Share yuk !

Laptop adalah pilihan banyak orang yang dipilih sebagai komputer yang bisa dibawa kemana saja, karena Laptop dinilai memiliki segalanya yang sama dengan komputer, baik layar, keyboard, mouse, dan sebagainya, dan semuanya itu dijadikan satu didalam satu mesin yaitu bernama Laptop. Laptop adalah alat elektronik bukan?, maka sudah pasti biasanya ada masalah yang biasa ada dalam Laptop.

Masalah touchpad adalah masalah yang biasa ada pada laptop, banyak merk ternama dan terkenal juga mengalami masalah itu pada produknya. Kita sebut saja merk Asus salah satunya, dimana laptop Asus terkadang ada memiliki masalah pada touchpadnya juga. Pengguna laptop Asus dan memiliki masalah yang sama? Jika iya yuk lihat dibawah ini, karena kami akan jelaskan cara mengatasinya.

Touchpad Laptop

1. Coba Aktifkan Touchpad

Touchpad Laptop Asus tidak berfungsi? Bisa jadi karena touchpadnya tidak sengaja menjadi nonaktif. Coba kalian ingat-ingat apakah pernah laptop kalian dipinjam? Jika iya bisa jadi laptop kalian di setting touchpad nya karena sensitivitasnya terlalu tinggi atau terlalu rendah bagi mereka yang pinjam laptop kalian. Coba kalian tanya kepada orang yang meminjam laptop kalian apakah benar touchpadnya diatur?

Kalian bisa juga mengaktifkan touchpad laptop kalian secara sendiri kok, caranya cukup mudah yaitu:

  1. Cari tombol bertuliskan “FN”
  2. Cari tombol dengan icon touchpad, biasanya ada di bagian atas (F)
  3. Setelah kalian temukan, maka selanjutnya kalian tekan tombol itu secara bersama
  4. Tekan lagi kedua tombol tersebut untuk menonaktifkan dan mengaktifkan.
  5. Cara lainnya yaitu pilih enable atau disable di mouse properties.

2. Update Driver Touchpad

Touch Laptop Asus tidak berfungsi? Bisa jadi karena driver touchpad laptop Asus kalian jarang atau tidak pernah diupdate. Touchpad laptop tidak berfungsi bisa disebabkan karena update driver touchpad yang tidak pernah dilakukan, driver yang sudah kadaluarsa masanya adalah salah satu sumber terjadinya touchpad Laptop tidak berfungsi. Jadi intinya cobalah kalian cek apakah sudah di update apa belum driver touchpadnya?

Tidak tahu cara update driver touchpad? Tenang kami akan jelaskan, berikut ini adalah cara update driver touchpad laptop:

  1. Klik start menu atau klik tombol Windows
  2. Search device manager
  3. Klik your PC dan pilih Mice and other pointing devices
  4. Klik kanan dan pilih update driver software
  5. Pilih search automatically for update driver software, lalu pilih next

3. Bersihkan Touchpad

Touchpad Laptop Asus tidak berfungsi? Bisa jadi karena masalah sepele, yaitu masalah di hardwarenya juga. Mungkin kebanyakan masalah error touchpad bisa terjadi karena masalah di softwarenya, tapi tahukah kalian bahwa masalah error touchpad bisa terjadi karena hardwarenya atau touchpad Laptop kalian yang kotor? Touchpad Laptop yang kotor bisa mengganggu sensitivitas touchpad hingga tidak berfungsi.

Nah untuk membersihkannya tidak boleh sembarangan, cara membersihkannya yang benar adalah sebagai berikut:

  1. Cek dan lihat touchpad Laptop, di bagian mana ada menempel kotoran seperti debu, pasir, atau sebagainya
  2. Setelah cobalah untuk membersihkannya dengan menggunakan tisu atau lap lainnya yang tidak kotor atau tidak basah.
  3. Untuk membersihkan sela-selanya, maka kalian gunakan kuas ukuran kecil
  4. Jika ada kotoran dalam touchpadnya, maka saran kami untuk servis Laptop kalian di tempat servis resmi Asus.

Itulah cara atasi touchpad Laptop Asus tidak berfungsi yang telah kami sampaikan kepada kalian. Sekian artikel Gamefinity yang berjudul “3 Cara Atasi Touchpad Laptop ASUS Tidak Berfungsi Terbaru dan Terbaik” Bagikan agar mereka yang tidak tahu bisa tahu juga. Silahkan klik link ini https://gamefinity.id/ agar kalian bisa dapat berita dan informasi lainnya dari kami.

Share yuk !