Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Kota Batu – Motorsport Manager Mobile 3 atau biasa disebut sebagai MM Mobile 3 merupakan sebuah game besutan Playsport Game yang dirilis pada tahun 2018. Meskipun game ini merupakan game yang dapat dibilang “lawas”, game ini masih dapat dijadikan pertimbangan bila kalian ingin bermain game bertema management dan olahraga. Kalian dapat memainkan game ini secara offline dan tanpa perlu menggunakan smartphone dengan spesifikasi yang tinggi.

Overview

Game ini mengusung tema motorsport atau balap mobil dengan pemain berada di posisi sebagai manajer dari tim yang berlomba. Seperti game management lainnya, kalian dituntut untuk dapat mengatur tim yang kalian pimpin di luar maupun di dalam sirkuit. Kalian dapat mengatur segala hal di tim kalian seperti keuangan, warna dan nama tim, serta driver dan staf yang akan kalian andalkan di dalam game.

Grafis (7/10)

Grafis di dalam game ini terbilang cukup sederhana. Saat berada di dalam balapan, kalian tidak akan menemukan mobil yang memutari sirkuit, melainkan sekumpulan lingkaran sedang melaju dari start hingga ke finish. Kondisi lingkungan di sekitar sirkuit juga sangatlah sederhana. Namun, kondisi tersebut masih masuk akal, mengingat kecilnya ukuran game ini. Hal ini juga bertujuan untuk optimalisasi agar dapat berjalan pada device dengan spesifikasi yang rendah.

Gameplay (9/10)


Game ini memiliki gameplay yang cukup kompleks untuk sebuah game mobile. Game ini menuntut kalian untuk dapat bersaing di tingkat teratas dengan dana yang terbatas sehingga kalian harus memutar otak untuk mendapatkan gelar juara dan menaiki tangga promosi. Kalian harus membagi uang kalian untuk mengontrak driver dan staf, serta meningkatkan performa mobil dengan membeli atau membuat part untuk mobil kalian. Kalian juga dapat menginvestasikan uang kalian dalam “youth driver program” dan dengan meningkatkan fasilitas yang ada di headquarters kalian.

Dalam balapan kalian dituntut untuk dapat menyiapkan strategi yang sesuai dengan keadaan di sirkuit. Kalian dapat menentukan jenis ban yang akan dipakai dengan berbagai varian serta membimbing para driver untuk melakukan beberapa strategi khusus. Hal ini akan menjadi lebih kompleks saat ada perubahan cuaca. Untuk kalian yang sedang terburu-buru, game ini menyediakan percepatan 2 hingga 3 kali dari kecepatan game biasa untuk mempercepat balapan.

Optimalisasi (9/10)


Game ini merupakan game yang cocok untuk kalian yang mempunyai smartphone dengan spesifikasi yang rendah. Meskipun game ini menyediakan beberapa pilihan grafis, game ini dapat berjalan dengan lancar pada smartphone low end dengan grafis yang disetel ke high. Para pemain juga dapat mengatur tingkat kesulitan dalam game ini dengan mengatur Race Difficulty dan Hard Mode pada menu preferences.

Kustomisasi (7/10)


Di dalam game ini kalian dapat mengubah beberapa hal seperti nama tim, warna tim, dan profil kalian. Sayangnya, kalian tidak dapat mengubah logo tim serta nama driver dan staf yang digunakan. Kalian juga dapat memilih sponsor yang akan tampil di mobil kalian. Namun, hal ini dapat mempengaruhi penghasilan tim mengingat sponsor juga merupakan salah satu sumber dana yang ada di game ini.

Worthiness (8/10)

Karena game ini merupakan game berbayar dengan harga Rp. 109.000,- di Play Store maka saya menambahkan bagian worthiness ini. Dengan berbagai fasilitas di atas, game ini merupakan salah satu yang layak untuk dibeli saat kalian membutuhkan sebuah game untuk mengisi waktu luang kalian yang sedikit.

Kesimpulan

Dari berbagai pertimbangan di atas, nilai akhir yang dimiliki game ini adalah 8 dari maksimal nilai 10. Grafis yang sederhana tidak membuat sebuah masalah saat dipadukan dengan gameplay yang kompleks serta performa game yang dapat berjalan pada smartphone dengan spesifikasi rendah.

Share yuk !