti meski dimainkan selama beberapa jam. Adapun untuk minimum spesifikasinya, game ini bisa dijalankan di smartphone Android dengan chipset Snapdragon 410 atau lebih baru, Chip Grafis Adreno 306; RAM setidaknya 1,5 GB; sistem operasi: 4.3 Jelly Bean atau lebih baru.

Three Kingdoms: Quest of Infinity/Thomas Rizal/Gamefinity.id

Sebagai game yang diklaim ramah perangkat, tampilan grafik yang ditawarkan Three Kingdom: Quest of Infinity terbilang menawan. Ini cocok untuk para penggemar game-game bertema dinasti dan kerajaan, dengan anime yang menarik. Hal ini terlihat baik dari sisi cerita maupun ketika efek visual ketika pemain mengeluarkan skill para hero.

Seperti disebut sebelumnya, Three Kingdoms: Quest of Infinity ini lancar untuk dimainkan termasuk di “hape kentang” sekalipun. Grafis 3D yang disajikan juga cukup menarik. Pemain juga bisa mengatur frame rate sesuai perangkat yang digunakan pemain. Jadi bisa dikatakan Three Kingdoms: Quest of Infinity adalah game yang bersahabat untuk para gamer mobile.

Kontrol (8/10)

Bagi pemain yang biasa memainkan RPG hero collector seperti Seven Knights, rasanya kontrol game ini tidak asing lagi. Namun untuk pemain yang kurang familiar dengan game RPG, pemain yang memainkan Three Kingdoms: Quest of Infinity rasanya tidak akan kesulitan untuk menguasainya. Pasalnya pemain hanya perlu menyentuh layar tombol dan juga ada tutorial yang membantu pemain menguasai kontrol dengan mudah.

Three Kingdoms: Quest of Infinity/Thomas Rizal/Gamefinity.id

Terdapat bar hijau di bawah bar health masing-masing hero yang menjadi indikator turn attack hero. Masing-masing hero yang ada akan secara otomatis menyerang memakai basic attack, dengan pemain bisa menekan image karakter untuk memakai skill hero masing-masing. Pemain juga bisa menggunakan skill unik yang dinamakan Taktik, dimulai dari Heal, buff, debuff, cleanse, hingga menyerang musuh dengan sekali tombol. Pemain perlu menunggu Taktik Gauge agar bertambah setiap kali menyerang ataupun diserang musuh, sebelum bisa menggunakan skill.

Adiktif (8/10)

Dengan beragamnya mode yang bisa dimainkan, maka akan ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan bersama game ini. Three Kingdoms: Quest of Infinity memboyong sistem pertempuran ditambah tampilan antar muka yang simpel agar mempermudah pemain mengerti aturan mainnya tanpa kesulitan.

Untuk pendukung, Three Kingdoms: Quest of Infinity menjanjikan berbagai hadiah menarik yang akan diberikan kepada pemain yang mampu menuntaskan misi harian. Setiap harinya, pemain diberikan beragam quest untuk diselesaikan dengan iming-iming rewards yang berguna untuk meningkatkan performa team secara keseluruhan. Dengan grafis yang menunjang, ditambah narasi plot yang menarik untuk diikuti, game ini cocok untuk menemani masa-masa di rumah aja selama pandemi COVID-19.

Kesimpulan

Three Kingdom: Quest of Infinity ini menjadi salah satu mobile RPG yang seru untuk dimainkan. Game besutan Telkomsel ini cocok bagi penggemar RPG yang suka permainan taktik dan strategi, maupun gamer-gamer casual yang membutuhkan alternatif game simpel namun asyik untuk dimainkan. Tak salah apabila menyebut game ini sebagai game yang bersahabat bagi para gamer mobile.

Three Kingdoms: Quest of Infinity/Thomas Rizal/Gamefinity.id

Tidak hanya mengajak pemain mengoleksi dan membangun karakter, warriors juga dihadapkan dengan pertempuran strategis melalui berbagai set skill, mengkombinasikan antara karakteristik dan strategi masing-masing karakter. Beragam game mode misi juga membuat pemain bisa merasakan pertempuran yang dihadapi di masa Three Kingdoms.

Selain itu, Three Kingdoms: Quest of Infinity juga membuktikan bahwa game lokal tidak kalah bersaing dengan game-game garapan luar. Untuk para gamer yang ingin memainkan game ini, bisa segera download game ini di Play Store. Kedepannya, Dunia Games sendiri juga akan merilis game ini di versi IOS.

Secara keseluruhan, GAMEFINITY.ID total skor review 8.4 dari 10 untuk game garapan Telkomsel ini.(zal)

Share yuk !