Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Yogyakarta – Ikai adalah game Horror First Person besutan developer indie “Endflame”. Game ini pertama kali dirilis pada 22 September 2021 untuk PS4, PS5, Xbox One, Xbox Series X/S, Nintendo Switch, dan juga PC. Untuk versi PCnya sendiri, game ini baru rilis pada 29 Maret 2022. Ikai sendiri mengambil tema kebudayaan Jepang tentang pendeta wanita yang berusaha mengembalikan para yokai atau hantu ke alam asalnya.

Ikai
Ikai
Genre Horror, Puzzle
Developer Endflame
Platform PS4, PS5, Xbox One, Xbox Series X/S, Nintendo Switch, PC
Size 5 GB

Sinopsis Ikai

Di game Ikai, kita akan berperan sebagai seorang pendeta wanita bernama Naoko. Naoko mempunyai tugas untuk menjaga kuil karena pamannya, sang pendeta utama di kuil tersebut sedang pergi. Pamannya sendiri sedang pergi ke desa untuk memberikan perlindungan kepada desa tersebut, yang kabarnya sering diganggu oleh para yokai.

Waktu sedang bersih-bersih, Naoko teringat dengan kenangan masa kecilnya bersama saudari perempuannya, Haruka. Naoko lalu mulai menyadari bahwa ada yang mulai tidak beres di kuil tersebut. Hal tersebut diperkuat saat Naoko ingin mencuci baju di sungai, dia berakhir dengan tersesat di hutan dan pingsan setelah memegang sebuah pisau.

Ikai
ikai gameplay

Setelah kejadian itulah, petualangan Naoko untuk menyegel para yokai yang datang ke dunia manusia dimulai. Sepanjang perjalanan, kita akan mulai mengungkap misteri tentang alasan para yokai bisa datang ke dunia manusia. Serta mengetahui nasib sebenarnya dari saudari Naoko, yaitu Haruka.

Gameplay (6/10)

Ikai
Ikai gameplay

Sebagian besar gameplay dari Ikai adalah eksplorasi dan puzzle. Kita akan dituntut memecahkan puzzle dan berkeliling kuil untuk melawan para yokai. Game ini mempunyai tingkat keseraman yang luar biasa. Suasana yang dihadirkan di game ini tampak sangat mencekam dan tidak nyaman. Sejujurnya, bentuk dari para yokai di game ini tidaklah begitu seram. Namun, suasana dari game inilah yang membuat kita menjadi cukup tegang. Untungnya, game ini bisa ditamatkan dalam waktu 2-3 jam saja.

Visual dan Musik (9/10)

Game Ikai mempunyai visual yang lumayan bagus. Suasana mencekam yang dihadirkan cukup tersampaikan di game ini. Desain dari kuil tradisional Jepang yang dihadirkan dalam game ini juga cukup bagus dan mempunyai letak ruangan yang cukup mudah untuk dihafalkan.

ikai
ikai gameplay

Desain yokai yang dihadirkan juga cukup unik, walaupun desainnya tidak terlalu seram. Kita juga diberikan opsi graphic dari low, medium, high, dan ultra disetiap aspek visualnya. Membuat kita bisa dengan mudah mengatur optimisasi dari game ini.

Untuk musiknya sendiri, Ikai memberikan SFX yang cukup detail dan sangat membuat kita merasa tidak nyaman. Detail kecil seperti suara membuka pintu, membuka lemari, dll dibuat dengan cukup apik. Membuat kita cukup tegang hanya dengan mendengarkan suara pintu saja. Karakter kita juga mempunyai suara yang di dubbing dalam Bahasa Jepang.

Kontrol (8/10)

Sama seperti game horror pada umumnya, tidak ada kontrol yang rumit di game Ikai ini. Kita hanya perlu menggunakan keyboard WASD untuk bergerak dan mouse untuk berinteraksi layaknya game horror pada umumnya.

Baca Juga: Review Specimen Zero, Game Survival-Horror untuk Mobile

Addictive (7/10)

Tema dan visual dari game Ikai terbilang cukup bagus. Namun, gameplay dan cerita yang dihadirkan terlalu klise dan standar. Tidak ada elemen yang menarik dan berbeda yang membedakan game ini dengan game horror lainnya. Cerita yang dihadirkan juga cukup simple, pendek, dan klise.

Ikai
Ikai gameplay 4

Sama seperti game horror medioker lainnya, elemen jumpscare dan suara-suara aneh juga banyak ditemukan di game ini. Sejujurnya, tidak ada yang cukup menarik dari game Ikai ini. Hanya saja, dengan durasi game yang cukup pendek, tidak ada salahnya untuk kalian para pecinta game horror mencoba game yang satu ini.

Kesimpulan Untuk Game Ikai

Ikai adalah game yang mengambil tema Jepang. Mulai dari plot cerita, lingkungan, serta hantu yang dihadirkan sangat lekat dengan kebudayaan Jepang. Dari segi cerita, game ini menghadirkan cerita yang terbilang biasa saja. Tidak ada pendalaman karakter atau emosi yang diberikan dari segi ceritanya.

Untuk gameplaynya, game ini juga tidak memberikan hal yang cukup menarik. Gameplay puzzle dan elemen horror yang dihadirkan juga sangat medioker. Karena beberapa alasan itulah, saya selaku reviewer dari game ini memberikan score akhir untuk Ikai di 7.0 . Jika kalian adalah pecinta game horror dan ingin memainkan game horror baru, mungkin game ini bisa menjadi opsi.

Update informasi menarik lainnya seputar review game hanya di Gamefinity. Gamefinity.id menyediakan jasa top up dan voucher game dengan cara yang mudah dan pastinya terjangkau.

Share yuk !