Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Kota Bandung — Tahun 2021 merupakan tahun yang istimewa bagi pasar mobile. Bagaimana tidak, pasar mobile kini didatangi oleh banyak judul video games baru yang menarik, salah satunya adalah Ni No Kuni: Cross Worlds.

Ni No Kuni merupakan serial video games bergenre RPG terkenal yang dikeluarkan oleh Bandai Namco Entertainment dan dikembangkan oleh studio bernama Level-5 di Jepang. Game pertama mereka dirilis pada platform Nintendo DS pada tahun 2010 dengan judul Ni No Kuni: Dominion of The Dark Djinn.

Hal yang membuat Ni No Kuni menarik adalah artstylenya yang melekat dan unik, terutama bagi kamu yang senang dengan Studio Ghibli. Tak hanya artstylenya yang menjadi perhatian utama, musik Ni No Kuni pun disusun oleh composer ternama yang hebat, yakni Joe Hisaishi. Dengan adanya antusiasme para gamer dengan franchise ini, maka Level-5 pun ikut melebarkan sayapnya di pasar mobile dengan merilis sebuah game baru berjudul Ni No Kuni: Cross Worlds. Penasaran dengan game ini? Mari simak ulasan berikut lebih lanjut.

Warning : Game ini belum dirilis secara global, sehingga UI masih sulit untuk dipahami yang membuat pengalaman bermain berbeda dari potensi seharusnya.

Overview

Ni No Kuni: Cross Worlds merupakan video game bergenre Role-playing Games yang dikembangkan oleh Level-5 dan dipublikasikan oleh publisher Netmarble. Game ini pertama kali diumumkan dalam acara G-Star yang diadakan pada bulan November 2019 lalu dan kemudian dirilis di Taiwan pada tanggal 8 Juni 2021, disusul versi Jepang dan Korea pada 10 Juni 2021.

Game ini berceritakan tentang seorang beta tester sebuah VR Game yang disebut sebagai Soul Diver. Permainan Soul Diver akan memindahkan mereka ke alam lain yang bernama Ni No Kuni. Sebelum Soul Diver mengalami crash, mereka bertemu seorang karakter AI bernama Rania. Pemain game tersebut terbangun dalam sebuah kota terbakar dimana mereka menyelamatkan ratu yang dipercayai sebagai versi paralel dari Rania. Dunia dalam Ni No Kuni: Cross Worlds diambil berdasarkan dari dunia Dominion of The Dark Djinn dan Wrath of The White Witch.

Setelah mengetahui sedikit tentang Ni No Kuni: Cross Worlds, mari kita lanjut ke segmen penilaian game ini sebagai berikut.

Visualisasi (9/10)

Ni No Kuni: Cross Worlds merupakan salah satu MMORPG Mobile dengan dukungan grafis terbaik. Alasannya, Level-5 bekerja sama dengan Studio Ghibli untuk memproduksi Ni No Kuni dengan ciri khas grafis dan desain Ghibli-ish yang fantastis.

Selama kamu bermain, kamu akan dimanjakan oleh pemandangan dan visualisasi yang menawan. Apalagi bagi kamu yang senang dengan animasi dari Ghibli Studio, kamu akan senang bernostalgia dan menikmati pengalamanmu berkeliling di dunia Ni No Kuni. Hal ini tentu menjadi nilai positif dan kelebihan utama dari game ini.

Gameplay (8/10)

Sama dengan MMORPG pada umumnya, game ini mengusung sistem pertempuran hack and slash yang dipenuhi dengan aksi dan efek yang ramai. Dalam Ni No Kuni: Cross Worlds, kamu bisa memilih salah satu diantara 5 class, yaitu Wizard, Technician, Warrior, Swordsman, dan Rogue. Setiap kelas memiliki keuntungan dan kekurangannya masing-masing, jadi pastikan kamu memilih class yang sesuai dengan gaya permainanmu ya.

Selain dari aspek sistem pertarungan gamenya, Ni No Kuni: Cross Worlds pun menyuguhkan beragam mode permainan yang seru dan layak dicoba. Sebut saja dari PvE hingga PvP dengan beragam mode permainan yang meliputi Special Dungeons, Warrior Battleground, tugas Tsubakuro Company, dan beragam mode permainan seru lainnya yang bisa kamu coba. Kamu dijamin tidak akan bosan bermain game satu ini.

Kontrol (8/10)

Seperti mobile games lainnya, Ni No Kuni : Cross Worlds menggunakan kontroler virtual yang meliputi basic attack, skill sets, dan weapon switcher untuk menyesuaikan weaknesses dari musuh. Selain itu, kamu bisa juga memberikan perintah skill kepada monster yang kamu miliki untuk menyerang musuh. Jika kamu tipe pemain yang sibuk dan tidak ingin berlama-lama menyentuh layar, game ini pun menyediakan fitur auto-combat untuk memudahkan pekerjaanmu.

Kamu juga bisa mengatur camera angle sesukamu. Game ini menyediakan 3 tipe camera angle, yaitu auto camera, free camera, dan juga fixed camera angle. Kamu pun bisa mengatur jarak penglihatan kamera, baik jauh maupun dekat. Jadi kamu bisa menyesuaikan camera angle sesuai dengan yang menurutmu nyaman.

Optimalisasi (9/10)

Mengingat game ini merupakan keluaran baru, nampaknya game ini seperti memerlukan spesifikasi smartphone yang berat. Namun tenang saja, karena nyatanya game ini memiliki optimalisasi yang cukup baik diiringi dengan pengaturan grafis yang bervariasi.

Game ini memiliki beragam pengaturan seperti :

  • Detail Quality
  • Post Processing FX
  • Shadow
  • Visible Distance
  • Anti-aliasing
  • Resolution Scale
  • dan beberapa pengaturan lainnya.

Namun ada satu hal yang disayangkan, game ini mengunci frame-rate hingga 50 FPS saja. Terkesan tanggung, namun seharusnya bukan masalah yang terlalu mengganggu.

Adiktif (7/10)

Game ini bisa menjadi salah satu game MMORPG yang membuatmu ketagihan dengan beragam mode permainan yang ditawarkan. Tidak hanya itu, kamu pun akan dibuat betah dengan visualisasi yang memanjakan mata dibaluti musikalisasi ala Joe Hisaishi yang melodis.

Hanya saja ada satu hal yang membatasi kesenangan pengalaman bermainmu, yakni bahasa interaksi game ini yang asing untuk dipahami. Kamu tidak akan sepenuhnya memahami alur cerita game ini. Padahal seharusnya cerita merupakan hal paling krusial dalam game Ni No Kuni yang harus kamu nikmati. Selain itu, mungkin kamu juga akan memerlukan banyak waktu untuk memahami fitur dalam game ini.

Walaupun kurang begitu adiktif, tentu saja setiap orang memiliki cara yang berbeda dalam menikmati video game. Jika kamu tipikal pemain yang senang bereksplorasi dan mencoba hal baru tanpa perlu menghiraukan tentang plotnya, maka game ini layak untuk kamu coba.

Photo Mode (7/10)

Mengingat Ni No Kuni: Cross Worlds merupakan game MMORPG dengan visualisasi yang indah, rasanya kurang lengkap apabila tidak membahas fitur mode photo mode pada game ini.

Meskipun game ini terkesan photo mode-able, sayangnya fitur pengambilan foto terasa kurang memuaskan. Kamu hanya bisa mengatur gesture dan efek visual standar. Kamu pun bisa menambahkan bingkai dan sticker untuk menambahkan variasi screenshotsmu. Tidak terlalu spesial dan biasa saja untuk kelengkapan dari fitur photo modenya. Jadi kamu sebaiknya tidak perlu berekspektasi lebih untuk mendapatkan hasil foto yang memuaskan.

Kelebihan VS Kekurangan

Untuk mengulas hal yang telah dipaparkan dalam tulisan sebelumnya, mari kita benah kelebihan dan kekurangan dari Ni No Kuni: Cross Worlds.

Kelebihan :

  • Visualisasi ala Ghibli Studio yang memanjakan mata
  • Optimalisasi yang baik
  • Desain karakter yang menarik
  • Musikalisasi yang baik
  • Mode permainan yang beragam

Kekurangan :

  • Bahasa yang sulit untuk dipahami
  • FPS Cap yang terasa tanggung
  • Photo mode bisa lebih baik lagi

Kesimpulan

Ni No Kuni: Cross Worlds merupakan salah satu game MMORPG dengan visualisasi dan musikalisasi terbaik yang pernah ada di platform mobile. Game ini wajib ditunggu versi global mendatang agar kamu bisa merasakan potensi game ini secara lebih mendalam lagi. Sebagai penutup, saya beri score sebesar 8.2/10.

Share yuk !