Share yuk !

GAMEFINITY.ID, JAKARTA – Google telah mengkonfirmasi bahwa ponsel keluaran mereka, Google Pixel 4A bakal tidak dapatkan pembaruan sistem operasi Android terbaru Android 14. Google setiap merilis versi baru Android Google Pixel selalu mendapatkan giliran pertama. Google hanya menjatah tiga tahun saja per perangkatnya, dan memang Pixel 4A telah mencapai batas akhir pembaruan tersebut.

Peluncuran Google Pixel 4A Bertepatan Dengan Dirilisnya Android 11

Google merilis Pixel 4A pada bulan Agustus 2020 setelah mengalami penundaan sejak bulan Mei 2020 yang lalu, saat Pixel 4 ini dirilis, pengguna dapat mengupgrade ke versi 11 tak jauh setelah ponsel tersebut hadir. Bila kalian perhatikan, setiap kali Google merilis Pixel bakal bertepatan dengan versi selanjutnya seperti pada Pixel 4A yang dapat ditingkatkan ke Android 11 sehingga membentuk suatu pola.

Android 14 Google Pixel 4A
Android 14

Baca juga: AI Google Tidak Bertentangan Dengan Pedoman Pencarian

Ini kembali terulang pada versi yang lebih baru seperti Android 12 dan 13. Namun pada versi 14 ini masih perlu dilihat apakah benar mendapatkannya atau tidak.

Ada Kemungkinan Android 14 Dirilis Agustus 2023

Waktu rilis Android 14 ini kemungkinan akan mengambil pola yang sama ketika Android 13 dirilis setahun yang lalu. Dengan Android 14 Preview yang didapatkan pertama kali pada Google Pixel pada bulan ini, sementara itu versi beta Android 14 diluncurkan pada bulan April yang kemudian berlanjut hingga bulan Juli ketika stabilitas platform telah siap. Dan selanjutnya pada bulan Agustus 2023 diperkirakan Android 14 akan dirilis secara global.

Jadi, Google Pixel 4A telah melewati batas yang telah dijatah oleh Google yang umumnya mendapatkan update hingga 3 tahun. Dan rupanya dua minggu tersebut telah cukup untuk menghentikan dukungan update. Google bisa saja merubah keputusannya. Akan tetapi tidak akan menguntungkan Pixel 4A sendiri.

Sementara itu, Google Pixel 4A juga sempat mengalami penundaan akibat pandemi Covid 19 yang seharusnya diluncurkan pada bulan Mei 2020 menjadi bulan Agustus 2020. Maka sudah tidak mungkin lagi Pixel 4A tidak lagi mendapatkan update versi baru Android.

Namun pada versi 5G nya, yaitu Pixel 4A 5G  yang dirilis dua bulan sesudahnya, yang jatuh pada Oktober 2020 masih bisa mendapatkan dukungan Android 14.

Share yuk !