Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Siapa yang tak kenal dengan merk HP yang satu ini? Samsung pada masa kejayaannya pernah menjadi merk HP terbaik dikarenakan bodinya yang dibuat dengan bahan berkualitas baik. Selain itu UI HP yang cukup bersahabat juga menjadi alasan merek ini cukup dinikmati sebelum digantikan dengan One UI walaupun sebagian menganggap One UI milik Samsung masih menjadi UI HP terbaik hingga saat ini.

Namun seiring waktu ponsel Samsung kini mengalami penurunan kualitas. Terlihat banyak pengguna yang mengeluhkan masalah pada perangkatnya, dan masalah tersebut didominasi oleh layar seperti LCD yang mudah bocor, munculnya garis hijau, dan sebagainya. Serta performanya yang dianggap lebih lambat terutama pada HP Samsung yang menggunakan SoC Exynos.

Performa Dinilai Lelet, Samsung Akan Pensiunkan Chipset Buatannya, Exynos

Dilansir dari Android Police, Exynos yang telah melekat pada Samsung sejak dulu ini baru-baru ini akan dipensiunkan lalu diganti dengan SoC yang lebih cepat dari segi performa. SoC atau System on Chip ini kabarnya juga akan didesain oleh divisi Samsung itu sendiri.

Sudah sejak dahulu Samsung begitu mandiri dalam memasarkan produknya terbukti dengan diciptakannya chipset atau SoC mereka sendiri yang dinamai Exynos walaupun banyak dari produk mereka yang juga menggunakan Qualcomm atau Snap Dragon. Namun belakangan ini banyak pengguna yang mengeluhkan performa dari chipset Exynos yang begitu lambat, mendengar keluhan ini pihak Samsung akhirnya berinisiatif untuk mengganti SoC mereka.

Baca juga: Apple Akan Izinkan Aplikasi Pihak Ketiga

Exynos merupakan Chipset yang dibuat oleh Samsung melalui divisi LSI System, sementara untuk penggantinya akan didesain oleh tim baru mereka MX atau Mobile eXperience yang memang masih satu naungan dengan Samsung. MX Development ini akan Diketuai oleh Choi Won Joon yang telah bekerja dengan Samsung semenjak 2016 dan Qualcomm.

Samsung Exynos
Chipset Exynos

Itu mengapa beliau dipercayakan dalam pembuatan SoC baru ini. Dikarenakan satu naungan dengan Samsung, hal ini juga dilakukan oleh Google dengan chip Tensor dan Apple dengan A Seriesnya. Pihak Samsung hingga saat ini juga belum memastikan kapan chipset ini akan diproduksi secara massal. Dikabarkan SoC terbaru Samsung ini akan dipakai pada Samsung Galaxy S25.

Walaupun LSI System sudah tidak lagi memproduksi chipset mereka di masa mendatang, mereka lantas berganti fokus untuk produksi chip pada kendaraan bermotor.

Share yuk !