Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Bandar Lampung – Medieval Merge menjadi salah satu Adventure Puzzle RPG yang hadir dengan mekanisme cukup menarik. Game yang menuntut kita untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dengan menciptakan sebuah item, dan item yang didapatkan dari menggabungkan item lainnya.

Game ini dirilis pada Maret 2022 oleh studio Pixodust Games. Medieval Merge hadir di platform Android dan IOS.

Baca Juga : Review Bad Piggies, Bantu Si Piggies Merancang Kendaraan

Sinopsis Medieval Merge, Puzzle RPG dengan Pembawaan Ramah

Mengisahkan tentang seorang mantan petualang yang kini beralih profesi menjadi pandai besi, sebut saja dirinya Blacksmith.

Blacksmith yang diperintahkan untuk pergi kesebuah daerah terpencil guna membangun desa itu kembali. Sebuah desa yang dikabarkan mengalami penyerangan atau terkena efek kekuatan dari raja monster disana. Kekuatan yang menghancurkan segala yang dilewati oleh kekuatan itu.

Blacksmith pergi ditemani dengan seorang peri yang berbentuk orb. Pergi mengembara dan menyelamatkan desa-desa dengan tujuan utama untuk menyelamatkan desa atas perintah sang raja.

Gameplay (8/10)

Review Medieval Merge
Gamplay – Review Medieval Merge, Puzzle RPG dengan Pembawaan Ramah

Medieval Merge merupakan salah satu RPG yang memiliki mekanisme cukup menarik. Tidak seperti RPG pada umumnya, Medieval Merge menyajikan gaya arcade dan adventure didalamnya, yang hadir sebagai gameplay utama dari game ini.

Medieval Merge menjadi RPG dengan pembawaan latar dan nuansa yang sesuai dengan judulnya. Pemain akan dibawa kedalam latar bertema Medieval abad pertengahan. Pemain akan memerankan seorang pandai besi, sebut saja Blacksmith yang ditemani oleh seorang peri dengan perwujudan yang bukan peri, melainkan Orb.

Pemain dipaksa untuk memainkan si karakter yang dimana, sang karakter diharuskan pergi kesebuah desa dan membangun desa itu kembali. Dalam game ini, pemain akan mulai dengan sebuah perbincangan singkat yang menuntut si Blacksmith untuk menyelesaikan masalah yang ada dengan kemampuannya.

Menggunakan metode permainan arcade berupa Pattern. Metode dari gameplay yang dimana pemain diharuskan untuk mencocokkan objek untuk membuat objek baru. Hal ini bertujuan untuk menyelesaikan masalah, baik untuk membangun kembali desa ataupun melawan pasukan monster.

Graphic (9/10)

Review Medieval Merge
Graphic – Review Medieval Merge, Puzzle RPG dengan Pembawaan Ramah

Hadir dengan visual yang cukup menarik. Walaupun bertema RPG, objek, NPC, maupun monster di Medieval Merge dibuat seramah mungkin. Itulah sebabnya mengapa Medieval Merge menjadi salah satu RPG yang Family Friendly.

Medieval Merge dibawakan dengan menggunakan sudut pandang isometric yang memiliki fitur zoom in maupun zoom out yang tidak seberapa. Lainnya lagi, Medieval Merge memadukan seni pixel untuk objek yang terbilang cukup kecil dan penggambaran objek maupun karakter yang umumnya ada pada game Sandbox.

Control (8/10)

Tidak ada yang lebih dari apa yang di bahas untuk urusan kontrol. Medieval Merge merupakan game Mobile yang tidak terlalu memberikan kesan menonjol dibagian kontrol.

Dalam mekanismenya, Medieval Merge dibawakan dengan gaya kontrol bermain Drag and Drop. Drag and Drop sendiri dapat diihat ketika pemain membuat sebuah item, yang dimana item ini dibuat dengan cara Puzzle Pattern. Cara yang dimana memadukan 2 buah item untuk membuat item baru.

Addictive (6/10)

Review Medieval Merge
Addictive – Review Medieval Merge, Puzzle RPG dengan Pembawaan Ramah

Untuk urusan adiktif maupun tingkatannya, medieval Merge merupakan salah satu Puzzle RPG yang diusung dengan sangat buruk berdasarkan tingkat keadiktifannya. Setelah melihat ulasan adiktif pada paragraf pertama ini, pembaca akan merasa cukup heran. Heran mengapa Medieval Merge dirasakan cukup buruk pada aspek ini.

Untuk jenis game Puzzle RPG yang membawakan konsep World Building, dapat dipastikan bahwa game ini hadir sembari mengusung konsep penggunaan waktu untuk game-nya. Hal wajar apabila game serupa menggunakan metode ini, tetapi ada satu hal bermasalah di Medieval Merge.

Kebanyakan game RPG yang menggunakan energi untuk membangun atau menciptakan sesuatu, itu adalah hal umum. Beberapa RPG Building juga memberikan hal serupa dengan keringanan untuk reward kenaikan level berupa, Charge Full Energi.

Sayangnya, Medieval Merge tidak mengusung metode keren satu ini. Ketika pemain naik level, maka energi tidak akan terisi, dan pemain diharuskan menunggu ataupun membeli dan menonton iklan. Hal ini juga berlaku untuk semua hal yang bersangkutan di game ini.

Lain dari hal diatas, Medieval Merge cukup worth untuk dimainkan guna mengisi waktu luang. Urusan visual, konsep, maupun gameplay, Medieval Merge menjadi salah satu arcade yang menarik di coba.

Music (8/10)

Medieval Merge hadir dengan sound sesuai dengan tema maupun judulnya. Sound berupa Background Music yang hadir dengan tema berlatar pada era Medieval ataupun Eropa lama. Background Music yang hadir dengan lantunan alat musik petik. Menurut penulis, Background Music yang hadir terdengar maupun terasa seperti musik latar pada anime isekai ataupun bertema Medieval lainnya.

Untuk Sound Effect, kebnayakan dihasilkan oleh deru angin, kicauan burung, derat kayu, hingga alunan deru gelombang laut maupun kincir air, sisanya berisi suara-suara alat kerja dari penduduk ataupun pemain.

Kesimpulan

Medieval Merge menjadi salah satu Puzzle RPG berkonsep World Buiding yang cukup menarik untuk menemani waktu luang pemain. Berikut kelebihan dan kekurangan Medieval Merge yang dapat penulis sampaikan.

Kelebihan

Medieval Merge merupakan Puzzle RPG berkonsep World Building yang worth dimainkan. Game ini mengusung beberapa unsur berbeda dalam satu genre. Hal yang cukup menarik adalah metode Puzzle berupa Pattern didalamnya, berguna untuk menciptakan sebuah item yang akan digunakan untuk membangun kembali desa dan menuntaskan isi cerita yang disampaikan di awal.

Game ini cukup worth dimainkan. Hadir dengan gaya portrait, membuat pemain tidak perlu susah untuk memiringkan layar, dan dirasa sudah sebagusnya seperti itu.

Kekurangan

Dibalik kelebihannya, Medieval Merge memiliki beberapa kekurangan yang cukup fatal. Kekurangan yang sering hadir di game RPG Puzzle seperti ini.

Medieval Merge memerlukan koneksi internet untuk memainkannya, dan beberapa fitur cheating yang cukup menyulitkan pemain. Untuk sekelas RPG seperti ini, Medieval Merge cukup menyulitkan untuk menghidupkan koneksi data yang seharusnya tidak perlu sama sekali.

Hadir dengan mekanisme waktu yang cukup merugikan player. Player dipaksa menunggu dan tidak mendapatkan reward berupa full charge energi saat naik level. Cukup fatal, berharap dapat diperbaiki kedepannya.

Untuk Medieval Merge, Total Score yang dapat penulis berikan adalah 7,8.

Sekian Review Medieval Merge yang dapat penulis sampaikan.

Update informasi menarik lainnya seputar review game hanya di Gamefinity. Gamefinity.id menyediakan jasa pengisian top up dan voucher game dengan cara yang mudah dan pastinya terjangkau.

Share yuk !