Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Yogyakarta – Final Fantasy Type-0 adalah game yang pertama kali rilis pada 27 Oktober 2011 di Jepang untuk PSP, disusul dengan port dan versi remastered-nya untuk PS Vita dan PS4. Di versi PSPnya sendiri, game ini sebenarnya tidak mempunyai versi bahasa inggris secara resmi. Namun, patch bahasa inggris yang dibuat oleh fans sudah tersedia dan bisa kalian cari di internet.

Jika dibandingkan dengan game PSP lainnya, Final Fantasy Type-0 adalah game dengan ukuran paling besar. Namun hal itu juga dibarengi dengan dunia, cerita, dan visual yang menakjubkan. Game ini menggunakan mekanik action-RPG yang fast phase dan perlu reflek yang cepat. Berbeda dengan game Final fantasy kebanyakan di jaman itu yang masih menggunakan mekanik semi Turn-Base dimana kita akan bertransisi dari map utama kedalam map kecil dalam battle encounter.

Final Fantasy Type-0
Final Fantasy Type-0
Genre Action-RPG
Developer Square Enix
Platform PlayStation Portable, PlayStation Vita, PlayStation 4, Xbox One, PC
Durasi Gameplay 23,5 Jam, 48 Jam untuk 100% Complete

Sinopsis Final Fantasy Type-0

Game Final Fantasy Type-0 mempunyai latar tempat di Orience, sebuah dunia dimana ada 4 fraksi yang saling berperang. Fraksi tersebut adalah Dominion of Rubrum dengan simbol Vermilion Bird, Militesi Empire dengan simbol White Tiger, Concordia dengan simbol Azure Dragon, dan Lorican dengan simbol Black Tortoise.

Cerita dimulai dengan cutscene fraksi Militesi yang mempunyai kekuatan militer yang paling kuat diantara keempat fraksi tersebut, melakukan invasi pada ketiga negara lainnya. Lorican dan Concordia berhasil ditaklukan oleh militer Militesi, dan mereka juga berusaha melakukan invasi ke fraksi terakhir, yaitu Rubrum.

Fraksi Rubrum yang mempunyai basis kekuatan magic dalam keadaan terdesak melawan Militesi lalu memanggil Class Zero. Sebuah kelas akademi yang terdiri dari para murid berbakat yang mempunyai kekuatan luar biasa. Class Zero sendiri terdiri dari 14 karakter utama yaitu Ace, Deuce, Trey, Cater, Cinque, Sice, Seven, Eight, Nine, Jack, Queen,, King, Machina, dan Rem.

Final Fantasy Type-0
Final Fantasy Type-0 character

Karakter utama dalam Final Fantasy Type-0 sendiri adalah 14 orang dari Class Zero tersebut. Sepanjang game, kita akan diberikan cerita dan flashback dari masing-masing karakter. Dalam game ini, kita akan berperan sebagai Class Zero yang berusaha merebut kembali kemerdekaan Rubrum dari tangan tentara Militesi.

Gameplay Final Fantasy Type-0 (9/10)

Final Fantasy Type-0
Final Fantasy Type-0 gameplay

Hal paling menarik dari Final Fantasy Type-0 adalah segi gameplay-nya. Genre Action-RPG yang dibawakan dalam game ini digarap dengan sangat serius. Setiap battle encouter yang kita temui memerlukan strategi dan pemilihan karakter yang tepat. Pasalnya, game ini mempunyai tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Jika kita asal menyerang tanpa berpikir panjang, karakter kita pasti sudah akan mati semua dalam awal game.

Karena game ini mempunyai 14 karakter utama yang berbeda, maka juga ada 14 gaya bertarung yang tersedia. Karakter tersebut mempunyai tipe dan pola serangan yang bervariasi mulai dari jarak dekat, jarak menengah, sampai jarak jauh. Kita perlu memanfaatkan tipe serangan tersebut pada setiap musuh dan boss yang dilawan agar bisa memenangkan game ini dengan mudah.

Meskipun ada 14 karakter, kita hanya bisa menggunakan 3 karakter dalam satu waktu. Tiga karakter ini bisa kita pakai bergantian dengan cara switch character, dan kedua karakter sisanya akan digerakkan oleh CPU. Jika salah satu dari karakter tersebut mati, kita bisa memilih salah satu dari 11 karakter sisanya dan memanggil mereka untuk bergabung ke dalam party kita, begitu seterusnya sampai karakter tersebut habis.

Tantangan terberat dari Final Fantasy Type-0 adalah cara grainding karakternya. Kita perlu menentukan dengan tepat dari awal game mana karakter yang akan kita fokuskan untuk grainding. Sebenarnya dalam game ini ada fitur training yang bisa grainding level karakter secara otomatis dengan menggunakan sleep mode PSP. Namun, hal tersebut tidak bisa dilakukan jika kalian menggunakan emulator saat memainkannya.

Visual (10/10)

Final Fantasy Type-0
Final Fantasy Type-0 visual

Jika dibandingkan dengan game PSP lainnya, Final Fantasy Type-0 bisa dibilang mempunyai visual yang paling bagus. Dunia fantasy dan militer ala Final Fantasy yang ditunjukkan dalam game ini terlihat sangat bagus dan sesuai. Desain dari karakter dalam game ini juga terlihat sangat bervariasi, setiap karakter yang kita pakai mempunyai gaya mereka masing-masing.

Efek partikel jika kita menggunakan magic juga terlihat sangat halus dalam game ini. Sejauh ini, satu-satunya game PSP yang mempunyai visual setara dengan Final Fantasy Type-0 adalah Monster Hunter 3rd Portable, itupun dengan HD Texture MOD yang diambil dari aset game versi PS3nya.

Musik (9/10)

Final Fantasy Type-0
Final Fantasy Type-0 musik

Selain visual, musik yang dihadirkan di Final Fantasy Type-0 juga sangat unggul. Musik dengan elemen fantasy dicampur dengan militer terdengar jelas di game ini. Setiap karakter yang kita pakai juga mempunyai dubbing mereka masing-masing, membuat kita lebih nyaman dalam melihat setiap cutscene-nya.

Baca Juga: Review Persona 4 Golden, Entri Terbaik Dari Seri Persona

Kontrol (8/10)

Final Fantasy Type-0
Final Fantasy Type-0 kontrol

Dikarenakan game ini mempunyai mekanik Action-RPG yang terdiri dari banyak karakter, kontrolnya pun menjadi cukup rumit. Seperti kebanyakan game lainnya, analog digunakan untuk bergerak, dan D-Pad untuk menyesuaikan angle kamera. Tombol Triangle digunakan untuk melakukan basic attack, dan Square untuk magic attack. Cross digunakan untuk menangkis serangan dan Circle untuk menggunakan ability setiap karakter. Serta Select digunakan untuk menggunakan item.

Jika kita menkombinasikan tombol Cross dengan arah analog, kita bisa melakukan evade pada serangan musuh. Untuk berganti karakter, kita bisa menekan tombol L dan arah kiri pada D-Pad. Ketika salah satu dari tiga karakter kita mati, kita bisa menekan L dan arah atas D-Pad untuk memanggil karakter baru. Selanjutnya, kita bisa menekan R dan arah D-Pad kanan atau kiri untuk memindahkan fokus lock-on pada musuh. Menekan tombol Triangle dan Circle secara bersamaan digunakan untuk memanggil makhluk summoner. Terakhir, tekan R dan Circle untuk mengambil phantoma milik musuh yang telah mati.

Addictive (9/10)

Final Fantasy Type-0
Final Fantasy Type-0 addictive

Game Final Fantasy Type-0 mempunyai gameplay, visual, dan cerita yang sangat menarik. Cerita yang disajikan cukup kompleks, membuat kita akan semakin penasaran dengan kejadian selanjutnya yang akan terjadi. Terlebih lagi good ending yang diberikan juga cukup membuat kita akan selalu mengingat game ini.

Dari segi gameplay, Final Fantasy Type-0 memberikan sesuatu yang juga lebih kompleks dan sulit untuk dikuasai. Perlu waktu untuk bisa terbiasa dengan semua mekanik dalam game ini, dan juga memerlukan strategi dan respon yang tepat dalam menghadapi setiap bossnya. Dunia dalam game ini juga cukup seru untuk dieksplorasi. Kita bisa mengeksplorasinya dengan berjalan kaki, naik pesawat, atau menunggangi chochobo yang bisa kita dapatkan lewat peternakan chochobo.

Kesimpulan Untuk Final Fantasy Type-0

Final Fantasy Type-0
Final Fantasy Type-0

Final Fantasy Type-0 adalah game yang sangat bagus dari segala aspeknya. Cerita yang kompleks dan tragis dari game ini sangat menarik untuk disimak. Gameplay dan visual yang dihadirkan juga tidak kalah bagusnya. Untuk sekelas game PSP, rasanya tidak ada yang kurang dari game ini. Semua aspek terlihat dibuat oleh Square Enix dengan sangat sempurna. Karena itulah, saya selaku reviewer untuk Final Fantasy Type-0 memberikan score akhir untuk game ini dengan 9.5.

Update informasi menarik lainnya seputar review game hanya di Gamefinity. Gamefinity.id menyediakan jasa top up dan voucher game dengan cara yang mudah dan pastinya terjangkau.

Share yuk !