Share yuk !

Bermain game ternyata bisa dikatakan sebagai hal yang haram, entah haram dari gamenya atau dari tindakan para pemainnya. Game bisa dikatakan haram apabila dalam game tersebut ditemukan unsur-unsur yang dilarang dalam beberapa agama yang dianut dan diakui beberapa negara.

Di negara Indonesia saat ini ditemukan banyak game-game yang dikatakan haram padahal ternyata tidak haram, kok bisa? Di kesempatan kami kali ini, kami ingin mengajak kalian untuk menyimak beberapa game yang dirumorkan haram padahal nyatanya tidak. Game apa saja itu? Silahkan kalian simak dibawah ini.

1. Free Fire

Game Free Fire (FF) pernah disebut sebagai game haram di Indonesia padahal yang sebenarnya tidak haram. Free Fire pernah dirumorkan sebagai salah satu game yang masuk dalam daftar game haram di negara Indonesia. Free Fire disebut haram karena game tersebut pernah diberitakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dan di fitnah haram, dimana pada berita tersebut telah dimodifikasi agar isi beritanya menjelaskan bahwa MUI telah mengeluarkan Fatwa haram pada game tersebut.

2. PUBG

PUBG adalah game yang diisukan sebagai game haram di Indonesia, apakah isu itu benar adanya? Isu tersebut tidak benar karena game PUBG sudah dinyatakan tidak haram oleh MUI. Dalam diskusi MUI dengan KPAI, pakar Psikologi, Kemenkominfo dan Asosiasi E-Sport telah diputuskan bahwa game PUBG tidak haram namun dengan catatan itu semua harus dibatasi oleh usia, konten dan waktu yang harus diatur sedemikian rupa. Intinya game PUBG tidak haram, tetapi kalian perlu tahu bahwa game ini sudah haram di kota Aceh.

3. Mobile Legends

Setelah PUBG yang sudah dinyatakan haram di kota Aceh, kini Mobile Legends menjadi yang selanjutnya. Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh telah mengeluarkan fatwa haram untuk bermain PUBG, dan lalu setelah itu disusul oleh Mobile Legends: Bang Bang. Yang jadi pertanyaan, apakah Mobile Legends (ML) di Indonesia adalah game haram di Indonesia? Jawabannya adalah tentu tidak, karena fatwa haram ML hanya dikeluarkan untuk daerah kota Aceh saja dan MUI lainnya tidak mengharamkan game tersebut.

4. Clash of Clans

Game haram di Indonesia adalah Clash of Clans? Sebelum menjawab ini kalian perlu tahu bahwa game tersebut adalah game yang memang haram, tetapi di negara Iran bukan negara Indonesia. Iran menilai game ini memiliki unsur kekerasan dan membawa unsur suku, dimana pada akhirnya negara Iran memutuskan mengharamkan game tersebut. Lalu apa kabar dengan negara Indonesia? Untuk negara Indonesia kabar haram tersebut tidaklah benar, karena berita haram game tersebut hanya di negara Iran.

5. Among Us

Untuk game yang satu ini memang bisa dibilang bahwa game haram di Indonesia, tetapi perlu kalian sadari bahwa game ini bisa dikatakan haram jika para pemainnya melakukan cheat dan yang paling gilanya lagi adalah fitnah dan bohong. Dengan ciri mainnya berupa fitnah dan bohong, maka ada beberapa masukan yang menyatakan game ini adalah haram. Lantas apakah itu benar? Jawabannya adalah tidak, karena MUI tidak mengeluarkan fatwa haram pada game ini.

Sebelum kami tutup kami ingin menyampaikan bahwa haram atau tidaknya sebuah game adalah kembali lagi kepada pandangan kalian bagaimana kalian menyikapi game-game tersebut, baik dalam memainkannya maupun hal lainnya yang sesuai atau tidak. Dan sekianlah artikel kali ini yang berjudul “5 Game yang Pernah Disebut Haram di Indonesia Padahal Faktanya Tidak Haram” dari Gamefinity. Jangan lupa share dan klik link ini https://gamefinity.id/ agar bisa mendapatkan info-info lainnya.

Share yuk !