Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Salatiga – Seiring berjalannya waktu, industri dan pasar game terus berkembang. Perkembangan ini tentunya juga diiringi dengan meluasnya berbagai macam lapangan pekerjaan di dunia game.

Setiap orang ingin menghasilkan uang dari hobi maupun passion yang mereka minati. Tentunya kita sebagai gamers ingin memiliki karir di bidang industri game. Dan beruntungnya kita, di era modern ini kebutuhan sumber daya manusia di bidang game semakin tinggi, sehingga peluang kita dalam bekerja di dunia game juga semakin besar.

Lantas pekerjaan apa yang punya peluang tinggi di bidang gaming? Mari kita simak bersama-sama.

Streamer

Tahu PewDiePie? Nah PewDiePie adalah salah satu dari sekian banyak orang yang sukses menjadi streamer. Bahkan saking suksesnya, kekayaan bersih PewDiePie diperkirakan mencapai 40 juta dolar. Kesuksesan PewDiePie mendorong para gamers untuk mencoba berkarir di bidang game streaming.

Namun menjadi streamer bukanlah hal yang sangat mudah. Dibutuhkan usaha, biaya, dan skill yang mumpuni agar kalian dapat menjadi streamer yang sukses.

Skill utama yang kamu butuhkan untuk menjadi streamer adalah kreativitas, audience engagement yang baik, rasa percaya diri yang tinggi dan inovasi agar kamu dapat menciptakan konten yang berbeda dari streamer yang lain.

Jurnalis Game

Jika kamu punya wawasan game yang luas, kemampuan menulis yang baik dan suka mencoba berbagai macam game, menjadi jurnalis game mungkin cocok buat kamu.

Tugas dari jurnalis game ialah mencari berita terbaru seputar game, mereview game, mewawancarai narasumber terkait game, dan menulis informasi yang menarik bagi para gamers.

Skill utama yang harus kalian asah untuk menjadi jurnalis game adalah skill menulis. Kalian dapat mengasah skill ini secara otodidak. Atau jika kalian berkuliah di jurusan Komunikasi, kalian akan mendapatkan mata kuliah tentang menulis berita atau artikel yang baik.

Game Tester

Tentunya developer tidak ingin game ciptaanya penuh dengan bug dan jauh dari kata memuaskan. Nah untuk menghindari itu, developer biasanya merekrut para game tester.

Tugas game tester ialah mencoba game yang masih belum sempurna, dan memberikan masukan kepada developer tentang apa yang harus dibenahi dan diperbaiki agar game tersebut menjadi sempurna.

Untuk menjadi game tester, kamu harus dibekali skill ketelitian yang baik dan kemampuan memainkan game dengan baik. Kamu bisa mencari lowongan sebagai game tester di berbagai website seperti gametester.gg atau website freelancer.

Item Trader

Tahukah kalian beberapa item in-game memiliki nilai dan harga yang dapat berubah sewaktu-waktu? Ibarat nilai saham, beberapa item in-game seperti Dragonclaw Hook di Dota 2 atau Karambit Lore di CSGO harganya dapat naik atau turun. Biasanya naik atau turunnya nilai item dilihat dari tren market dan nilai kelangkaannya.

Nah biasanya para item trader yang cerdas dapat membeli item-item tersebut ketika harganya turun dan menjualnya ketika harga naik. Selain investasi item, para trader juga membuka jasa jual beli item in-game menggunakan mata uang nyata maupun in-game.

Kemampuan membaca pasar yang baik dan koneksi yang luas menjadi syarat dasar menjadi item trader yang baik.

Localization

Kamu suka bermain game dan jago dalam berbahasa asing? Menjadi Localization atau penerjemah game bisa menjadi pilihan karir buat kamu.

Tugas localization adalah menerjemahkan segala teks dan aset yang ada di dalam game. Ibarat developer ingin menambah fitur Bahasa Indonesia ke dalam gamenya, nah tugas kamu sebagai tim localization untuk menerjemahkan game tersebut dari bahasa asing ke Bahasa Indonesia.

Localization kini juga menjadi salah satu posisi yang dicari-cari para developer untuk menjangkau produknya di berbagai negara. Jika kamu tertarik, kamu bisa mencari-cari lowongan pekerjaan sebagai localization di berbagai website freelancer.

Yup itu tadi beberapa pilihan pekerjaan di bidang industri gaming. Bagaimana, tertarik untuk mencoba berkarir di dunia gaming?

Share yuk !