Share yuk !

GAMEFINITY.ID, JAKARTA – Operator seluler Indosat Hutchison setelah melalui ujicoba yang dilakukan setahun yang lalu pada akhirnya secara resmi telah meluncurkan teknologi E-sim mereka. Tentunya peluncuran E-sim ini tak bisa terlepas dari sejarah perkembangan kartu operator di Indonesia, pada awalnya hanya sebagian orang saja yang dapat menggunakan sim card ini, dikarenakan harganya yang masih cukup mahal saat itu.

Sim card atau kartu operator di masa awal hadir dalam bentuk fisik mini SIM yang dimana pengguna hanya perlu mengeluarkan baterai apabila ingin memasangnya. Hingga saat ini Nano Sim yang ditemui pada ponsel masa kini. Seiring perkembangan zaman tentunya juga semakin mengecil seperti pada teknologi SIM card saat ini.

Indosat Resmi Meluncurkan E-sim Pada 25 Desember, Berikut Lokasi Penukarannya

Melalui postingan Twitter yang dibagikan oleh Bagus Hermawan, Bhaguz 403, dirinya mengatakan bahwa Indosat akan merilis SIM Card elektronik mereka mulai tanggal 25 Desember mendatang. “E-sim Indosat bakal launching 25 Desember ! Jangan bilang siapa-siapa, rahasia ya” yang kemudian diakhiri dengan emoticon.

Baca juga: Samsung Siapkan Chipset Pengganti Exynos

Indosat eSim
Indosat resmi luncurkan eSim mulai 25 Desember mendatang ( bhaguz_403 )

 “ Buat yang mau imigrasi dari nano SIM ke E-sim bisa kok, mulai tanggal 25 Desember juga gaes.” Tambahnya sambil menunjukkan step by step registrasi E-sim di gerai tempat ia mengganti SIM card miliknya. Menanggapi cuitan yang dipost oleh Bagus tersebut Indosat belum memberikan konfirmasi mengenai peluncuran produk tersebut.

bhaguz_403
Indosat resmi luncurkan eSim mulai 25 Desember mendatang ( bhaguz_403 )

Akan tetapi pada laman Twitter resmi Indosat, E-sim sudah bisa ditukarkan di cabang tertentu, diantaranya KPPTI, Kota Kasablanka, Pondok Indah, Mangga Dua, serta Mall Ambassador. Hal ini dikarenakan produk masih dalam masa awal peluncuran dan akan dilakukan secara bertahap di masa mendatang.

Hanya Bisa Digunakan Di Ponsel Iphone

Perlu diketahui bahwa teknologi E-sim atau kepanjangan dari embedded SIM mulai digunakan di ponsel Apple sejak 2018 dengan perangkat pertamanya Iphone XS. Dapat dilihat bahwa eSim hanya dapat digunakan di Iphone saja. Dengan adanya eSIM ini, pengguna Iphone dengan fitur dual sim yang memiliki slot fisik nano dan e-SIM dapat digunakan secara optimal.

Keuntungan dari eSIM lainnya pengguna juga dapat menyimpan nomor secara digital dan dapat diaktifkan sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Share yuk !