Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Salatiga – Game bergenre Bike Downhill memang tidak sepopuler extreme sports game lainnya. Mungkin satu-satunya game Bike Downhill yang terlintas di pikiran yaitu Downhill Domination saja.

Namun tenang, jika kamu mencari game Bike Downhill dengan grafik yang memukau dan suasana yang jauh berbeda dengan Downhill Domination, Descenders mungkin menjadi pilihan terbaik buat kamu.

Descenders merupakan game asal Belanda yang dibuat oleh studio RageSquid dan dirilis oleh No More Robots. Game ini rilis pada 7 Mei 2019 dan menuai kritik positif dari berbagai reviewer.

Pada review kali ini penulis akan mengulik bagaimana Descenders menjadi salah satu game yang wajib kalian masukkan ke dalam wishlist Steam Summer Sale nanti. Tanpa basa-basi lagi langsung saja kita simak reviewnya, enjoy.

Gameplay (9.0/10)

Kebebasan bisa dibilang menjadi senjata utama dalam Descenders. Berbeda dengan extreme sports lainnya dimana kamu bersaing untuk merebut posisi pertama dalam balapan atau time trial, Descenders lebih mengutamakan kebebasan dalam bermain, survival dan extreme freestyle pada gameplaynya.

Di dalam setiap stage Descenders tujuan kamu hanyalah mencapai finish dengan selamat. Dalam menyelesaikan setiap stage, kamu bebas memilih bagaimana menyelesaikan stage yang disediakan. Tidak ada rute linear yang mengikat di setiap stage Descenders sehingga kamu bebas mengeksplorasi map yang luas dan memukau.

Setiap stage dalam Descenders tercipta secara random, sehingga setiap kali bermain kamu tidak akan menemukan rute atau layout yang sama. Sistem random generated map ini dapat membuatmu tidak akan merasa bosan.

Setelah kalian menyelesaikan berbagai macam stage, kalian akan menemukan “Boss Jump”. Di stage ini kalian harus menyelesaikan lompatan raksasa yang ekstrim dan sangat sulit. Apabila kalian berhasil menyelesaikan “Boss Jump”, kalian akan membuka World dengan tema yang baru.

Kontrol (8.0/10)

Mudah dipelajari, namun sulit dikuasai, itulah bagaimana RageSquid sendiri mendeskripsikan kontrol Descenders. Dan pernyataan tersebut memang benar adanya.

Kontrol Descenders memang cukup simpel dan mudah dipahami sehingga kamu dapat melakukan berbagai macam aksi freestyle dengan mudah. Namun di sisi lain, sangat sulit menguasai kontrol Descenders dalam stage dengan tingkat kesulitan tinggi. Butuh kelincahan dan presisi yang baik untuk dapat menguasai kontrol Descenders secara maksimal.

Grafik (8.5/10)

Salah satu poin plus dalam Descenders adalah grafik yang menakjubkan. RageSquid berhasil menyajikan grafik dan detail yang memukau ditengah map yang sangat luas.

Kamu dapat merasakan adrenalinmu terpacu ketika melaju pada kecepatan tinggi berkat motion graphic yang realistis.

Sayangnya, ketika kalian berganti dari kamera third-person ke first person, motion graphic yang realistis dapat membuat kalian merasa mual dan pusing ketika melaju di kecepatan tinggi atau saat melakukan freestyle.

Adiktif (9.5/10)

RageSquid berhasil menciptakan dua formula yang membuat Descenders menjadi game yang adiktif. Random generated map dan Soft-EDM Soundtrack

Berkat sistem random generated map, kamu dapat mengeksplorasi berbagai macam map yang berbeda satu sama lain. Mencoba berbagai macam freestyle di map yang berbeda tentunya menimbulkan rasa adiktif.

Ketika kamu bermain Descenders, kamu juga akan disuguhkan soundtrack bergenre Soft-EDM dari Liquicity yang sangat enak dan dapat membuatmu merasa sedikit rileks di game ekstrim ini. Tak jarang beberapa pemain kembali memainkan Descenders hanya untuk mendengarkan soundtracknya berulang-ulang kali.

Kesimpulan

RageSquid menyuguhkan sensasi Bike Downhill yang fresh dan berbeda pada Descenders. Gameplay yang bebas dan menantang, sistem random generated map yang adiktif dan grafik yang memukau menjadi resep kunci kesuksesan Descenders. Atas berbagai pertimbangan dari poin-poin tersebut, penulis memberikan rating 8.7 untuk Descenders.

Apabila kamu tertarik mencoba Descenders, game ini dibanderol dengan harga Rp. 120 ribu di platform Steam.

Share yuk !