Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Yogyakarta – Untuk kita para penggemar JRPG, pasti sudah sangat familiar dengan seri Shin Megami Tensei. Shin Megami Tensei sendiri adalah seri utama dari franchise Megami Tensei/ Megaten, yang saat ini sudah mempunyai 5 entri di seriesnya. Untuk yang belum familiar dengan franchise Megaten, Megaten adalah game Turn-Base JRPG yang pertama kali rilis oleh Atlus untuk NES/ Famicom 1987 dengan judul Digital Devil Story: Megami Tensei.

Shin Megami Tensei
Megami Tensei Franchise

Saat ini, franchise ini sudah mempunyai banyak sekali seri spin-off, contohnya saja seperti Majin Tensei, Devil Survivor, Last Bible, dan spin-off Megaten paling populer yaitu Persona. Keunikan dari franchise Megaten adalah ceritanya yang selalu mengarah pada konflik akhir dunia/ kiamat yang disebabkan oleh perseteruan antara Iblis dan Malaikat, serta tingkat kesulitan dari gamenya yang mengharuskan kita mempunyai tim yang tepat dalam melawan setiap bosnya.

Kali ini, saya akan mengulas tentang entri pertama dari seri Shin Megami Tensei, yang diliris untuk SNES/ Super Famicom pada 30 Oktober 1992. Game ini juga rilis untuk GBA, PS, Android, dan IOS.

Sinopsis dari Shin Megami Tensei

Game Shin Megami Tensei bercerita tentang seorang protagonis yang bernama Kazuya, seorang remaja yang tinggal di Tokyo yang mendapatkan kekuatan untuk mengendalikan Demon bernama “Devil Summoning Program” yang didapat dari seorang ilmuwan bernama Steven. Kazuya lalu terlempar ke 30 tahun di masa depan dimana dunia sudah hancur karena invasi demon.

Dalam dunia baru ini, Kazuya akan berpetualang Bersama 3 karakter lainnya, yang disebut Law Hero, Chaos Hero, dan Heroine. Konflik utama dari game ini adalah perseteruaan antara dua kultus bernama “Order of Messiah” dan “Ring of Gaia”. Player nantinya akan mempunyai pilihan untuk menjadi bagian dari kedua kultus tersebut, atau memilih untuk berada ditengah-tengah sesuai dengan tindakan yang kita lakukan disepanjang game. Pilihan ini juga akan mempunyai pengaruh pada jalannya cerita dan ending yang akan kita dapatkan.

Gameplay (9/10)

Seri Shin Megami Tensei mempunyai mekanisme yang menjadi ciri khasnya, yaitu talk, jadi selain bertarung dengan demon, kita juga bisa berbicara dengan mereka. Keputusan yang kita ambil saat berbicara dengan mereka akan mempengaruhi mood dari demon tersebut. Misalnya, jika kita memilih keputusan yang tepat saat berbicara dengan demon tertentu, dia bisa bergabung dengan kita untuk ikut menjadi bagian dari tim. Sebaliknya, jika kita salah memilih keputusan, demon ini bisa menjadi marah dan mempunyai advantage untuk menyerang kita terlebih dahulu.

Shin Megami Tensei
Shin Megami Tensei Gameplay

Selain mekanisme talk pada demon, ada mekanisme unik lainnya yang bernama alignment, sebuah sifat yang dipengaruhi dari tindakan kita disepanjang game. Jika tindakan kita lebih prefer kearah “Order of Messiah”, maka alignment dari karakter kita akan kearah Law, “Ring of Gaia” yang mereprentasikan Chaos Alignment, dan Neutral Alignment jika kita memilih untuk berada ditengah-tengah.

Alignment yang kita bangun disepanjang game, akan mempengaruhi ending yang kita dapatkan dan boss yang akan kita lawan. Misalnya, jika kita mengambil Law Alignment, maka kita akan melawan boss yang bersifat Chaos. Mekanisme ini sangat unik karena ending yang kita dapatkan bukan dipengaruhi oleh satu atau dua keputusan tertentu saja, melainkan keputusan kita disepanjang game.

Alignment ini selain mempengaruhi ending, juga akan mempengaruhi demon yang bisa kita rekrut menjadi bagian dari tim kita. Misalnya saja jika kita memilih untuk mengarah ke Law Alignment, maka kita akan dapat merekrut demon yang bersifat law seperti Angel, Vishnu, Baal, Thor, dll. Sebaliknya, demon yang beratribut Chaos akan menolak jika kita rekrut, dan akan cenderung lebih agresif saat kita ajak untuk berbicara.

Kontrol dan Menu(7/10)

Game Shin Megami Tensei mempunyai control yang kurang lebih sama dengan game Dungeon Crawler RPG lainnya. D-pad atas untuk maju, bawah untuk berputar 180 derajat, dan D-pad kiri kanan untuk berputar 90 derajat. Tombol A (O untuk playstation) untuk membuka menu, dan B (X) untuk keluar dari menu.

Shin Megami Tensei
Shin Megami Tensei Gameplay

Dalam menu, kita bisa menganalis demon yang sudah pernah kita lawan untuk melihat kekuatan dan kelemahan mereka, ini sangat penting untuk memaksimal penggunaan mana kita disepanjang game. Lalu ada Change Formation yang berguna untuk mengatur formasi tim kita yang terdiri dari 5 orang/ demon. Karakter yang kita pasang didepan akan lebih sering terkena serangan musuh daripada yang dibelakang.

Saat encounter battle, kita akan diberikan pilihan untuk Fight, Escape, Talk, dan Auto. Masing-masing dari pilihan ini bisa kita pilih dengan menekan tombol B.

Visual (8/10)

Shin Megami Tensei mungkin kurang mempunyai visual yang menawan jika dibandingkan dengan game-game lainnya di tahun ini. Tapi tema post-apocalyptic dan suasana horror yang disajikan cukup membuat kita untuk merinding membayangkannya. Game ini mengedepankan visual yang gelap dan mencekam, yang dapat menggambarkan bagaimana ngerinya suasana dari Tokyo saat invasi demon ini terjadi. Penggarap Visual dari game Shin Megami Tensei ini adalah “Kazuma Kaneko”.

Shin Megami Tensei
Shin Megami Tensei Gameplay

Selain menangani visual, Kaneko juga yang mendesain karakter dan demon untuk game ini. Desain dari protagonis kita dirancang dengan tema futuristik. Chaos Hero dirancang agar terlihat jadul, dengan postur tubuh yang buruk dan pakaian militer. Pakaian dan gaya rambut dari Chaos Hero ini juga dirancang agar mirip dengan karakter Piccolo dari serial manga Dragon Ball.

Selama proses pembuatan, semua karakter yang dibuat Kazuma Kaneko memiliki nama yang dilampirkan untuk membantu dalam identifikasinya. Karakter Louis Cyphre terinspirasi oleh karakter dengan nama yang sama dari film Angel Heart tahun 1987. Beberapa karakter seperti Stephen (Stephen Hawking) dan Jenderal Gotou, didasarkan pada orang-orang di kehidupan nyata. Karakter Persiden Thorman di game ini juga dibuat sangat mirip dengan Harry S. Truman, presiden Amerika yang menyetujui serangan atom terhadap Jepang.

Baca Juga: Review Steins;Gate, Game Visual Novel Adaptasi Untuk Mobile dan PSP

Musik (9/10)

Komposer dari game Shin Megami Tensei adalah “Tsukasa Masuko”, yang nantinya juga akan menggarap musik dari beberapa game SMT lainnya. Meskipun dengan keterbatasan hardware dari SNES, musik dari Shin Megami Tensei cukup bervariasi. Musik yang dibawakan kebanyakan mempunyai vibe horror jaman dulu yang lambat namun mencekam, tergantung dari tempat yang kita kunjungi, vibe dari horror yang dibawakan juga akan berbeda. Saat battle encounter terjadi, musik akan berganti menjadi lebih action yang mempunyai banyak beat.

Shin Megami Tensei
tsukasa masuko(kiri), kazuma kaneko(kanan)

Addictive (7/10)

Seperti tipikal dari game Dungeon Crawler RPG, Shin Megami Tensei mempunyai gamplay yang cukup repetitif, yang mengharuskan kita untuk mengeksplorasi dungeon dalam waktu yang lama. Selain itu, game ini juga mempunyai tingkat kesulitan yang cukup tinggi, kesalahan kecil kita dalam mengambil keputusan saat battle bisa berdampak sangat fatal. Jika kalian sudah terbiasa memainkan Hardcore Turn-Base RPG seperti “Etrian Oddysey”, maka game ini akan sangat cocok untuk kalian. Namun, jika kalian tidak terbiasa dengan tipikal game Turn-Base RPG yang mempunyai buff dan debuff yang kompleks, maka game ini akan membuat kalian sangat frustasi memainnya.

Shin Megami Tensei
Shin Megami Tensei Gameplay

Kelebihan Shin Megami Tensei

Game Shin Megami Tensei mempunyai keunggulan dari segi gameplay dan ceritanya. Cerita yang unik, rumit, sekaligus kompleks ini akan membuat kita yang pernah memainkannya tidak akan pernah bisa melupakan ceritanya. Banyak ironi juga yang terjadi disepanjang game, yang akan membuat kita semakin tenggelam dalam cerita dari game ini.

Komplektivitas dari gameplay game ini  juga membuat kita yang menyukai Hardcore Turn-Base RPG akan merasa tertantang untuk menaklukan game ini.

Kekurangan Shin Megami Tensei

Kekurangan dari game Shin Megami Tensei adalah visualnya yang cukup kuno dan membuat kita bingung. Kita kadang diharuskan mengecek map beberapa kali atau membaca walkthrough untuk bisa mengetahui jalan mana yang harus kita ambil selanjutnya.

Selain itu, gameplay dari game ini juga sangat rumit, yang membuat para pemain baru sulit untuk bisa menguasai game ini.

Kesimpulan

Game Shin Megami Tensei merupakan game Turn-Base RPG dengan segudang mekanisme dan cerita yang sangat unik. Tetapi, game ini kurang ramah untuk para pemain baru, karena butuh banyak waktu untuk benar-benar memahami game ini dari segi gameplaynya maupun ceritanya. Game ini bisa dibilang cukup segmented, dimana hanya beberapa orang saja yang mungkin akan menyukainya. Karena itulah, saya sebagai reviewer game Shin Megami Tensei memberikan score akhir untuk game ini dengan 7.5.

 

Untuk review game menarik lainnya dapat kunjungi langsung website, fanspage, atau komunitas  dari Gamefinity ID. Buat kalian yang bingung dapat uang THR untuk apa, kalian bisa banget langsung top up untuk games kesayangan langsung klik Gamefinity.id

Share yuk !