Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Tanjung Balai Karimun – Bulan Ramadhan tahun ini kalian main game aja guys? PUBG? Free Fire? Mobile Legend?. Di tahun 2021 ini rata-rata orang lebih sering bermain game online dan juga konsol ataupun PC. Pernah kangen ga sih kalian sama game offline seperti yang kita mainkan beberapa tahun lalu sebelum game online di smartphone tenar?

Pada tahun 2019 Ikan Asin Production mengembangkan game dengan genre RPG di perangkat seluler, game ini bernama Citampi Stories : RPG Offline Cinta & Kehidupan, mengusung visual pixel layaknya game-game playstation 1, game ini memberikan pengalaman bermain seperti saat kita masih sd dan sering ke warnet. Citampi Stories ini hadir untuk perangkat android dan juga ios. Yuk langsung saja cek reviewnya ya guys.

Gameplay (7.5/10)

Seperti yang sudah penulis singgung diawal bahwa, game ini mengusung tema game retro pixel seperti game mario bros, harverst moon dan game jadul lainnya. Game yang dirilis pada tahun 2018 ini berkisah tentang seorang pria yang tinggal disebuah desa dan pergi merantau ke kota karena tidak ingin dijodohkan.

Diawal game kalian akan diperintahkan untuk mengisi nama, namun digame ini kalian tidak bisa mengkustom karakter kalian, untuk grafik yang diberikan juga sama seperti game pixel lainnya, tidak ada yang istimewa dari grafik yang disajikan, objektif dari game ini adalah, pemain akan mendapatkan tugas yaitu mencari uang untuk melunasi hutang kepada jurangan desa agar tidak dijodohkan, dengan tenggang waktu sekitar 10 minggu.

Didalam game ini tersedia banyak pekerjaan yang bisa kalian pilih untuk mendapatkan uang, ada lebih dari 10 macam pekerjaan yang dapat kalian coba didalam game ini. Dan untuk bisa bekerja, kalian harus memenuhi kriteria di setiap jobdesk nya, seperti fisik yang kuat, komunikasi yang baik dan kecerdasan dan juga seragam untuk bekerja.

Sama halnya seperti didunia nyata, didalam game ini setiap pekerjaan memiliki jam buka dan tutup, dan akan memangkas stamina karakter yang kalian mainkan, dan untuk gajipun berbeda-beda tiap pekerjaannya, ambil contoh pekerjaan sebagi tukang sapu, dimana kalian akan dibayar rp.10/jam dan akan memangkas sekitar 10% stamina milik kalian.

Kontrol (8/10)

Kontrol yang dimiliki oleh game Citampi Stories ini juga terbilang cukup simple, kalian bisa menggerakan karakter hanya dengan klik pada tempat yang ingin dituju, namun kalian juga bisa menggunakan analog yang akan muncul jika kalian menggerakan jari layaknya analog di game lainnya.

Karena konsep game ini adalah game retro, tentu saja developer tidak ingin mempersulit kontrol dan ini merupakan point plus dari sebuah game, dimana konsep yang diusung benar-benar all out.

Grafik (8/10)

Karena game ini mengusung tema retro dengan visual pixels 2 dimensi, grafik yang disajikan pun tidak bisa dibilang sangat bagus, atau bahkan jelek, grafik yang diberikan bisa dibilang seperti game pixel pada umumnya. Dengan pemilihan warna yang benar-benar membuat kalian akan bernostalgia dengan game jadul pada saat kecil.

Adiktif (9/10)

Meskipun game ini tidak mempunyai grafik yang wah seperti game AAA pada zaman saat ini, namun penulis tidak bisa pungkiri game ini benar-benar bisa membuat kecanduan, mungkin hal ini juga dikarenakan faktor nostalgia yang penulis rasakan saat bermain, tapi jalan cerita dan keseruan dalam mengumpulkan uang benar-benar membuat penulis bisa berlama-lama bermain game ini.

Game ini memang tidak seperti game Pubg ataupun mobile legend, yang memberikan grafis yang oke, dan keseruan bermain bersama teman, namun game ini bisa memberikan kesan nostalgia yang cukup kental dibalut dengan konsep yang Indonesia banget.

Kesimpulan

Kalian anak perantauan? datang dari desa dan pergi ke kota untuk mengadu nasib? game ini cocok sekali untuk kalian, konsep yang diusung benar-benar relate dengan yang terjadi di masyarakat umum, dimana banyak perjodohan terjadi dan memilih untuk pergi dari kampong demi mengadu nasib.

Game ini cocok buat kalian bernostalgia dan mengisi waktu luang, apalagi saat kalian kehabisan kuota, game ini pas sekali mengisi hari kalian yang kosong karena tidak bisa online medsos. Penulis memberikan skor untuk game ini 8.1 point.

Share yuk !