Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Denpasar – Kalian pasti sudah mendengar tentang game New World yang dapat membunuh GPU Flagship saat ini, yakni RTX 3090. Jikalau belum kalian bisa melihat beritanya disini. Secara singkat, gpu tersebut mengalami kerusakan dikarena mengalami over powerdraw.

Tapi apakah benar bahwa game atau program itu bisa membuat pc kalian rusak? jawabannya, ya memang bisa tapi kemungkinannya sangat kecil. Misalnya jikalau ada suatu aplikasi atau game yang bisa masuk ke dalam UEFI dan aplikasi tersebut bisa mengotak-atik kode di dalam EUFI itu, maka kemungkinan besar aplikasi tersebut dapat dengan mudah merusak PC kalian secara permanen. Tenang, UEFI ini memiliki tingkat keamanan yang sangat tinggi dan hampir tidak ada celah sama sekali.

Apa itu UEFI? UEFI singkatan dari Unified Extensible Firmware Interface. Jikalau kalian familiar dengan BIOS (Basic Input/Output System), maka UEFI ini lanjutan dari BIOS. Layaknya BIOS, UEFI ini merupakan sebuah jembatan antara hardware dan software.

Sekarang mari kita anggap bahwa suatu aplikasi atau game tersebut yang berisikan mallware seperti mallware Rowhammer ataupun Power Virus, apa yang terjadi? Singkatnya, ya bisa merusak komponen yang ada di pc kalian secara permanen.

Cara kerja dari Rowhammer virus ini adalah mengakses dari suatu blok dari RAM dan terus mengulanginya hingga chip dari RAM tersebut rusak. Rowhammer virus ini dapat menyerang semua RAM berjenis DRAM, ini berarti DDR, LPDDR, ECC-DDR, SODIM-DDR dapat terkena virus ini.

Sedangkan Power virus, sesuai dengan namanya, virus ini menyerang ke CPU kalian dengan cara memberikan daya yang sangat berlebihan ke CPU kalian, hasil dari virus ini adalah dapat membuat CPU kalian rusak secara permanen. Ini dikarenakan CPU kalian menerima daya listrik yang sangat berlebihan secara terus menerus hingga pada titik tertentu CPU kalian rusak. Power virus ini mirip seperti applikasi Prime45, dimana aplikasi tersebut berguna untuk melakukan stress test ke CPU, hanya bedanya Prime45 masih mengontrol daya yang dibutuhkan CPU agar tidak terjadi hal yang tidak tidak.

Pada akhirnya, program atau game dapat merusak PC kalian walaupun kemungkinannya sangat kecil namun tidak pernah nol. Walaupun sebenarnya PC terbaru saat ini sudah memiliki sebuah fitur pengaman jikalau hal ini benar terjadi.

Share yuk !