Share yuk !

GAMEFINITY.ID, JAKARTA – Android 13 digadang-gadang akan membuat sebuah terobosan baru terkait wallpaper dan lockscreen. Bagian paling menyenangkan ketika menggunakan ponsel salah satunya dengan kustomisasi gambar favorit kalian pada Lockscreen ataupun wallpaper. Langkah ini diusahakan oleh karyawan Esper, Mishaal Rahman dengan dibuatnya patch Android QPR2 yang akan diterapkan pada Google Pixel.

Google Sayangnya Belum Resmi Meluncurkan Fitur Custom Lockscreen Pada Android 13

Nah, apakah fitur ini akan diterapkan pada ponsel android versi 13 lainnya? Setelah melalui pengecekan yang dilakukan oleh tim 9to5Google, patch yang dibikin oleh Rahman ini masih sebatas beta melalui kode dari patch tambahan yang belum diluncurkan sama sekali oleh Google. Diperkirakan rilisnya fitur ini akan ditunda hingga diluncurkannya Android 14.

Mishaal Rahman Bocorkan Opsi Pengaturan Custom Lockscreen

Android 13 QPR
Mishaal Rahman bagikan bocoran pengaturan kustomisasi Lockscreen Android 13

Melalui tangkapan layar yang diposting Mishaal Rahman, terdapat opsi terbaru pada pengaturan display dimana kalian dapat menyesuaikan lockscreen pada patch Android 13 QPR2. Begitu kalian telah masuk, kalian akan menemui layar pratinjau untuk melihat hasil akhir layar kunci sebelum diterapkan pada ponsel kalian. Sementara itu pada bagian bawah tersaji berbagai menu dan perintah.

Perintah tersebut antara lain sebagai berikut, pengaturan aktivasi Flashlight, Open Camera, serta QR code, serta masih banyak lagi pilihan yang masih dirahasiakan oleh Rahman.

Baca juga: Apple Siap Launching 3D AR/VR Mereka

Untuk mengaktifkannya kalian hanya perlu menahan ikon tersebut guna mencegah perintah yang tak diinginkan. Rencananya opsi ini juga diperluas ke produsen pihak ketiga, yang mengizinkan untuk mengubah daftar koneksi serta perlindungan aktivasi yang tidak disengaja.

Telah Diterapkan Pada UI Ponsel Lainnya

Ternyata jauh sebelum dirilisnya kode pengaturan tersebut sudah ada beberapa UI lainnya yang menerapkan kustomisasi Lockscren tersebut, diantaranya One UI 5.0 milik Samsung berbasis Android 13 serta iOS 16. Akan tetapi perbedaannya hanya pengaturan pada kontrol smart home di kiri bawah dan wallet Pixel yang tidak dapat diubah oleh pengguna.

Tampaknya fitur ini begitu menarik bagi para pengguna Android baik Pixel maupun smartphone Android pada umumnya. Namun semuanya akan kembali ke keputusan final Google apakah fitur ini benar diterapkan, tetap diterapkan tapi hanya eksklusif pada Pixel saja atau justru dibatalkan sama sekali.

Share yuk !