Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Yogyakarta – Meskipun Pokemon Unite adalah game MOBA, game ini mempunyai beberapa mekanisme yang berbeda diantara game MOBA pada umumnya. Perbedaan utama adalah penggunaan Scoring area, jadi alih-alih menggunakan tower seperti MOBA kebanyakan, Pokemon Unite menggunakan Scoring Area untuk mencetak score. Score tersebut akan diakumulasi di akhir game untuk melihat tim mana yang mampu mencetak score paling banyak.

Selain itu, Pokemon Unite juga tidak memiliki Mid-Lane layaknya game MOBA lainnya. Dalam game ini, Pokemon yang menjadi Mid-Laner bertugas untuk membunuh wild pokemon di Jungler dan membantu Lane atas atau bawah sesuai dengan kebutuhan.

Karena itulah, penting untuk memahami cara Laning dan rotasi yang tepat untuk setiap player dalam tim. Satu tim dalam Pokemon Unite terdiri dari 5 player. Role paling umum yang biasa dipakai adalah 1 Speedster, 1 Defender, 1 All Rounder, serta 2 Attacker atau 1 Attacker dan 1 Supporter. Kita akan membahas peran dari masing-masing role tersebut dan cara Laning untuk Side Laner maupun Jungler.

Laning Untuk Bottom Laner di Pokemon Unite

Pokemon Unite
Bot Lane

Lane bawah biasanya diisi oleh 1 All Rounder dan 1 Attacker atau Supporter. Untuk player yang berada di Lane ini, hal pertama yang harus dilakukan adalah membunuh 2 Aipom awal. Setelah itu, lewati 2 Aipom yang bersebelahan didepannya dan langsung ke Audino yang berada di tengah.

Audino berada di titik tengah antara batas Lane kita dengan Lane musuh, jadi penting untuk mendapatkan wild pokemon yang satu ini terlebih dahulu. Setelah Audino berhasil dibunuh, baru habisi 2 Aipom yang dilewati tadi dan 2 Audino yang berada di Lane kita.

Pokemon Unite
Aipom, Audino, dan Corphish

Saat Coutdown 30 detik Rotom dan Dreadnaw muncul, tetap stand by di Lane kalian untuk membunuh Dreadnaw terlebih dahulu. Mengalahkan Dreadnaw memberikan exp untuk satu tim yang mampu menaikkan 1 level dan buff berupa Shield. Karena itulah, penting untuk membunuh Dreadnaw terlebih dahulu sebelum Rotom. Setelah membunuh Dreadnaw, satu orang yang menjadi Attacker atau Supporter di lane ini perlu pindah ke atas untuk membantu melawan Rotom.

Laning untuk Top Laner di Pokemon Unite

Pokemon Unite
Top Lane

Untuk Lane atas, yang mengisi biasanya adalah Defender dan Attacker. Sama seperti Lane bawah, hal pertama yang perlu dilakukan saat berada di Lane atas adalah membunuh 2 Aipom pertama. Setelah itu, lewati 2 Aipom yang berjejer didepannya dan langsung ke Corphish.

Sama seperti Audino di Lane bawah, Corphish juga berada di tengah lane, jadi penting untuk mendapatkan wild pokemon ini terlebih dahulu. Setelah itu, kalian bisa rotasi dengan alur seperti Bottom Line.

Pokemon Unite
Rotom dan Dreadnaw

Karena Dreadnaw lebih penting dari Rotom, maka saat countdown Dreadnaw dan Rotom muncul Attacker atau role lain yang berada di Lane ini harus segera pindah kebawah untuk melawan Dreadnaw. Sisakan satu player untuk berjaga di Lane ini saat tim lainnya melawan Dreadnaw. Biasanya, yang akan berjaga adalah Defender, karena Defender mempunyai ketahanan yang kuat untuk mengulur waktu.

Namun tergantung dengan keadaan, jika memang tim musuh memilih untuk langsung ke Rotom dan mengabaikan dreadnaw, maka attacker yang berada diatas tidak perlu pergi ke bawah. Cukup sembunyi saja dan tunggu waktu yang tepat untuk mencuri last hit dari Rotom.

Baca Juga: 4 Pokemon Meta Terbaik Untuk Solo Rank di Pokemon Unite

Laning untuk Jungler/Mid Laner

Pokemon Unite
Jungler

Jungler biasanya diisi oleh Speedster atau All Rounder. Dalam Jungler, ada 2 buff wild pokemon yang perlu kita bunuh, yaitu Bouffalant dan Ludicolo. Untuk player yang berada di jungler, sebaiknya bunuh Ludicolo terlebih dahulu sebelum Bouffalant. Ludicolo memberikan buff berupa peningkatan damage kepada wild pokemon. Jadi, jika kita membunuh Ludicolo terlebih dahulu, maka kita bisa lebih cepat membunuh Bouffalant.

Pokemon Unite
Ludicolo dan Buffalont

Setelah membunuh kedua buff pokemon tersebut, tergantung pada Lane mana yang ingin kalian bantu, maka rotasinya juga akan berbeda. Jika kalian memilih untuk membantu Lane bawah, maka bunuh Corphish yang atas terlebih dahulu baru yang bawah, begitupun sebaliknya. Buff pokemon akan spawn setiap 1 menit setelah kita kalahkan, maka jika sudah satu menit, balik lagi ke rotasi seperti tadi.

Jika countdown Rotom dan Dreadnaw sudah muncul, langsung pergi ke Lane bawah untuk membantu mendapatkan Dreadnaw terlebih dahulu.

Tips Lainnya

Jika sudah masuk ke 3 menit terakhir, selalu simpan Unite Move kalian. Jika kalian memang terdesak, lebih baik mati daripada harus menggunakan Unite Move. Unite Move ini berguna untuk perebutan Zapdos pada menit ke 2 nantinya, jadi penting untuk menyimpannya.

Saat tim sedang melawan Zapdos, Defender tidak perlu ikut melawannya. Peran Defender disini adalah mengulur waktu agar tim lawan tidak mencuri last hit dari Zapdos.

Jika tim kalian sudah berada di posisi unggul, tidak perlu membunuh Zapdos. Saat kalian melawan Zapdos, ada potensi bahwa last hit Zapdos tersebut akan dicuri, yang menyebabkan musuh bisa comeback nantinya. Jadi, jika tim kalian sudah unggul, kalian hanya perlu mengirim 2-3 player untuk berjaga-jaga di Zapdos. Jika musuh berencana untuk melawannya, kalian bisa mencuri last hit tersebut atau menahan musuh agar tidak melawan Zapdos.

Terakhir, jika pada 1 menit akhir kalian sudah menang, jangan beramai-ramai maju untuk mencetak score lagi. Hal tersebut membuat Scoring goal kita menjadi kosong dan bisa dimanfaatkan musuh. Jika sudah menang, kita hanya perlu stand by di base dan melompat ke Lane dimana ada musuh datang.

Suka dengan artikel ini? Jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya hanya di Gamefinity. Tetap menjadi gamer yang sultan dengan top up mudah dan murah di gamefinity.id

Share yuk !