Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Stray adalah game bergenre Adventure yang dibuat oleh developer indie BlueTwelve Studios dan Annapurna Interactive. Game ini pertama kali rilis pada 19 Juli kemarin untuk platform PS4, PS5, dan PC. Tidak disangka-sangka, game dengan konsep dan gameplay yang cukup sederhana ini dapat menarik banyak perhatian gamer.

Game Stray bahkan mendapatkan review dari berbagai platform media game dengan score yang sangat bagus. Game ini bahkan digadang-gadang akan masuk ke The Game Awards tahun ini menjadi saingan untuk Elden Ring dan Juga Horizon Forbidden West.

Kesuksesan game ini tentunya juga dilatarbelakangi oleh konsep dan cerita yang unik dan menarik. Kita akan diberikan dunia distopia yang dipenuhi robot-robot yang berperilaku layaknya manusia melalui perspektif seekor kucing.

Stray
Stray
Genre Adventure, Platformer, Puzzle
Developer BlueTwelve Studios, Annapurna Interactive
Platform PS4, PS5, PC
Durasi Gameplay 5 Jam

Sinopsis Stray

Dalam game Stray, kita akan berperan sebagai seekor kucing oren. Awalnya, kita bersama ketiga kucing lainnya akan berjalan-jalan dan melakukan interaksi layaknya kucing biasa. Namun, kucing yang menjadi protagonis game ini akan terjatuh ke dunia bawah dan terpisah dengan rombongan kucing lainnya di prolog game ini.

Dalam dunia bawah ini, petualangan kita untuk mengeksplorasi dunia tersebut dan mencari jalan keluar dimulai. Di dunia game ini, kita akan bertemu dengan berbagai robot berbentuk humanoid. Sepanjang perjalanan game ini, kita akan dibuat penasaran tentang apa yang sebenarnya terjadi dengan robot-robot tersebut dan dimana keberadaan dari para manusia di dunia game ini.

Stray
Stray gameplay

Game ini memberikan sebuah gambaran tentang dunia distopia pasca hilangnya manusia dari perspektif yang sangat unik, yaitu sebuah kucing. Kita juga akan diperlihatkan berbagai robot yang melakukan aktivitas layaknya manusia.

Robot-robot tersebut awalnya adalah robot yang dibuat dengan tujuan membantu pekerjaan manusia, namun tetap melakukan berbagai pekerjaan tersebut meskipun manusia sudah tidak ada di dunia tersebut. Hal ini memberikan sebuah ironi tersendiri yang cukup membekas di hati kita setelah memainkannya.

Baca Juga: Modder Ubah Kucing di Game Stray Menjadi CJ dari GTA SA

Gameplay Stray (10/10)

Stray
Stray gameplay

Gameplay dari Stray didominasi oleh eksplorasi, platforming, dan beberapa puzzle yang cukup mudah untuk dipecahkan. Dari sisi eksplorasinya sendiri, game ini sebenarnya tidak memberikan banyak kebebasan dan cukup linear. Namun karena karakter kita adalah seekor kucing, kita bisa lebih fleksibel dan leluasa dalam memilih jalan dan mempunyai sisi platforming yang cukup fluid.

Animasi dari kucing yang menjadi karakter utama dalam game ini juga sangat menarik dan cukup realistis. Kita bisa berinteraksi dengan kucing lain, menjilat-jilat, mencakar-cakar, dan hal-hal unik nan nyeleneh ala kucing lainnya di game ini. Meskipun interaksi tersebut biasanya tidak memiliki pengaruh apapun kedalam gameplaynya, kita akan menjadi rileks hanya dengan melihat kelucuan tingkah kucing tersebut.

Visual dan Musik (9/10)

Stray
Stray gameplay

Untuk seukuran game indie, Stray memberikan tampilan visual yang sangat bagus dan memanjakan mata. Kita akan diberikan lingkungan dunia bertema cyberpunk distopia dengan berbagai lampu neon yang kontras. Selain itu, visual dari kucing kita maupun para robot disini juga terlihat cukup realistis.

Dari segi soundtrack-nya, Stray memberikan berbagai macam variasi soundtrack yang sangat pas. Di setiap momen dan lingkungan yang berbeda, kita akan diberikan soundtrack dengan alunan dan beat yang berbeda pula.

Hal ini sangat mendukung game Stray dalam menyampaikan suasana di suatu lokasi tersebut dengan lebih terasa kepada kita. Soundtrack game ini juga tersedia sebagai bundle yang bisa kalian beli di Steam jika tertarik.

Addictive (9/10)

Stray
Stray gameplay

Kita akan dibuat betah dengan story dan gameplay yang dibawakan oleh Stray. Pertama, game ini memberikan pengalaman yang jarang sekali ada di sebuah game, yaitu menjadi seekor kucing dengan segala tingkah lucu dan menggemaskannya.

Kedua, game ini tidak hanya mengeksploitasi konsepnya saja, namun juga memberikan sebuah cerita yang unik. Kita akan dibawa ke dunia cyberpunk distopia yang penuh dengan misteri untuk kita pecahkan.

Kesimpulan

Stray
Stray gameplay

Stray merupakan salah satu game terbaik yang muncul di tahun ini, bahkan digadang-gadang menjadi kandidat untuk Game of The Year nanti. Meskipun datang dari developer indie, game ini mempunyai sisi visual yang cukup menakjubkan. Selain itu, Stray juga mempunyai konsep dan cerita yang sangat unik dan berbeda dari yang lain.

Untuk itulah, Saya selaku reviewer game ini, memberikan score akhir untuk Stray dengan 9.8

Update informasi menarik lainnya seputar review game hanya di Gamefinity. Gamefinity.id menyediakan jasa top up dan voucher game dengan cara yang mudah dan pastinya terjangkau.

Share yuk !