Share yuk !

Baru-baru ini, realme berkolaborasi dengan game mobile battle royale yang dikembangkan oleh 111 Dots, Free Fire. Game battle royale yang sangat populer dan perkembangannya terus melesat sejak tahun 2017. Pada tahun 2019, Free Fire menjadi game yang paling banyak di unduh. Dengan jumlah penggemar dan komunitas yang besar, realme melakukan kolaborasi yang mengeluarkan produk terbarunya, yakni smartphone realme 9 Pro+ Free Fire Limited Edition

Kali ini tim Gamefinity mendapatkan kesempatan untuk mengulas secara dalam realme 9 Pro+ Free Fire Special Edition mulai dari desain, spesifikasi, performa, dan masih banyak lagi. Penasaran dengan produk yang satu ini? Yuk, simak ulasan kita mengenai produk ini

Unboxing Experience yang berbeda dari realme 9 Pro+ Free Fire Special Edition

Realme 9 pro+ Free Fire merupakan hasil dari kolaborasi dari realme dan Fire Fire. Dapat dilihat pada bagian box kotak yang didominasi warna kuning, dan Terdapat gambar dari karakter Free Fire yaitu “Kelly”.

Dibagian dalam kotak, terdapat item eksklusif yang, seperti stiker ekslusif Free Fire, Coupon In-Game, SIM ejector yang berbentuk pisau khas Free Fire, dan Map Free Fire. Lalu Adapun item yang sama dengan produk standar-nya, yaitu 1 unit smartphone, 60W SuperDart Charge, Soft Case, buku panduan dan garansi serta kabel Type-C.

Spesifikasi Lengkap realme 9 Pro+ Free Fire Special Edition

Ketika membeli smartphone, tentunya kita sebagai pembeli akan melihat spesfikasi terlebih dahulu, karena spesifikasi akan menentukan performa smartphone yang akan dibeli. Sebelum mengulas lebih lanjut, ada baiknya kalian melihat spesifikasi realme 9 Pro+ Free Fire Limited Edition yang bisa kalian jadikan acuan sebelum membeli smartphone yang satu ini.

Rilis Februari 2022
Network GSM / CDMA / HSPA / EVDO / LTE / 5G
Layar Super AMOLED 6,4 inci, Full HD+, 90Hz, Gorilla Glass 5, In-Display fingerprint scanner with heart rate detection
OS Android 12, realme UI 3.0
Chipset MediaTek Dimensity 920 5G
GPU ARM Mali-G68 MC4
RAM 8 GB
Memori 128 GB, 256 GB
Dimensi 160.2 x 73.3 x 7.99m, 182 gram
Kamera Utama 50 MP Sony IMX 766 + OIS, 8 MP (ultrawide), dan 2 MP (macro)
Kamera Depan 16 MP
Baterai 4.500 mAh, Fast Charging 60W
Konektivitas Wi-Fi 6, Bluetooth 5.1, NFC
Harga Rp 4,9 jutaan

Desain Menarik Cocok Untuk Gamers FPS

Selanjutnya beralih ke bagian desain, tentunya kolaborasi realme x Free Fire tidak hanya berupa item pada kemasan, melainkan juga pada desain produk realme 9 Pro+. Kalian akan mendapati desain yang berbeda di bagian belakang dibandingkan dengan realme 9 Pro+ versi standar. realme 9 Pro+ memiliki satu varian warna, yaitu warna biru gelap yang glossy. Lalu, terdapat aksen garis yang menyerupai pisau khas free Fire yang dapat merefleksikan warna pelangi pada bagian belakang.

Tulisan “Booyah!” terdapat pada sisi kiri kamera, “Booyah” merupakan ungkapan dimana player berhasil memenangkan pertandingan dalam Free Fire. Lalu tulisan “realme” yang berada di bagian tengah, biasanya tulisan realme berada pada bagian samping dari smartphone-nya. Dan ada logo Free Fire dibagian bawah.

Di bagian depan dapat dilihat bahwa realme 9 Pro+ tidak menggunakan alis atau notch pada bagian atasnya, karena kamera depan dari smartphone ini terletak di dekat sudut layar. Dibagian belakang, terdapat ruang persegi yang menampung 3 kamera dan 1 flash.

Lalu pada bagian kanan, terdapat tombol power. Dibagian atas terdapat microphone dan speaker. Volume up, volume down serta slot SIM card terdapat dibagian kirinya, dibagian bawahnya terdapat port audio 3.5 mm, USB-type C dan microphone serta speaker.

Kemampuan Kamera realme 9 Pro+ Free Fire Special Edition

Berikutnya, ke bagian kamera. realme 9 Pro+ dikonfigurasikan memiliki 3 kamera belakang, yang terdiri dari kamera utama 50 MP, kamera wide 8MP dan Kamera Makro 2MP serta kamera depan 16 MP Selain itu, realme juga menggunanakan sensor Sony IMX766, sensor yang biasanya digunakan oleh ponsel-ponsel flagship.

 

Dengan sensor ini, memungkinkan kalian, para pengguna untuk menangkap foto malam yang lebih baik. Lalu ditambah dengan fitur IOS, fitur ini dapat mengurangin hasil foto yang blur ketika pengguna sedang bergerak. Hadirnya kualitas kamera serta fitur tersebut, realme 9 Pro+ sudah sangat memumpuni untuk penggunaan sehari-hari atau-pun professional.

Performa Gaming dan Benchmark realme 9 Pro+ Free Fire Limited Edition

realme 9 Pro+ sudah dibekali dengan chipset Mediatek Dimensity 920G, dengan RAM 8 GB dan ROM 128 GB, Adapun fitur virtual RAM sampai dengan 5 GB.  hal ini membuat realme 9 Pro+ dapat memainkan game-game yang sedang popular saat ini. Penulis melakukan pengujian dengan test benchmark dan beberapa game, seperti, Mobile Legends, Genshin Impact dan tentunya Free Fire.

Berikut hasil benchmark pada Screenshot di bawah ini:

 

Pada pengujian dengan game Free Fire, penulis mendapatkan kualitas grafis “Ultra”, tanpa terjadinya lag dan frame drop. Sehingga permainan dapat dimainkan dengan sangat nyaman dan halus, apalagi, realme 9 Pro+ telah mendukung layar dengan 90 Hz refresh rate. Untuk Mobile Legends penulis mendapatkan setting-an rata kanan, alias kualitas grafis “High” dan Refresh Rate “High” tanpa terjadi lag pada saat battle atau war.

Dengan settingan kualitas grafik “High”, realme 9 pro+ bisa menjalankan game Genshin Impact di kisaran 30 fps. Tetapi, jika kalian ingin merasakan sensasi gameplay yang lebih smooth dan tanpa terjadinya frame drop, kalian dapat menurunkan kualitas grafik menjadi “Low”, sehingga Genshin Impact dapat berjalan di kisaran 60 fps.

Harga dan Kesimpulan Review realme 9 pro+ Free Fire Edition

realme 9 Pro+ Free Fire Limited Edition dibanderol dengan harga 4.999.000 IDR, tetapi jika kalian menyukai game Free Fire maka harga tersebut sangatlah sebanding dengan apa yang akan kalian dapatkan. Mulai dari stiker hingga skin gratis yang masuk ke dalam bundling realme 9 pro+ Free Fire Edition yang satu ini.

Untuk harga 4 jutaan, tim Gamefinity sangat merekomendasikan kalian smartphone ini, karena dengan harga 4 jutaan kalian dapat mendapatkan smartphone sekelas smartphone flagship. Tak hanya itu, smartphone ini juga telah dilengkapi sidik jari yang berada di layar, serta memiliki system pendinginan Vapor Chamber Cooling System, Speaker Stereo, hingga fitur Game Space.

Share yuk !