5 Game PSP Terbaik yang Hanya Rilis di Jepang

InukoDarlian, 11 Juni 2022

5 Game PSP Terbaik yang Hanya Rilis di JepangConsole game
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Yogyakarta – Jepang merupakan salah satu negara yang menjadi pelopor di dunia game. Banyak developer dari Jepang yang mempunyai reputasi tinggi karena game-game mereka yang mempunyai kualitas yang bagus. Meskipun begitu, banyak developer dari Jepang terutama developer yang masih kecil takut untuk memasarkan game mereka secara global.

Hal tersebut dikarenakan budget yang terbatas atau rasa tidak percaya diri mereka tentang apakah game tersebut bisa diterima oleh para gamer di luar Jepang. Terutama karena konsol handheld PSP juga mengalami penurunan penjualan yang drastis, membuat para developer tersebut semakin enggan untuk merilis game mereka secara global.

Berikut ini kami sudah merangkum 5 game PSP terbaik yang hanya rilis eksklusif di Jepang, versi Gamefinity ID.

Boku no Natsuyasumi

Game
Boku no Natsuyasumi
GenreAdventure, Eksploration
Tanggal RilisJuli 5, 2007
DeveloperMillennium Kitchen
Patch EnglishTidak ada

Boku no Natsuyasumi bisa diartikan Sebagai pengalamanku selama liburan musim panas. Sama seperti judunya, game ini bercerita tentang seorang anak yang berlibur selama musim panas di daerah-daerah pedesaan Jepang atau daerah pantai layaknya Okinawa. Boku no Natsuyasumi memberikan kita gameplay eksplorasi santai dengan tema ala-ala liburan musim panas.

Game ini memberikan angin segar baru dikala itu dimana belum banyak game bertema eksplorasi santai seperti sekarang. Sampai saat ini, Boku no Natsuyasumi sudah mempunyai tiga seri yang dirilis untuk PSP. Sayangnya, game ini hanya dirilis untuk region Jepang dan belum ada patch englishnya sampai sekarang.

Game
Boku no Natsuyasumi gameplay

Hal tersebut dikarenakan game ini kental dengan unsur budaya dan kebiasaan yang hanya ditemukan di Jepang, membuat orang yang berada di luar Jepang kurang merasa familiar dengan hal tersebut. Namun, jika kalian menyukai game-game santai seperti Animal Crossing atau Submerged, Boku no Natsuyasumi layak untuk kalian coba sebagai retrospective yang menarik.

Game “Disaster Report 3”

Game
Disaster Report 3
GenreAction, Adventure
Tanggal RilisApril 23, 2009
DeveloperIrem
Patch EnglishTidak ada

Satu lagi game dengan tema unik yang dibuat oleh developer dari Jepang, yaitu Disaster Report. Disaster Report sendiri adalah game survival adventure bertema bencana alam. Dalam game ini, kita harus bertahan hidup dari berbagai bencana alam seperti gempa bumi, tsunami, tornado, dan sejenisnya.

Mengingat Jepang merupakan negara yang kerap dilanda bencana seperti gempa dan banjir. Game ini dibuat untuk menjadi simulasi jika ada bencana terjadi dengan pendekatan yang lebih menarik dan interaktif. Bukan hanya tentang bencana saja, game ini juga memberikan gambaran tentang pahitnya dampak dan tragedi dari sebuah bencana alam.

Sampai saat ini, sudah ada 4 seri dari Disaster Report yang tersebar di berbagai platform seperti PS2, PSP, PS3, dan PS4. Disaster Report memang bukan game yang mempunyai visual indah atau gameplay adiktif layaknya game-game lainnya. Namun game ini memberikan kita sebuah simulasi keadaan tentang pahitnya tragedi dari sebuah bencana alam.

Game
Disaster Report 3 gameplay

Sayangnya game Disaster Report 3 hanya rilis di Jepang dan belum memiliki patch english sampai sekarang. Namun, kalian bisa memainkan game Disaster Report lainnya di PS2 yang juga rilis secara global. Atau mungkin jika kalian mempunyai skill dalam bahasa Jepang, game ini merupakan salah satu seri yang sangat wajib untuk kalian mainkan.

Earth Defense Forces 2 Portable

Game
Earth Defense Forces 2 Portable
GenreAction, Third Person Shooter
Tanggal RilisApril 07, 2011
DeveloperD3 Publisher, Sandlot
Patch EnglishTidak ada

Jika kalian dulu adalah anak rental di jaman PS2, pasti sudah sangat familiar dengan game ini. Earth Defense Forces sendiri cukup populer dikalangan anak rental PS2. Game ini sendiri mempunyai gameplay third-person Shooter dengan musuh-musuh seperti serangga raksasa dalam jumlah banyak atau Kaiju layaknya Godzilla.

Game
Earth Defense Forces 2 Portable gameplay

Earth Defense Forces 2 Portable sendiri adalah versi portable dari game dengan judul sama yang rilis untuk PS2. Namun, versi PSP dari game ini mempunyai beberapa tambahan stage baru yang bisa kita mainkan. Untuk kalian yang pernah memainkan game ini di PS2 atau menyukai game-game dengan tema Kaiju. Earth Defense Forces merupakan salah satu game yang wajib untuk dicoba.

Baca Juga: 5 Game RPG Hidden Gem Terbaik di Nintendo Switch

Kurohyou: Ryu ga Gotoku/ Yakuza Black Panther

Game
Kurohyou Ryu ga Gotoku
GenreAction, Adventure, RPG, Beat ’em Up, Open World
Tanggal RilisSeptember 22, 2010
DeveloperSega
Patch EnglishAda

Seri Yakuza sendiri mempunyai judul berbeda dalam bahasa Jepang, yaitu Ryu ga Gotoku atau bisa diartikan “Like a Dragon”. Banyak yang tidak tahu bahwa Yakuza juga merilis dua seri di konsol PSP. Dua seri tersebut adalah Kurohyou: Ryu ga Gotoku Shinshou dan Kurohyou 2: Ryu ga Gotoku Ashura Hen.

Dalam game ini, kita tidak akan berperan sebagai Kazuma Kiryu seperti seri utamanya. Karena game ini berformat Spin-Off, kita akan berperan sebagai karakter baru bernama Tatsuya Ukio. Yakuza Black Panther mempunyai setting tempat di kota Kamurocho yang diambil langsung dari game Yakuza di PS3.

Game
Kurohyou Ryu ga Gotoku gameplay

Untuk yang belum familiar dengan seri yakuza, game ini adalah game action-adventure dengan tema yakuza. Karena temanya adalah yakuza, maka sudah pasti seri dari game ini bertempat di Jepang. Seri Yakuza merupakan salah satu seri yang banyak diminati karena tema dan jalan cerita yang diangkat. Jika kalian merupakan penggemar seri yakuza, maka game ini adalah salah satu game PSP yang wajib untuk dimainkan. Kedua seri Yakuza Black Panther sendiri sudah mempunyai patch english yang bisa kalian cari di internet.

Game “Valkyria Chronicles 3”

Game
Valkyria Chronicles 3
GenreTactical RPG, Shooter
Tanggal RilisJanuari 27, 2011
DeveloperMedia.Vision, Sega
Patch EnglishAda

Untuk kalian para penggemar game JRPG, pasti sudah familiar dengan seri Valkyria Chronicles. Valkyria Chronicles 3 adalah game tactical RPG dan Shooter yang menjadi satu-satunya seri yang tidak dirilis secara global. Keunikan dari seri Valkyria Chronicles adalah gabungan antara turn-base RPGnya dengan combat third-person shooter.

Game
Valkyria Chronicles 3 gameplay

Latar tempat dari game ini sendiri berada di Perang Dunia 2, dimana kita akan berperan dan memainkan squad 422 yang bernama The Nameless. Visual bergaya anime dengan latar perang dunia 2 dari game ini tentunya sudah sangat menarik dan unik. Ditambah lagi, Valkyria Chronicles 3 adalah salah satu entri terbaik dari seri game ini. Valkyria Chronicles 3 juga sudah mempunyai patch english yang bisa kalian cari di internet, membuatnya menjadi game PSP paling wajib untuk dicoba.

Suka dengan artikel ini? Jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya hanya di Gamefinity. Tetap menjadi gamer yang sultan dengan top up mudah dan murah di gamefinity.id

author avatar
InukoDarlian
Penikmat game indie
Share Artikel:
Banner Ads

Post Terkait: