Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Kota Batu – World of Tanks Blitz atau lebih dikenal sebagai WoTB merupakan sebuah game besutan Wargaming. Game ini ditujukan sebagai versi WoT yang lebih cepat dan ringkas dari game aslinya.

Nah, bedanya lagi, WoTB juga dapat dimainkan di PC maupun Mobile dan dapat dimainkan cross-platform. Jadi player PC dapat bertemu player Mobile. Tapi jangan salah, setiap device yang digunakan punya kekurangannya masing-masing jadi matchmaking masih dapat dibilang fair.

Bagi pemula yang baru pertama kali bermain, kalian pasti akan dihadapkan dengan 8 pilihan nation atau negara untuk dikembangkan tech tree-nya.

Di artikel kali ini, kita akan membahas tips untuk memilih nation yang tepat bagi pemula dengan menunjukkan pros dan cons yang dimiliki setiap nation.

Pendahuluan Sebelum Membaca Tips WoTB Ini

Sebagai catatan pendahuluan, mungkin kalian akan berpikir “ya sesuai play style masing-masing lah bang cara milihnya”. Memang benar, namun kalau misal nation yang kalian pilih ini perlu skill tinggi dan pengalaman yang tinggi kan sebagai pemula pasti keteteran.

Tips kali ini akan saya jabarkan berupa kelebihan dan kekurangan rata-rata tank pada masing-masing nation tech tree. Nanti juga akan direkomendasikan line tank yang cenderung mudah untuk di-grind oleh pemula.

Namun, pemula tidak akan direkomendasikan line Light Tank dikarenakan sebagus-bagusnya LT masih perlu skill dan pengalaman untuk mengoptimalkan kemampuannya. LT yang dimaksud disini adalah LT yang ada di tier yang lebih ke atas (tier 6 – 10). Karena LT di tier bawah (tier 1-4) masih dapat dimainkan secara santai.

Baca Juga: Review Assassin’s Creed: Bloodlines, Assassin’s Mobile Series

Karakteristik Setiap Nation di WoTB

US WoTB Tech Tree

US WoTB Tech Tree | Personal Archive
US WoTB Tech Tree | Personal Archive

Kita mulai dari yang paling atas dulu, tank punya Amerika Serikat.

Tech tree milik AS sendiri didominasi oleh tank yang memiliki gun depression di atas rata-rata nation lainnya. Kelebihan ini  memungkinkan tank milik AS untuk mengarahkan gun miliknya ke bawah lebih jauh yang menghasilkan gaya bermain lebih fleksibel pada kondisi map tidak rata. Hal tersebut juga didukung oleh turret milik tank AS yang terkenal keras.

Namun, kelemahan dari tank AS sendiri ialah hull armor yang tidak merata. Maksudnya yang gampang dipahami ialah “kadang keras di depan, kertas di sisi lain atau bahkan nggak ada yang keras sama sekali”.

Betul, armor dari badan tank AS dapat dikatakan hampir tanpa proteksi, jadi bisa dikatakan kalian harus menyembunyikan badan tank menggunakan objek yang ada di dalam map dan hanya menunjukkan turret bagian depan saja.

Kesimpulannya, nation ini cenderung ke newbie friendly karena dapat memberikan setidaknya proteksi bagi pemula dan sedikit all-rounder.

Germany WoTB Tech Tree

Germany WoTB Tech Tree | Personal Archive
Germany WoTB Tech Tree | Personal Archive

Tank Jerman, sangat memuaskan dan terkenal dengan gun yang dipakai selalu di atas rata-rata gun milik nation lainnya. Mulai dari penetration, dispersion, dan alpha, semuanya membuat player puas.

Bukan hanya itu, rata-rata tank Jerman memiliki armor dengan angle yang dapat memaksimalkan potensinya. Jadi player tidak perlu untuk melakukan angling atau memiringkan tank untuk memaksimalkan armor. Kelebihan armor tersebut tidak dimiliki semua tank Jerman. tank Leopard I dan Grille 15 yang tidak memuiliki armor tapi kemampuan mobilitasnya bagus.

Untuk kelemahannya semua dapat dibilang tergantung tank. Biasanya yang punya armor tebal diganti dengan mobilitas yang terbatas atau sebaliknya. Tank seperti Leopard I dan Grille memerlukan skill yang tinggi karena harus melihat kondisi setiap waktu agar dapat bermain bagus.

Direkomendasikan untuk pemula adalah E 100, karena punya kemampuan yang lebih baik daripada tank Jerman lainnya. Gun bagus, armor bagus, mobilitas untuk sebuah HT bagus, intinya overall bagus, namun bukan tanpa kelemahan.

Soviet Tech Tree

Soviet WoTB Tech Tree | Personal Archive
Soviet WoTB Tech Tree | Personal Archive

Terkenal sebagai tech tree yang isi tank-nya dapat dikatakan all-rounder, tank Soviet menjadi nation paling ramah untuk pemula. memiliki kemampuan rata-rata yang cukup baik. Dari armor yang merata dan sudah punya angle yang lumayan optimal, tidak tegak lurus ke atas.

Gun yang dimiliki punya keunggulan di alpha meskipun beberapa punya konsekuensi penetrasi yang rendah. Turret yang tebal dan merata, tidak seperti tank milik AS. Hal tersebut membuat Soviet menjadi nation paling ramah pemula. Pengecualian, untuk line Object 263 sangat tidak disarankan untuk pemula dikarenakan gaya bermainnya yang out of the box.

Kelemahan rata-rata ada di masing-masing tank bukan seluruh nation. Karena rata-rata tank Soviet grinding-nya lebih sulit, apalagi kalau pakai tank stock (tank yang belum di-upgrade sama sekali). Line yang direkomendasikan untuk pemula adalah line IS-7 lalu IS-4. Ingat IS-7 dulu baru IS-4 supaya pengalaman grinding lebih nyaman.

British Tech Tree

British WoTB Tech Tree | Personal Archive
British WoTB Tech Tree | Personal Archive

Terkenal akan DPM yang di atas rata-rata nation lain, gun di nation ini sering disebut sebagai machine gun. Namun, bila sebuah gun milik Inggris tidak mempunyai DPM yang bagus, biasanya diganti dengan tingkat penetrasi yang jauh lebih tinggi.

Gun milik Inggris juga terkenal dengan HESH Premium Shell, tidak seperti HE biasa, HESH ini mempunyai tingkat penetrasi yang lebih tinggi namun tidak mengurangi damage seperti peluru HEAT. Armor jadi perhatian dalam bermain tank Inggris. Karena terkadang ada, kadang hilang armor tersebut. Tank seperti FV 4005 dan FV215b 183 merupakan contoh tank yang tidak cocok bagi pemula. Yang lebih ramah adalah line FV4202 dan FV215b yang punya armor lebih tebal dan kemampuannya merata.

Japan Tech Tree

Japan WoTB Tech Tree | Personal Archive
Japan WoTB Tech Tree | Personal Archive

Tank nation Jepang sangat tidak direkomendasikan untuk pemula. Karena dapat menyebabkan lose streak jika tidak mengerti cara memainkannya. Tank Jepang memang bagus rata-rata mulai dari tier 8, tetapi tidak ramah untuk pemula.

Ketiadaaan armor merupakan kelemahan yang dimiliki setiap tank Jepang. Namun, rata-rata tank tier tinggi di Jepang memiliki gun yang bagus dan akurat serta mobilitas yang baik. Untuk tank di bawah tier 8, semua masih standar tidak memiliki kekhususan berarti. Meskipun sudah di atas tier 8, tank Jepang bukanlah rekomendasi untuk pemula

China Tech Tree

China WoTB Tech Tree | Personal Archive
China WoTB Tech Tree | Personal Archive

Overall, tank milik Cina adalah versi “KW super” tank milik Soviet. Hampir semuanya punya downgrade. Meski begitu yang menjadikan nation ini tidak ramah bagi pemula adalah gun depression yang dimiliki sangat rendah. Akibatnya tank Cina yang notabene punya turret armor yang kuat harus beradaptasi kembali, karena tidak cocok bermain di pegunungan. Padahal turret armor yang kuat merupakan modal pertama untuk bermain di area pegunungan.

Memang tank tier 10 milik Cina semuanya bagus, namun tetap membutuhkan skill dan pengalaman yang tidak dimiliki oleh pemula. Meski begitu kalau kalian suka tantangan bisa mencoba tech tree milik Cina yang tidak seburuk tank Jepang. Tapi tank tier 9 ke bawah memiliki tingkat penetrasi yang rendah. Sehingga jangan kecewa ketika tembakan dari depan tidak dapat tembus tank musuh.

Baca Juga: God of War Ragnarok Tetap Rilis Tahun Ini!

France Tech Tree

France WoTB Tech Tree | Personal Archive
France WoTB Tech Tree | Personal Archive

Sama seperti tank Jepang, tank Prancis juga tidak disarankan bagi seorang yang baru bermain. Namun, kalau sudah ada pengalaman sedikit dan mulai terbiasa bisa disarankan untuk tank Prancis. Karena uniknya, tank Prancis yang ramah pemula dan mudah digunakan justru ada di tier 10 miliknya, yaitu Foch 155. Meskipun memiliki proses grinding-nya banyak memakan waktu. Berbeda dengan tank sebelum Foch 155, dapat dikatakan sangat biasa atau bahkan di bawah rata-rata.

Tidak disarankan untuk HT Prancis, kecuali sudah mahir dan punya banyak pengalaman. Sering disebut Heavy Tank tanpa armor dan hanya punya mobilitas dan gun yang bagus. HT tanpa armor yang tebal memiliki gaya bermain yang berbeda dari umumnya. Oleh karena itu, HT Prancis tidak disarankan untuk pemula.

European Union Tech Tree

EU WoTB Tech Tree | Personal Archive
EU WoTB Tech Tree | Personal Archive

Karena ada 4 nation masuk tech tree ini maka saya akan bahas satu persatu secara singkat.

Tank Swedia sedikit tidak disarankan untuk player baru karena mekanisme auto-loader dan auto-reloader miliknya harus dipelajari lebih lanjut. Kalau sudah sedikit terbiasa dengan WoTB mungkin bisa disarankan.

Tank Italia mempunyai alasan yang sama dengan tank Swedia ditambah lagi dengan hilangnya armor di tank Italia membuatnya tidak ramah pemula.

Tank Polandia bisa dikatakan ramah untuk pemula namun memerlukan pembiasaan khusus karena gun yang dimiliki punya waktu reload yang lama. Ini membuat kalian harus perhitungan tembakan kalian akan mengenai sasaran atau tidak.

Tank Ceko juga tidak disarankan untuk pemula karena sistem auto-loader yang asing untuk player baru. Namun, seperti tank Swedia, kalau sudah terbiasa bisa disarankan.

Kesimpulan

Setiap nation memiliki kelebihan dan kelemahan masing masing. Dapat dikatakan semua nation mempunyai keunikan masing-masing. Tank AS punya kelebihan di map dengan gaya perbukitan, Soviet yang armor-nya mumpuni, Jerman memiliki gun bagus, dan masih banyak lagi.

Kalau perlu diurutkan mana nation yang newbie friendly, maka dapat menjadi seperti berikut ini:

  1. Soviet
  2. AS
  3. Jerman
  4. Inggris
  5. Cina
  6. Polandia (EU)
  7. Swedia (EU)
  8. Italia (EU)
  9. Prancis
  10. Ceko (EU)
  11. Jepang

Pemula tidak direkomendasikan untuk bermain Light Tank (LT), karena dibutuhkan kemampuan mekanik yang baik. Hal ini dikarenakan LT memerlukan observasi dan harus bergerak setiap waktu. Belum lagi perubahan gaya bermain di setiap waktunya. Semakin lama, nanti para pemula akan jadi paham tentang game WoTB dan akan gameplay dari tank yang ada.

Share yuk !