Share yuk !

Coba bayangkan apabila data yang ada di komputer kalian tiba-tiba hilang tanpa sebab, menurut kalian apa penyebab utama semua data di komputer kalian hilang? Kami simpulkan penyebab atau faktor utamanya adalah Hardisk yang rusak, kenapa bisa rusak? Karena kalian tidak pernah rutin untuk cek kesehatan dari si Hardisk.

Kenapa kalian tega tidak pernah cek rutin kesehatan dari Hardisk kalian? Apakah kalian tidak tahu caranya? Kalo tidak tahu caranya makanya cari tahu dong, dan untuk cari tahu caranya cukup kalian simak saja artikel ini sampai tuntas tanpa adanya skip-skip ok? Yuk simak penjelasan kami dibawah ini!

Beragam Cara Cek Kesehatan Hardisk

cara cek kesehatan Hardisk

Untuk cek kesehatan Hardisk baik yang internal atau eksternal, alangkah baiknya jika kalian cek kesehatan Hardisk menggunakan software pilihan kami, karena beberapa software pilihan kami adalah software yang sering digunakan untuk cek kesehatan Hardisk Laptop atau PC.

Mengapa sih kalian harus menggunakan software untuk cek kesehatan Hardisk kalian? Karena dengan menggunakan software maka laporan yang diberikan tentang kondisi Hardisk kalian akan menjadi lengkap, menurut beberapa sumber juga mengatakan bahwa tidak menggunakan software akan berpotensi kurangnya informasi yang rinci atau detail.

Nah di tahap ini akan kami jelaskan beberapa cara cek kesehatan Hardisk menggunakan software-software rekomendasi dari kami, apa saja itu? Berikut penjelasannya:

Cek Hardisk menggunakan HDD Regenerator.

  1. Pertama yang harus dilakukan pastinya tahu dong? Ya benar kalian harus terlebih dahulu download aplikasi tersebut.
  2. Jika sudah maka install terlebih dahulu, jika sudah install maka pastinya buka atau open software tersebut.
  3. Selanjutnya pilih menu Regeneration dan otomatis kalian akan dihadapkan 3 pilihan yang berbeda.
  4. Kalian tinggal pilih pilihan yang bernama Start Process Under Windows, karena di pilihan tersebut adalah pilihan untuk cek kondisi Hardisk sekaligus memperbaiki bad sector pada Hardisk.
  5. Tunggu proses selesai, maka setelah selesai akan muncul informasi tentang Hardisk kalian.

Cek Hardisk menggunakan HDTune.

  1. Pertama-tama pastinya download software tersebut, lalu langsung saja install aplikasi tersebut sampai selesai.
  2. Buka atau open software tersebut.
  3. Pilih cek pada Health, maka secara otomatis informasi tentang kondisi Hardisk kalian diperlihatkan.
  4. Pilih Scanning Bad Sector pada tab Error Scan agar kalian bisa tahu apakah ada Bad Sector di Hardisk kalian.

Cek Hardisk menggunakan Acronis Drive Monitor.

  1. Pertama download dan langsung install Acronis Drive Monitor terlebih dahulu.
  2. Selanjutnya kalian buka saja software tersebut secara langsung
  3. Pada halaman awal, kalian klik menu Disk.
  4. Jika sudah maka otomatis kondisi dari Hardisk kalian akan diperlihatkan secara lengkap.

Itulah beberapa software dan sekaligus cara pakainya agar kalian bisa tahu kondisi kesehatan dari Hardisk kalian. Selain software diatas, sebenarnya masih ada lagi software lain yang tidak kalah bagus dari yang diatas, seperti software Gsmartcontrol, Argus Monitor, Diskcheckup, dan lain sebagainya.

Kami sudahi artikel Gamefinity yang berjudul “Cara Cek Kesehatan Hardisk dengan Software di Laptop atau PC” Semoga bermanfaat sebagai dasar penambah wawasan kalian tentang Hardisk komputer, dan kiranya juga artikel ini bisa kalian bagikan agar yang lain bisa tahu juga. Jangan lupa untuk dapatkan berita dan informasi lainnya dari kami di https://gamefinity.id/ 

Share yuk !