Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Sejak Trailer pertamanya terbit game Doraemon Story of Seasons menarik banyak orang apalagi dari mantan para pemain Harvest Moon. Doraemon Story of Seasons adalah sebuah game pertanian/petualangan di mana pemain dapat menanam tanaman, merawat hewan, dan melakukan banyak hal lain seperti eksplorasi, memburu serangga, menambang, dan memancing.

Game ini memang hasil dari kerjasama antara anime ternama dengan Marveoules yaitu penggarap Harvest Moon yang kini telah berganti nama menjadi Story of Seasons. Doraemon Story of Seasons sudah tersedia untuk PC dan Switch.

Gameplay: 8.5/10

Saya memainkannya masih belum full, tapi gameplaynya sangat mengingatkan pada game Harvest Moon terutama Back to Nature. Untuk storyline-nya mendasar: Doraemon dan teman-temannya (ditetapkan sebagai Noby, Sneetch, Sue, dan Big G), diawali oleh Nobita yang menemukan benih misterius saat mengerjakan proyek musim panas mereka.

Setelah ditanam, benih berubah menjadi pohon yang sangat besar dan menciptakan badai yang membawa mereka melewati ruang dan waktu. Setelah bangun, Doraemon dan kawan-kawan menemukan diri mereka di kota pedesaan aneh yang tampaknya dari masa lalu.

Doraemon juga telah kehilangan semua gadgetnya, termasuk gadget yang bisa membuat mereka pulang, artinya mereka harus bertahan di dunia baru ini sampai mereka dapat menemukan jalan untuk kembali ke waktu mereka.

Akhirnya Doraemon dan kawan-kawan ditemukan oleh salah satu penduduk bernama Harmon. Dia menjelaskan jika mereka berada di Natura lalu memutuskan untuk membantu mereka.

Akan tetapi, semua penduduk di Natura termasuk anak-anak diwajibkan memiliki pekerjaan oleh Walikota Natura, sehingga Doraemon dan kawan-kawan mulai mencari pekerjaan ke berbagai toko dan restoran juga klinik yang ada di Natura.

Sementara Nobita berakhir mengurusi pertanian kedua Harmon, karena dia satu-satunya yang tidak mendapat pekerjaan. Maka pemain mulai berperan sebagai Nobita.

Nobita mengurusi pertanian kedua Harmon. (Gambar: Istimewa/Gamefinity.id)

Masalah awalnya adalah permulaan/pengenalan gameplay yang bagi saya terlalu lambat. Saya membutuhkan waktu satu jam untuk bisa benar-benar bertani di game ini. Mungkin jika kamu tidak menyukai Doraemon atau game sejenis ini, kamu tidak akan menikmatinya.

Meski disediakan fitur untuk melewati beberapa scene, menurut saya tetap percuma karena pemain otomatis melewati tutorial dan juga misi-misi yang harus dilakukan.

Saran saya, untuk yang tidak terbiasa dengan game seperti ini, lebih baik diikuti saja semua dialognya karena berisi tutorial dari cara menanam, belanja, mengecek kalender, menambah stamina, dan banyak hal lainnya.

Tidak melewati berbagai dialog juga memudahkan pemain untuk membangun cerita terutama untuk menemukan seluruh gadget Doraemon yang hilang.

Grafik: 9/10

Saya nilai sesuai dengan tema gamenya ya, desainnya seperti lukisan bergerak. Animasinya sendiri saat berjalan dan berlari terlihat benar-benar seperti anak kecil yang berlari.

Dengan visual warna-warni tetapi tetap nyaman untuk dilihat juga tetap memberikan kesan fantasi didalamnya. Backsoundnya cukup menenangkan dan sesuai dengan visual yang ditampilkan.

Kontrol: 9/10

Saya memainkan versi PC. Kontrolnya mudah dan mendasar, dengan menggunakan WASD untuk bergerak dibantu dengan tombol panah untuk merubah arah Nobita.

Huruf Q dan E untuk mengubah alat yang akan digunakan, tombol space untuk “OK”. Dan tombol untuk membuka fitur lainnya yang bagi saya mudah diingat dan bisa dimainkan oleh satu tangan. Mungkin untuk yang tidak terbiasa, perlu beberapa waktu untuk menyesuaikan diri dengan kontrolnya.

Adiktif: 8/10

Satu-satunya masalah saya hanya di awal permainan yang lambat. Cocok dimainkan jika kamu punya waktu luang yang banyak karena untuk menemukan satu gadget Doraemon, kita harus bolak-balik lokasi (haha).

Doraemon Story of Seasons juga menjadi pilihan game saya untuk bersantai karena gameplay dan grafik yang cukup menenangkan.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, game ini menyenangkan. Tidak ada karakter yang monoton, semuanya mempunyai peran. Saya sarankan untuk mencobanya apalagi jika kamu mantan pemain Harvest Moon yang ingin bernostalgia. Oleh karena itu, kami memberi skor game Doraemon Story of Seasons ini 8.6. (sp)

Share yuk !