Share yuk !

Mau dia dari kalangan orangtua, muda, hingga anak kecil sekalipun, Instagram tetap menjadi salah satu aplikasi yang paling populer digunakan oleh semua kalangan masyarakat, termasuk juga di negara kita Indonesia. Bahkan Instagram bisa menjadi salah satu sarana para pelaku usaha untuk memasarkan produknya dengan cara posting barang produknya di akun Instagramnya ataupun Instagram orang lain.

Bicara soal Instagram atau IG, apakah kalian pengguna aplikasi Instagram tahu caranya bikin filter di Instagram? Jika kalian tidak tahu maka akan sayang sekali, karena kalian tahu tidak? Bahwa sebenarnya bikin filter IG itu cukup mudah kok. Penasaran? Ayu buruan simak artikel ini sampai selesai yah!

Cara Bikin Filter Instagram

Instagram

Membuat filter Instagram terbilang cukup mudah, selain mudah untuk dibuat ternyata bikin filter di IG itu cukup mengasyikan, tentunya yaitu sudah jelas agar konten foto atau video yang diunggah terlihat lebih menarik, dengan menariknya tersebut maka akan berpotensi menambah followers kalian juga loh, menarik bukan? Maka dari itu yuk pelajari bagaimana cara membuatnya, dimana sudah kami jelaskan di bawah ini.

Inilah cara bikin filter Instagram atau IG:

  1. Bikin filter di Instagram atau IG, kita harus membutuhkan bantuan dari aplikasi lain, dimana aplikasi tersebut bernama Spark Ar Studio. Maka dari itu download dulu yah aplikasi tersebut di PC atau komputer kalian.
  2. Setelah berhasil download dan install aplikasi Spark Ar Studio, maka tahap berikutnya kalian login terlebih dahulu di aplikasi tersebut (bisa dengan akun FB atau akun IG).
  3. Pada menu pilihan di aplikasi tersebut, kalian pilih Face Tracker, lalu pilin insert.
  4. Sebelum itu kalian siapkan dulu objek berupa gambar motif bisa juga topeng, yang terpenting gambar tersebut harus tanpa latar belakang (seperti stiker).Untuk formatnya kalian gunakan saja format PNG atau jenis lain yang mendukung gambar tanpa latar belakang tersebut.
  5. Setelah sudah merasa ok, kalian masuk lagi ke aplikasi Spark Ar Studio kembali dan pilih atau klik tombol Create Project.
  6. Berikutnya klik saja Insert, dan setelah itu kalian akan menemukan objek baru bernama FaceTracker 0 di bagian Scene.
  7. Selanjutnya langsung saja klik kanan pada objek baru tersebut, lalu pilih Add, dan pilih Face Mesh untuk menambahkan model 3D yang akan merespons ekspresi wajah yang akan nantinya dilacak oleh Face Tracker.
  8. Jika kalian mau menambahkan material gambar, kalian boleh kok untuk menambahkan material berupa gambar yang berformat PNG, dimana sudah kami jelaskan di nomor 4.
  9. Kemudian tambahkan gambar PNG tersebut ke dalam Face Mesh, dengan cara klik pada bagian FaceMesh0 yang akan muncul pada bagian scene, lalu selanjutnya beralihlah ke bagian Inspector.
  10. Pada bagian Inspector, cari menu Material, lalu klik tombol plus (+) yang ada di sebelahnya. Jika sudah maka secara otomatis akan muncul aset bernama material0 di bagian Assets yang terletak pada bagian bawah Scene.
  11. Berikutnya Pilih saja Face Paint di Shader Type, dan selanjutnya klik Choose File di Texture. Kalau mau ubah Shader Type pada bagian Inspectornya menjadi Face Paint, maka klik saja menu dropdown di sebelahnya, dan selanjutnya klik tombol Choose File yang ada di samping menu Texture lalu pilih gambar yang sudah kalian siapkan sebelumnya.
  12. Selanjutnya? Ya tentu saja Export ke Instagram kalian masing-masing di masing-masing perangkat kalian (selesai).

Itulah cara bikin filter Instagram atau IG dari Gamefinity, semoga bermanfaat bagi kalian dan bagi yang lain juga dengan cara kalian bagikan artikel ini kepada yang lain. Sekian artikel Gamefinity yang berjudul “Cara Bikin Filter Instagram dengan Mudah dan Bisa Kalian Coba Sendiri” Jangan lupa untuk selalu baca artikel tentang informasi dan berita lainnya dari kami di https://gamefinity.id/ 

Share yuk !