Share yuk !

Diam-diam ASUS sudah mulai menghadirkan laptop gaming terbarunya yang berbasis prosesor AMD Ryzen™ 6000 Series Mobile. Meski belum diluncurkan secara resmi, jajaran laptop gaming ASUS ROG terbaru yang menggunakan prosesor AMD Ryzen™ 6000 Series Mobile sudah bisa ditemukan di sejumlah retailer online dan offline.

Salah satu model yang sudah mulai masuk ke pasaran Indonesia adalah varian ROG Strix G15 dan ROG Strix G17. Dan dari dua varian tersebut, yang menurut kami sangat menarik adalah model dengan ukuran layar 17 inci, yakni ASUS ROG Strix G17.

Ya, untuk bermain dengan puas, tentunya kita akan sangat menikmati kalau bermain game di perangkat berlayar luas. Apalagi, kita akan semakin puas jika laptop yang digunakan pun menawarkan kinerja yang gahar alias buas. Oke, tanpa perlu berlama-lama lagi, mari kita simak apa yang ditawarkan oleh ASUS ROG Strix G15 G513RM yang kali ini kita coba.

Seperti diketahui, lini produk ASUS ROG sangat luas. Ia tersedia mulai dari untuk para gamer casual hingga professional player, para content creator yang bekerja di industri kreatif sampai ke game developer. ROG Strix G15 ini merupakan model yang ditujukan untuk para gamer casual ataupun content creator yang butuh laptop dengan performa kelas atas.

Ditenagai Prosesor AMD Ryzen™ 6000 Series Mobile

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, laptop ini merupakan salah satu laptop gaming yang sudah diperkuat oleh prosesor AMD Ryzen™ 6000 Series Mobile. Prosesor generasi terbaru yang dibangun menggunakan arsitektur Zen 3+ tersebut tidak hanya menawarkan performa lebih baik dari generasi sebelumnya, tetapi juga efisiensi daya yang lebih baik.

Di bagian pengujian nanti kita akan lihat efisiensi energi yang ditawarkan dan performa baterai laptop ini saat digunakan untuk bekerja dan juga jika digunakan untuk bermain tanpa charger.

Kembali ke CPU yang disediakan, peningkatan disbanding generasi terhadulu tersebut membuat laptop gaming ASUS terbaru yang ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen™ 6000 Series Mobile memiliki performance-per-watt yang lebih baik yang berpengaruh langsung pada daya tahan baterai.

Keunggulan lain dari prosesor AMD Ryzen™ 6000 Series Mobile juga terdapat pada chip grafis terintegrasinya. Kali ini AMD menghadirkan chip grafis terintegrasi AMD Radeon™ yang menggunakan arsitektur RDNA2 yang lebih powerful dan efisien.

Chip grafis terbaru tersebut memungkinkan pengguna laptop gaming ASUS terbaru untuk tetap dapat mengakses performa grafis yang mumpuni tanpa harus menguras daya baterai berlebih.

Sebagai prosesor modern, AMD Ryzen™ 6000 Series Mobile juga telah dilengkapi fitur serta teknologi modern. Fitur seperti dukungan PCIe 4.0 telah tersedia di prosesor ini dan akan hadir di seluruh jajaran laptop gaming ASUS ROG terbaru di tahun 2022. Selain itu, prosesor AMD Ryzen™ 6000 Series Mobile juga telah mendukung penggunaan port USB 4.0. Generasi terbaru dari port USB tersebut menawarkan kecepatan transfer yang jauh lebih tinggi hingga 40Gbps.

Konektivitas Terbaik

Seluruh laptop gaming ASUS ROG terbaru yang ditenagai prosesor AMD Ryzen™ 6000 Series Mobile telah dilengkapi dengan fitur konektivitas yang sangat lengkap. Port seperti USB 3.2 Type-C dan Type-A, HDMI 2.1, hingga 3.5mm combo audio jack.

Port USB 3.2 Type-C yang ada di jajaran laptop gaming ASUS terbaru juga telah mendukung fitur DisplayPort 1.2 serta USB Power Delivery. Keduanya memungkinkan port USB Type-C tersebut dapat digunakan sebagai display output serta fasilitas pengisian daya melalui adapter USB Type-C atau bahkan power bank.

Tidak hanya dalam hal kelengkapan port, laptop gaming ROG terbaru juga telah dibekali dengan teknologi WiFi 6E terbaru. Berbeda dengan pendahulunya yaitu WiFi 6, teknologi WiFi 6E hadir dengan tambahan frekuensi koneksi 6GHz selain frekuensi standar 2,4GHz dan 5GHz.

Melalui frekuensi 6GHz, WiFi 6E mampu menghadirkan konektivitas dengan kecepatan lebih tinggi serta stabil, dan sejalur dengan kebutuhan para gamer.

Dilengkapi MUX Switch

Keseluruhan jajaran laptop gaming ASUS ROG tersebut juga telah dilengkapi dengan berbagai fitur yang membuat pengalaman gaming semakin baik, salah satunya adalah MUX Switch, yaitu chip khusus yang dapat mengatur jalur data visual yang ditampilkan di layar laptop. Melalui MUX Switch, jalur data visual dari discrete chip grafis bisa dialihkan langsung ke layar laptop tanpa harus melalui prosesor dan integrated chip grafis-nya.

MUX Switch sangat berguna saat laptop gaming ROG bekerja menggunakan discrete chip grafis yang tertanam di dalamnya, seperti halnya saat bermain game. Karena data visual kini dapat ditampilkan langsung dari discrete chip grafis, performa dalam game pun dapat ditampilkan secara lebih baik. Peningkatan performa pada game dengan menggunakan MUX Switch dapat mencapai 10-30%.

Powerful Gamer eSports dan Enthusiast

Varian ASUS ROG Strix G15 dan G17 didesain khusus untuk pemain profesional di dunia esports dan para pecinta game kompetitif sebagai laptop gaming andalan dengan performa powerful dan fitur lengkap. ROG Strix G15 kali ini tampil dengan peningkatan dari sisi performa serta efisiensi berkat kehadiran prosesor AMD Ryzen™ 6000 Series Mobile.

Selain itu, ROG Strix G15 juga dibekali dengan chip grafis NVIDIA® GeForce RTX™ generasi terbaru, dilengkapi RAM DDR5 4800MHz, serta telah menggunakan penyimpanan PCIe 4.0 SSD.

Kecepatan sangat diperlukan saat bermain game, untuk itulah ROG Strix G15 dibekali dengan opsi layar hingga Full HD 360Hz. Laptop andalan para gamer juga dibekali dengan teknologi dari Dolby Vision HDR™ serta dilengkapi Adaptive Sync agar gamer terhindar dari efek screen tearing dan stuttering.

Sementara itu, response time yang cepat 3ms memastikan pengguna ROG Strix G15 dan G17 selalu unggul di medan pertempuran. Gamer juga dapat menikmati fitur konektivitas terbaru WiFi 6E serta baterai 90Whr yang tidak hanya berkapasitas lebih besar dari pendahulunya, tetapi juga dapat diisi dayanya melalui fitur USB power delivery menggunakan adapter USB Type-C.

Berikut ini spesifikasi lengkap ASUS ROG Strix G15 G513 berbasis AMD Ryzen™ 6000 series:

Main Spec. ROG Strix G15 G513
CPU AMD Ryzen™ 7 6800H 3.2GHz Boost Clock up to 4.7GHz, 8 Core 16 Thread with 16MB L3 Cache
Operating System Windows 11 Home + Office Home and Student
Memory 2x 8GB DDR5-4800MHz
Storage 512GB M.2 NVMe™ PCIe® SSD
Display 17.3-inch IPS-level FHD (1920 x 1080) 16:9 anti-glare display, 100% sRGB, 360Hz / 3ms with Dolby Vision HDR support
Graphics NVIDIA GeForce RTX 3060 6GB GDDR6
Input/Output 1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x HDMI 2.0b, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C, 2x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C support DisplayPort™ / power delivery / G-SYNC, 1x RJ45 LAN port
Camera FHD 1080p @60fps External Camera
Connectivity Wi-Fi 6E (802.11ax) + Bluetooth 5.2 (Dual band)
Audio Built-in array microphone 2-speaker system with Smart Amplifier Technology, Smart Amp Technology, Dolby Atmos, AI noise-canceling technology, Hi-Res certification
Battery 90WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion
Dimension 39.5 x 28.2 x 2.34 ~ 2.83 cm
Weight 2.90 Kg
Colors Eclipse Gray
Price TBD
Warranty Years Global with 1 year ASUS VIP Perfect Warranty

Lalu bagaimana dengan performanya? Berikut ini beberapa hasil pengujian atau benchmark ASUS ROG Strix G15 G513:

Benchmark dengan aplikasi pengujian Cinebench menunjukkan sedikit peningkatan performa dibandingkan dengan seri pendahulunya.

Saat digunakan untuk menjalankan aplikasi PCMark 10 yang mensimulasikan performanya saat bekerja menggunakan aplikasi produktivitas, web dan content creation, AMD Ryzen™ 7 6800H menawarkan performa sekitar 10 persen lebih baik disbanding generasi sebelumnya.

Yang menarik adalah daya tahan baterai platform AMD Ryzen™ Rembrandt yang digunakan. Saat menjalankan PCMark Battery pada skenario Modern Office, dengan kondisi brightness layar diset di 50% dan laptop terhubung ke Wifi, baterai yang tertanam di dalamnya sanggup memasok daya hingga 12 jam. Angka ini merupakan masa aktif yang luar biasa untuk ukuran sebuah laptop gaming full performance.

Meski demikian, saat menjalankan PCMark 10 Battery dengan skenario Gaming yang mensimulasikan kondisi ketika laptop ini dipakai untuk bermain game, baterainya hanya bertahan hingga 1 jam 3 menit. Lalu, bagaimana performanya saat bermain game?

Kami menjalankan game-game seperti Shadow of the Tomb Raider, Resident Evil 6, Street Fighter V, Final Fantasy XV, Battlefield 1 dan Star Control Origins dengan setting “rata kanan”. Yang menarik, semuanya bisa dilahap dengan mudah dengan frame-rate yang stabil di atas 60fps.

Laptop gaming ini menawarkan kinerja yang stabil saat menjalankan aplikasi 3D. Anda tidak perlu khawatir terjadi frame drop yang mengganggu saat sedang asyik bermain karena performanya relatif konstan.

Anda juga tidak perlu khawatir untuk memainkan game-game 3D triple A yang memiliki ukuran puluhan bahkan ratusan GB. Dari uji yang kami lakukan terhadap SSD yang terpasang, kecepatan baca tulisnya pun sangat tinggi.

Dari uji singkat yang kami lakukan, tampak kombinasi AMD Ryzen™ Rembrandt 6000 series dengan GeForce RTX 3060 yang disediakan menawarkan kombinasi yang asyik untuk bermain game dengan puas.

Share yuk !