Share yuk !

GAMEFINITY.ID, JAKARTA – Taiwan Semiconductor Manufacturing Company, Pabrikan komponen asal Taiwan yang kerap memasok chipset ponsel Apple terbaru A17 Bionic. TSMC membocorkan SoC Apple mereka yang terbaru, A17 Bionic yang dipercaya lebih irit baterai dibandingkan seri sebelumnya diikuti dengan diproduksinya chipset berfabrikasi 3nm secara massal.

Candaan Iphone wajib pakai Powerbank yang sering dilontarkan oleh netizen rupanya memang benar adanya, selain kapasitas baterainya yang cenderung kecil Iphone juga kerap mengalami masalah baterai yang cepat terkuras.  Mau tak mau diperlukan terobosan baru untuk mengatasi kedua masalah tersebut diatas.

Baca juga: Vendor Besar Tengah Kurangi Produksi Smartphone Mereka

TSMC Rilis SoC A17 Bionic, Hemat Baterai Sampai Dengan 35 Persen

A17 Bionic Iphone 15
Tampilan Iphone 15 yang akan menggunakan chipset A17 Bionic

Melansir Phone Arena, chipset A17 Bionic kemungkinan akan digunakan pada ponsel Apple keluaran baru Iphone 15 Pro serta varian Iphone 15 Ultra. Dibandingkan generasi sebelumnya, chipset dengan fabrikan 3nm ini juga dipercaya lebih hemat baterai hingga mencapai 30% – 35% pada kecepatan yang sama serta kepadatan logic sebesar 1,6 kali lipat sehingga transistor yang masuk juga akan lebih banyak.

Merupakan hasil Upgrade Dari Chipset Fabrikasi 5nm

Fabrikasi 3nm A7 Bionic yang akan digunakan pada varian Iphone 15 ini merupakan hasil upgrade dari fabrikasi 5nm yang pernah digunakan pada varian A14 , A15, dan A16 Bionic. Sementara itu chipset A16 Bionic yang digunakan pada varian Iphone 14 Pro dan 14 Pro Max menggunakan fabrikasi 4nm.

Berfokus Pada Efisiensi Ketimbang Performa

9to5Mac, kanal berita yang fokus utamanya pada produk Apple, bahwa fokus TSMC saat ini adalah Efisiensi daya dibandingkan performa pada SoC keluaran baru tersebut. Itu artinya A17 Bionic akan memakan daya lebih sedikit sehingga perangkat tidak terlalu panas saat digunakan.

Sebenarnya langkah yang diambil oleh TSMC ini sudah benar mengingat ponsel Apple selalu unggul terutama pada segi performa yang memudahkan aktivitas penggunanya dalam mengerjakan berbagai tugas apapun diikuti Qualcomm dan Mediatek. Chipset Mediatek yang dahulunya hanya dianggap sebelah mata kini mampu bersaing dengan merek sebelahnya.

Satu hal lagi, membuat chipset yang irit daya jauh lebih baik dibandingkan berfokus hanya pada performanya saja. TSMC pun juga mengatakan bahwa A17 membawa performa lebih baik 15 persen dengan konsumsi daya serupa. Kita tunggu saja keputusan Apple dalam mengkonfigurasi chipset ini.

Share yuk !