Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Bandar Lampung – 4X atau yang dikenal lengkapnya berupa Explore, Expand, Exploit, Exterminate merupakan subgenre dari game komputer dan board game berbasis strategy, dan beberapanya juga ada yang berupa strategy turn-based dan real-time.

Umumnya, subgenre 4X menuntut pemainnya untuk membangun sebuah kerajaan atau peradaban. Gameplay yang lebih ditekankan kepada pembangunan ekonomi dan teknologi, serta berbagai rute militer dan non-militer menuju peradaban yang supremasi.

Baca juga: Seri Terbaru Disgaea Hadir di Mobile Setelah 11 Tahun

Langkah Awal 4X dalam Basis Strategi

Awalnya, Game 4X ini meminjam ide arau masukan dari board game dan game teks pada tahun 1970-an. Game 4X pertama ini berbasis turn-based, dengan gaya real-time yang cukup dominan.

4X Genre

Pada pertengahan 1990-an telah banyak game 4X yang terjual habis setelah diterbitkan, sebut saja salah satunya adalah Civilization yang dibawakan oleh Sid Meier. Civilization sendiri dibawakan dengan tingkat detail yang baru dan cukup baik sebagai permulaan game 4X dengan visual yang bukan teks.

4X sendiri berasal dari beberapa pratinjau, salah satunya seperti Master of Orion tahun 1993 yang ditulis langsung oleh Alan Emrich. Dimana dirinya menilai game 4X sebagai pelesetan dri 3X.

4X Genre

Umumnya genre 4X ini telah didefinisikan sebagai game yang memiliki empat konvensi gameplay berbeda, berikut seperti Jelajahi, Memperluas, Eksploitasi, dan Basmi. Cukup mudah bukan?

Dalam game tertentu, elemen gameplay ini dapat terjadi dalam fase terpisah atau mungkin tumpang tindih satu sama lain dalam durasi waktu game yang bervariasi tergantung pada desain game-nya.

Beberapa Game yang Mengusung Genre 4X

Menjadi salah satu subgenre dalam game strategi. Genre ini sendiri telah melahirkan banyak game strategi yang dibawakan bersama subgenre 4X, namun ada beberapa yang mengambil satu konvensi atau keempatnya.

4X Genre

Beberapa game dibawakan dengan cukup baik, sebut saja seperti Civilization series dari Sid Meier dan beberapanya lagi, seperti Stellar Crusade yang pernah hadir untuk ST, DOS, dan AMI. Ada juga Master of Orion yang cukup populer saat itu juga, dengan menggunakan konsep utuh 4X, dan masih banyak lagi game yang mengusung subgenre 4X ini.

Update informasi menarik lainnya seputar game hanya di Gamefinity. Gamefinity.id menyediakan jasa pengisian top up dan voucher game dengan cara yang mudah dan pastinya terjangkau.

Share yuk !