Share yuk !

ASUS memperkenalkan ROG Strix SCAR 15 dan SCAR 17 terbaru yang telah ditenagai oleh prosesor High Performance 12th Gen Intel® Core™. Kedua laptop tersebut merupakan generasi terbaru seri ROG Strix SCAR yang hadir dengan sederet peningkatan tidak hanya dari sisi performa, tetapi juga fitur hingga desain. ROG Strix SCAR 15 dan SCAR 17 kembali tampil sebagai pilihan terbaik para gamer e-sports di Indonesia.

“E-sports merupakan salah satu pilar penting di industri game. Untuk itulah ASUS menciptakan ROG Strix SCAR 15 dan SCAR 17, laptop gaming sekaligus senjata utama yang dapat diandalkan oleh para gamer e-sports khususnya di Indonesia,” ujar Jimmy Lin, ASUS Regional Director Southeast Asia. “ROG Strix SCAR 15 dan SCAR 17 merupakan laptop gaming yang dirancang agar gamer e-sports dapat selalu unggul di berbagai medan pertempuran virtual.”

Ditenagai 12th Gen Intel® Core™ H Series Processor

ROG Strix SCAR 15 dan SCAR 17 merupakan laptop yang telah ditenagai oleh prosesor 12th Gen Intel® Core™ H Series yang telah menggunakan pemrosesan berbasis Intel 7. Berbeda dengan generasi sebelumnya, prosesor Intel® Core™ generasi ke-12 menggunakan konfigurasi core yang terdiri dari Performance Core (P-core) dan Efficient Core (E-core). Sesuai dengan namanya, P-core yang memiliki performa tinggi bertugas untuk memproses tugas-tugas berat. Sebaliknya, E-core bertugas menjalankan tugas-tugas ringan namun sangat efisien dan tidak memakan banyak daya.

Kombinasi P-Core dan E-Core menghasilkan sebuah prosesor hibrida yang memiliki kemampuan pemrosesan yang sangat tinggi dan optimal untuk gaming dan content creation, sekaligus mampu tampil sangat efisien dan hemat daya. Tidak heran jika prosesor tertinggi di keluarga 12th Gen Intel® Core™ H Series, yaitu Intel® Core™ i9-12900HK, menyandang gelar sebagai prosesor mobile paling kencang saat ini berkat konfigurasi 14 core (6 P-core dan 8 E-core) dan 20 thread yang mampu dipacu hingga 5GHz.

Dilengkapi MUX Switch

ROG Strix SCAR 15 dan SCAR 17 telah dilengkapi dengan berbagai fitur yang membuat pengalaman gaming semakin baik, salah satunya adalah MUX Switch. MUX Switch merupakan chip khusus yang dapat mengatur jalur data visual yang ditampilkan di layar laptop. Melalui MUX Switch, jalur data visual dari discrete chip grafis bisa dialihkan langsung ke layar laptop tanpa harus melalui prosesor dan integrated chip grafis-nya.

MUX Switch sangat berguna saat ROG Strix SCAR 15 dan SCAR 17 bekerja menggunakan discrete chip grafis yang tertanam di dalamnya, seperti halnya saat bermain game. Karena data visual kini dapat ditampilkan langsung dari discrete chip grafis, performa dalam game pun dapat ditampilkan secara lebih baik. Peningkatan performa pada game dengan menggunakan MUX Switch dapat mencapai 10-30%.

Kecepatan Adalah Segalanya

Kecepatan merupakan segalanya dalam pertandingan e-sports hingga perbedaan aksi dalam rentang kurang dari satu detik pun dapat menentukan kemenangan. Untuk itulah ASUS membekali ROG Strix SCAR 15 dan SCAR 17 dengan sederet fitur yang memastikan gamer tetap unggul di medan pertempuran virtual. Selain ditenagai oleh CPU High Performance 12th Gen Intel® Core™, kedua laptop gaming e-sports ini juga dibekali GPU NVIDIA GeForce RTX generasi terbaru sehingga performa grafisnya sudah tidak perlu diragukan lagi.

Baik ROG Strix SCAR 15 dan SCAR 17, keduanya kini telah menggunakan penyimpanan berupa NVMe PCIe Gen4x4 SSD. Media penyimpanan generasi terbaru tersebut memiliki kecepatan baca dan tulis yang jauh lebih cepat dari generasi sebelumnya. ROG Strix SCAR 15 dan SCAR 17 juga didukung oleh memori DDR5, yaitu memori generasi terbaru yang lebih kencang dari teknologi memori generasi sebelumnya (DDR4). Memori yang lebih kencang seperti DDR5 dapat meningkatkan minimum frame rate sehingga gamer akan mendapatkan pengalaman gaming yang sangat lancar tanpa stuttering.

Kecepatan bukan hanya soal menggunakan komponen pemrosesan terkini, tetapi juga layar yang mumpuni untuk menampilkan semua hasil olah grafis pada game dengan cepat, presisi, dan responsif. Untuk mengakomodasi itu semua, ROG Strix SCAR 15 dan SCAR 17 dibekali layar dengan refresh rate hingga 300Hz dan response time 3ms. Teknologi Adaptive Sync juga hadir di ROG Strix SCAR 15 dan SCAR 17 sehingga game yang dimainkan dapat terbebas dari efek tearing dan stuttering yang sangat mengganggu, membuat gamer dapat selalu fokus di setiap sesi pertandingan e-sports.

Play Hard, Stay Cool

Untuk memastikan setiap komponen ROG Strix SCAR 15 dan SCAR 17 dapat berjalan lancar tanpa hambatan, diperlukan sistem pendingin yang mumpuni. Sama seperti jajaran laptop gaming ROG yang hadir tahun ini, ROG Strix SCAR 15 dan SCAR 17 juga dilengkapi dengan sistem pendingin ROG Intelligent Cooling™. Sistem pendingin tersebut dirancang khusus untuk mendinginkan semua komponen penting yang ada di dalam dua laptop tersebut.

ROG Intelligent Cooling™ ditenagai oleh berbagai fitur eksklusif agar proses pendinginan dapat berjalan lebih optimal dan tetap senyap. Arc Flow Fans™ misalnya, yang merupakan kipas dengan rancangan khusus dan dilengkapi 84 bilah yang dirancang agar menghasilkan aliran udara lebih baik sekaligus lebih senyap saat beroperasi. Tidak hanya itu ROG Intelligent Cooling™ juga dibekali dengan liquid metal conductonaut extreme sebagai thermal compound-nya, menggantikan thermal paste berbahan silikon yang kurang optimal dalam menghantarkan panas.

Kombinasi teknologi canggih pada sistem pendingin ROG Intelligent Cooling™ membuat ROG Strix SCAR 15 dan SCAR 17 dapat selalu beroperasi secara optimal dengan performa maksimal. Bahkan ketika suhu CPU dan GPU kedua laptop ini berada di bawah 50⁰C, kipas akan berhenti berputar dan pendinginan akan dilakukan secara pasif.

Dirancang untuk Gamer

ROG Strix SCAR 15 dan SCAR 17 kembali mengusung desain yang sangat kental dengan nuansa gaming. Selain dilengkapi keyboard dengan per-key RGB LED, kedua laptop ini juga hadir dengan RGB bezel glow di bagian bawah bodi. Keduanya membuat ROG Strix SCAR 15 dan SCAR 17 tampil berbeda sekaligus menegaskan keduanya adalah laptop yang dirancang khusus untuk gaming. Tidak hanya itu, fitur khas dari seri ROG Strix juga kembali hadir untuk ROG Strix SCAR 15 dan SCAR 17 seperti Keystone II dan Armor Cap yang dapat dikustomasi.

Memiliki pengalaman panjang dalam mengembangkan laptop gaming, ASUS sangat mengerti bahwa gamer sangat membutuhkan fasilitas konektivitas yang lengkap di laptopnya. Untuk itulah ROG Strix SCAR 15 dan SCAR 17 hadir dengan sederet fitur konektivitas, seperti ragam jenis port modern yang sangat lengkap hingga opsi konektivitas nirkabel berteknologi terkini.

Dimulai dari port, ROG Strix SCAR 15 dan SCAR 17 dilengkapi dengan port mulai dari USB 3.2 Type-A, HDMI, dan 3.5mm combo audio jack. ASUS bahkan menyediakan port gigabit ethernet bagi gamer yang membutuhkan opsi koneksi internet yang lebih stabil.

Sementara bagi gamer yang lebih suka menggunakan koneksi internet nirkabel, ROG Strix SCAR 15 dan SCAR 17 telah dilengkapi dengan modul WiFi 6E terbaru. Berbeda dengan WiFi 6, WiFi 6E hadir dengan opsi koneksi melalui frekuensi 6GHz yang lebih kencang dan stabil. Frekuensi 6GHz sangat cocok untuk aktivitas gaming karena dapat menghadirkan latency yang lebih rendah dari frekuensi 5GHz dan 2,4GHz.

ROG Strix SCAR 15 dan SCAR 17 juga dibekali dengan port Thunderbolt 4. Port serba guna tersebut tidak hanya memungkinkan kedua laptop ini untuk dapat dihubungkan dengan berbagai perangkat kelas profesional serta monitor beresolusi tinggi, tetapi juga sekaligus menjadi fasilitas pengisian daya menggunakan adaptor atau power bank yang mendukung fitur USB power delivery. Thunderbolt 4 membuat ROG Strix SCAR 15 dan SCAR 17 tampil bukan hanya sebagai mesin gaming yang poiwerful tetapi juga laptop penunjang produktivitas yang andal.

Benchmark ROG Strix SCAR 15 

ROG Strix SCAR 15 merupakan laptop yang telah ditenagai oleh prosesor 12th Gen Intel® Core™ H Series yang telah menggunakan pemrosesan berbasis Intel 7. Berbeda dengan generasi sebelumnya, prosesor Intel® Core™ generasi ke-12 menggunakan konfigurasi core yang terdiri dari Performance Core (P-core) dan Efficient Core (E-core). Sesuai dengan namanya, P-core yang memiliki performa tinggi bertugas untuk memproses tugas-tugas berat. Sebaliknya, E-core bertugas menjalankan tugas-tugas ringan namun sangat efisien dan tidak memakan banyak daya.

Kombinasi P-Core dan E-Core menghasilkan sebuah prosesor hibrida yang memiliki kemampuan pemrosesan yang sangat tinggi dan optimal untuk gaming dan content creation, sekaligus mampu tampil sangat efisien dan hemat daya. Tidak heran jika prosesor tertinggi di keluarga 12th Gen Intel® Core™ H Series, yaitu Intel® Core™ i9-12900HK, menyandang gelar sebagai prosesor mobile paling kencang saat ini berkat konfigurasi 14 core (6 P-core dan 8 E-core) dan 20 thread yang mampu dipacu hingga 5GHz.

Tidak hanya dibekali CPU ultra-kencang, ROG Strix SCAR 15 juga hadir dengan GPU generasi terkini yang siap digunakan untuk menjalankan semua game PC tanpa kompromi. ROG Strix SCAR 15 menggunakan GPU hingga NVIDIA GeForce RTX 3080Ti dengan TGP hingga 150W sehingga dipastikan dapat menghadirkan kualitas visual dan pengalaman bermain game terbaik.

Berikut adalah hasil benchmark performa dari ROG Strix SCAR 15 yang menggunakan GPU NVIDIA GeForce RTX 3060.

Pengalaman bermain game tentu tidak akan maksimal jika game yang sedang dimainkan sering mengalami stuttering. Selain faktor layar yang digunakan, stuttering biasanya juga terjadi akibat performa SSD dan memori yang kurang optimal. Itulah mengapa ROG Strix SCAR 15 dibekali dengan memori berteknologi terkini yaitu DDR5 4800MHz serta SSD PCIe Gen4 x4 sehingga efek stuttering tidak akan pernah terjadi saat bermain game.

Ayo Bergabung di ROG Community Indonesia

ASUS ROG Indonesia menghadirkan ROG Community Indonesia,  sebagai tempat untuk para pengguna setia laptop gaming ROG dan TUF berbagi pengalaman, bermain game bersama, dan berinteraksi langsung dengan #TeamROG. Segera bergabung dengan ROG Community Indonesia di Discord channel https://bit.ly/DiscordROGCommunityID dan Facebook Group https://bit.ly/ROGCommunityID.

Main Spec. ROG Strix SCAR 15 (G533Z)
CPU 12th Gen Intel® Core™ i9-12900H Processor 2.5 GHz (24M Cache, up to 5.0 GHz, 14 cores: 6 P-cores and 8 E-cores)

12th Gen Intel® Core™ i7-12700H Processor 2.3 GHz (24M Cache, up to 4.7 GHz, 14 cores: 6 P-cores and 8 E-cores)

Operating System Windows 11 Home
Memor 2x8GB/2x16GB DDR5 4800MHz
Storage 2TB/1TB/512GB M.2 NVMe™ PCIe® 4.0 SSD M.2 NVMe™ PCIe® 4.0 SSD
Display 15.6”, FHD (1920 x 1080) 16:9, IPS-level, 100% sRGB, 300Hz, 3ms, Adaptive Sync, Mux Switch

15.6”, QHD (2560 x 1440) 16:9, IPS-level, 100% DCI-P3, 240Hz, 3ms, Adaptive Sync, Mux Switch

Graphics NVIDIA® GeForce RTX™ 3080 Ti Laptop GPU

NVIDIA® GeForce RTX™ 3070 Ti Laptop GPU

NVIDIA® GeForce RTX™ 3060 Laptop GPU

Input/Output 1x 2.5G LAN port, 1x Thunderbolt™ 4 support DisplayPort™, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C support DisplayPort™ + power delivery + G-SYNC, 2x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 1x 3.5mm Combo Audio Jack
Camera ROG GC21 External Webcam (1080p, 60fps)
Connectivity Wi-Fi 6E(802.11ax)+Bluetooth 5.2 (Dual band) 2*2
Audio AI noise-canceling technology, Dolby Atmos, Hi-Res certification, Smart Amp Technology
Battery 90WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion
Dimension 35.4 x 25.9 x 2.26 ~ 2.72 cm
Weight 2,3 Kg
Colors Black
Price Rp65.999.000 (Core i9 / RTX 3080 Ti / 2x16GB RAM / 2TB SSD)

Rp44.999.000 (Core i9 / RTX 3070 Ti / 2x16GB RAM / 1TB SSD)

Rp34.299.000 (Core i9 / RTX 3060 / 2x8GB RAM / 1TB SSD)

Rp31.272.000 (Core i7 / RTX 3060 / 2x8GB RAM / 512GB SSD)

Warranty 2 tahun garansi global dan 1 tahun ASUS VIP Perfect Warranty
Main Spec. ROG Strix SCAR 17 (G733Z)
CPU 12th Gen Intel® Core™ i9-12900H Processor 2.5 GHz (24M Cache, up to 5.0 GHz, 14 cores: 6 P-cores and 8 E-cores)
Operating System Windows 11 Home
Memory 2x8GB DDR5 4800MHz
Storage 2TB/1TB M.2 NVMe™ PCIe® 4.0 SSD
Display 17.3”, FHD (1920 x 1080) 16:9, IPS-level, 100% sRGB, 360Hz, 3ms, Adaptive Sync, Mux Switch

17.3”, QHD (2560 x 1440) 16:9, IPS-level, 100% DCI-P3, 240Hz, 3ms, Adaptive Sync, Mux Switch

Graphics NVIDIA® GeForce RTX™ 3080 Ti Laptop GPU

NVIDIA® GeForce RTX™ 3070 Ti Laptop GPU

NVIDIA® GeForce RTX™ 3060 Laptop GPU

Input/Output 1x 2.5G LAN port, 1x Thunderbolt™ 4 support DisplayPort™, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C support DisplayPort™ + power delivery + G-SYNC, 2x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 1x 3.5mm Combo Audio Jack
Camera ROG GC21 External Webcam (1080p, 60fps)
Connectivity Wi-Fi 6E(802.11ax)+Bluetooth 5.2 (Dual band) 2*2
Audio AI noise-canceling technology, Dolby Atmos, Hi-Res certification, Smart Amp Technology
Battery 90WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion
Dimension 39.5 x 28.2 x 2.34 ~ 2.83 cm
Weight 2,9 Kg
Colors Black
Price Rp66.999.000 (Core i9 / RTX 3080 Ti / 2x16GB RAM / 2TB SSD)

Rp46.408.000 (Core i9 / RTX 3070 Ti / 2x16GB RAM / 1TB SSD)

Rp35.399.000 (Core i9 / RTX 3060 / 2x8GB RAM / 1TB SSD)

Warranty 2 tahun garansi global dan 1 tahun ASUS VIP Perfect Warranty

 

Share yuk !