Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Bandar Lampung – ExoMiner merupakan game Idle Strategy yang hadir dengan konsep ruang angkasa. Memiliki tampilan yang futuristik, menjadikan ExoMiner cukup memanjakan mata. ExoMiner dirilis pada November 2020 oleh ExoCorp. Game ini dapat dimainkan di Platform Mobile.

Baca Juga : Review Evil Nun Series, Horror Game yang Cukup Friendly

Sinopsis ExoMiner, Idle Strategy Mobile Berkonsep Futuristik

Menceritakan tentang petualangan sekelompok astronot yang menjelajahi dunia luar, dunia itu merupakan tempat yang luas dan penuh misteri. Sejumlah astronot ditugaskan untuk mencari sebuah resource tambang diluar angkasa, dan menemukan sebuah planet yang memiliki potensi tinggi sebagai pertambangan. Planet itu dikenal dengan Exo.

Gameplay (9/10)

Review ExoMiner
Gameplay – Review ExoMiner, Idle Strategy Mobile Berkonsep Futuristik

ExoMiner merupakan game Strategi santai yang dapat dimainkan di Mobile. ExoMiner sendiri merupakan game strategi dengan mekanisme dan konsep permainan yang sama dengan jenis game lainnya.

Dapat diambil contoh seperti pada game Little Big City ataupun SimCity, kurang lebih seperti itu mekanismenya. ExoMiner tetap memiliki konsep dan gaya bermain yang berbeda dari strategi sejenisnya.

ExoMiner berlatar di ruang angkasa, yang dimana diadakannya pencarian resource tambang ruang angkasa. Dalam hal ini, pemain akan berperan sebagai pemilik atau pemegang kuasa dari eksplor tambang tersebut. Pemain dapat membangun pertambangan berupa alat mesin canggih, yang dimana tiap alat memiliki statistik dan mekanisme yang berbeda untuk tiap resource-nya sendiri.

Satu hal yang menari dari ExoMiner, pemain dapat melakukan Upgrading jenis root yang disediakan. Pemain juga dapat membuat dan eksplorasi resource yang cukup menarik. ExoMiner banyak menghadirkan resource dari berbagai jenis batu tambang yang unik dengan mengambil referensi dari dunia nyata seperti, Mangan, Cobalt, dan banyak lagi.

Graphic Exominers (9/10)

Review ExoMiner
Graphic – Review ExoMiner, Idle Strategy Mobile Berkonsep Futuristik

ExoMiner sebagai game strategi memiliki visual yang menarik dan anti ngebosanin. Hadir dengan visual yang kaya akan elemen dan penuh dengan unsur futuristik didalamnya.

Disajikan dengan teksture permukaan planet yang dibuat cukup mendetail dan cukup logis sebagai permainan strategi bertema futuristik. Banyak bentuk bangunan dan medan yang menarik dan variatif, beserta kesan atmosfer samar-samar yang dapat kita lihat.

Control (9/10)

ExoMiner hadir dengan tipe kontrol yang umum, seperti halnya controling pada game sejenis. Walau begitu, Exominer tetap mengandalkan Tap and Drag untuk tipe kontrol.

Hanya hadir dengan gaya taping, mengingat bahwa ExoMiner merupakan game Mobile yang notabene mengandalkan Touch pada layar.

Addictive (8/10)

Review ExoMiner
Addictive – Review ExoMiner, Idle Strategy Mobile Berkonsep Futuristik

Hadir dengan gaya futuristik dan unik, tapi tidak menutup fakta bahwa ExoMiner merupakan game Strategi Building. Umumnya, game sejenis ini memiliki tingkat monoton yang cukup tinggi.

ExoMiner merupakan game strategi membangun yang dimana pemain dituntut untuk meningkatkan sarana yang ada pada game, guna mendukung laju permainan game sendiri.

Jadi tidak heran, jika ExoMiner akan terasa membosankan berkat grinding yang dihadirkan pada game ini.

Music (8/10)

ExoMiner merupakan game bertema ruang angkasa. Hadir dengan berbagai unsur dan aspek bertema ruang angkasa yang umum sering kita jumpai pada game maupun fil tertentu.

Walaupun begitu, ExoMiner memiliki sound effect dan latar suara yang cukup menarik. Dihadirkannya suara atmosfer dan UI yang menggambarkan kondisi terkini dari ruang angkasa.

ExoMiner tidak menghadirkan Background Music sama sekali. Game ini hanya dilengkapi dengan sound-sound yang melengkapi unsur suara untuk Exominer sendiri.

Kesimpulan

ExoMiner menjadi salah satu game strategi membangun Mobile yang cukup menarik dan mempunya konsep yang berbeda dari yang lain. Berikut kelebihan dan kekurangan ExoMiner yang dapat penulis sampaikan.

Kelebihan Exominer

Exominer sebagai game strategi isometric memiliki visual yang keren dan menarik. Tampil dengan visual yang cukup futuristik selaras dengan tema game ini.

ExoMiner juga memiliki mekanisme dan sistem Upgrading yang cukup kompleks untuk game sejenis. Menghadirkan sistem Upgrade pada semua aspek tanpa terkecuali.

Kekurangan Exominer

Mengingat bahwa ExoMiner merupakan game strategi membangun, dapat dipastikan game ini tidak lepas dari daya bosan yang diberikannya.

Secara umum, game strategi membangun memiliki mekanisme yang cukup monoton dan itu-itu saja. Dapat dipastikan bahwa game ini hanya hadir sebagai pelengkap hari.

Selain itu juga, adanya pembatasan grinding pada game ExoMiner sendiri. Pemain dibatasi untuk grinding otomatis secara offline hanya 2 jam dan tidak lebih. Setelah lewat dari 2 jam, alat untuk grinding tidak akan berkerja hingga pemain login dan menjual resource tersebut.

Untuk ExoMiner, Total Score yang dapat penulis berikan adalah 8,6.

Sekian Review ExoMiner yang dapat penulis sampaikan.

Update informasi menarik lainnya seputar review game hanya di Gamefinity. Gamefinity.id menyediakan jasa pengisian top up dan voucher game dengan cara yang mudah dan pastinya terjangkau.

Share yuk !