Share yuk !

Manusia yang semakin berumur tentu akan semakin mengalami penurunan dalam setiap aktifitas-aktifitasnya, begitu pula juga dengan komputer. PC atau Laptop yang sudah berumur terlebih lagi sering digunakan, pasti akan mengalami penurunan performanya yang akan berdampak dan terlihat seperti lemot, lag, error, dan lain-lain.

Laptop adalah salah satu teknologi yang sering mengalami hal itu, terutama lemot yang sering muncul di Laptop. Nah, daripada kalian beli baru, kenapa tidak coba atasi terlebih dahulu? Cara atasinya ya tentu saja dengan kalian menyimak artikel ini sampai tuntas. Yuk yang Laptop lemot kita atasi dengan cara-cara dibawah ini!

Cara Mengatasi Laptop Lemot

1. Bersihkan Desktop dan Aplikasi Laptop

Pertama bersihkan desktop dan aplikasi dalam Laptop kalian.Jangankan Laptop, smartphone saja pasti lemot ketika ia terlalu banyak menyimpan aplikasi di dalamnya, maka lemot di Laptop pasti bisa saja terjadi akibat aplikasi yang banyak atau desktop nya kotor, maka dari itu rajinlah membersihkan desktop dan aplikasi Laptop.

Selain itu awasi juga aplikasi yang berjalan ketika Laptop kalian sedang dalam aktivitas startup dan sebisa mungkin usahakan jangan terlalu banyak aplikasi yang berjalan ketika Laptop startup, karena bisa berdampak menjadi Laptop lemot, sebab aplikasi tersebut menjadi working in background, yang diam-diam memakan kapasitas RAM.

2. Gunakan Aplikasi Sesuai Spesifikasi Laptop

Kedua pastikan kalau aplikasi yang ada di Laptop kalian itu sesuai dengan spesifikasi Laptop kalian. Jika Aplikasi dalam Laptop tidak sesuai dan kalian tetap install bahkan membuka aplikasi tersebut maka jangan heran jika suatu saat Laptop kalian akan menjadi lemot.

Kalau tidak mau Laptop lemot, maka sebisa mungkin kalian cari aplikasi yang sesuai dengan Laptop kalian. Jika masih maksa memakai aplikasi yang tidak sesuai dengan Laptop kalian, maka coba dulu upgrade Laptop kalian agar bisa sesuai dengan aplikasi yang kalian mau.

3. Reset Ulang Windows

Yang ketiga, yaitu Laptop lemot kalian harus di reset ulang Windowsnya. Mengapa harus reset ulang Windows? Karena bisa saja masalah Laptop lemot terjadi akibat sistem operasi (OS), terutama Windows Laptop kalian mengalami error yang berdampak pada kinerjanya yang berubah menjadi tidak optimal.

Banyak sumber juga mengatakan bahwa Laptop lemot bisa diatasi dengan cara yaitu mengganti Windows ke OS lain yang lebih ringan, contoh seperti Linux dan sebagainya. Jadi intinya coba dulu reset ulang Windows Laptop kalian sebelum memutuskan untuk membeli Laptop baru.

4. Gunakan Cooling Pad Laptop

Keempat coba gunakan Cooling Pad khusus Laptop, karena bisa saja bukan Laptop lemot kalian berasal dari suhu Laptop yang terlalu panas. Dengan suhu laptop yang terlalu panas, selain membuat Laptop lemot maka bisa juga berpotensi menimbulkan kerusakan-kerusakan lain terutama pada hardware Laptop.

Fungsi dari Cooling Pad yaitu sebagai kipas tambahan yang bermanfaat untuk menjaga suhu Laptop agar tidak terlalu panas. Selain Cooling Pad kalian juga bisa kok menggunakan Vacuum Cooler, dimana alat tersebut bermanfaat untuk menyedot keluar udara panas di dalam Laptop kalian.

5. Pakai Antivirus

Cara yang terakhir coba pakai aplikasi Antivirus di Laptop kalian masing-masing, karena bisa saja Laptop lemot kalian diakibatkan karena Laptop terkena virus. Coba cek Laptop kalian apakah ada virus di dalamnya atau tidak, jika ada berarti benar bahwa virus lah penyebab utama Laptop kalian menjadi lemot.

Laptop yang terkena virus kalian pasang saja antivirusnya, carilah antivirus terbaik untuk menghilangkan segala macam virus, jangan lupa juga untuk pastikan mengeceknya secara bertahap, agar berbagai macam virus dapat terbaca dan terdeteksi dengan antivirus yang sudah diinstal.

Sekian artikel dari Gamefinity berjudul “5 Cara Mengatasi Laptop Lemot yang Wajib Untuk Kalian Ketahui” Semoga bermanfaat untuk mengatasi Laptop lemot, dan jangan lupa bagikan kepada yang Laptopnya juga lemot. Klik link ini https://gamefinity.id/ agar kalian bisa dapat artikel lainnya dari kami tentang informasi, berita, dan teknologi, yang tidak kalah penting dari yang satu ini.

Share yuk !