Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Bandung – Semenjak E3 untuk 2022 dibatalkan, Summer Game Fest 2022 menjadi acara yang paling dinanti pemain. Terlebih acara yang dibesut oleh Geoff Keighley itu menjadi alternatif E3 untuk mengetahui game yang akan datang. Acara itu telah di-live stream Jumat, 10 Juni 2022 pukul 00:00 WIB.

Mulai dari game indie hingga AAA, horor sci-fi hingga RPG. Summer Game Fest 2022 telah memberi kejutan pagi penontonnya. Trailer, cuplikan gameplay, hingga pengumuman pun tersaji di acara ini.

Begitu banyak pengumuman di Summer Game Fest 2022, sayangnya, semuanya tidak dapat ditulis. Berikut adalah pengumuman game terbesar selama Summer Game Fest 2022 berlangsung, diurutkan dari kemunculan masing-masing.

Aliens: Dark Descent

Aliens: Dark Descent - Summer Game Fest
Aliens: Dark Descent

Satu lagi game berdasarkan franchise Alien telah meluncurkan trailer perdananya di Summer Game Fest. Dibesut oleh Focus Entertainment dan Tindalos Interactive, Aliens: Dark Descent tampaknya akan menjadi game real time strategy.

Trailer perdananya menunjukkan sekelompok pasukan luar angkasa dikepung oleh sekelompok alien ganas bernama Xenomorph. Trailer pun berakhir dengan seorang laki-laki menyelesaikan diari audionya sebelum menyadari ia telah dikepung.

Aliens: Dark Descent - Summer Game Fest
Aliens: Dark Descent mungkin akan menjadi game real time strategy

Sejauh ini belum ada detail lebih lanjut tentang Aliens: Dark Descent. Setidaknya, pemain akan menikmati cerita baru dari game terbaru seri Alien itu.

Aliens: Dark Descent dijadwalkan rilis 2023 di PC, PlayStation 4, PlayStation 5, Xbox One, dan Xbox Series X|S

Fort Solis

Fort Solis - Summer Game Fest
Fort Solis

Tampaknya luar angkasa menjadi latar tempat tren di sebuah game yang akan datang, apalagi dibalut dengan genre horor. Setelah Aliens: Dark Descent dan The Callisto Protocol, satu lagi game sci-fi horor menghadirkan reveal trailer-nya di Summer Game Fest. Game itu adalah Fort Solis.

Fort Solis dibesut oleh sebuah studio game baru di Eropa, Fallen Leaf. Game sci-fi horor itu berlatar tempat di sebuah fasilitas tambang terpencil di Mars. Trailer-nya tidak menunjukkan begitu banyak, terutama gameplay. Setidaknya, pemain dapat merasakan cuplikan adegan mencekam dan penuh misteri.

Fort Solis Troy Baker - Summer Game Fest
Troy Baker memerankan salah satu tokoh utama Fort Solis

Aktor game ternama Troy Baker dan Roger Clark membintangi sebagai karakter utama dalam Fort Solis melalui motion capture.

Fort Solis sudah dipastikan akan datang di PC. Belum diketahui kapan tanggal rilisnya secara pasti.

Stormgate

Stormgate - Summer Game Fest
Stormgate

Game real time strategy satu ini berjudul Stormgate dan dibesut oleh Frost Giant Studios. Frost Giant Studios sendiri merupakan studio besutan mantan pengembang Blizzard Entertainment.

Dalam cinematic trailer-nya, sudah tergambar pertarungan antar dua faksi, human resistance dan Infernal Host. Human resistance digambarkan sebagai sekelompok manusia yang memiliki teknologi canggih, terutama dalam bidang arkeolog. Infernal Host diceritakan sebagai sosok monster demonik. Tentu saja, dua faksi ini hanya sebagian dari beberapa faksi yang akan hadir.

Stormgate - Summer Game Fest
Penampakan Infernal Host di Stormgate

Stormgate diharapkan memiliki mode campaign co-op, open ended co-op, dan juga PvP 3v3.

Versi beta-nya akan hadir 2023. Tidak hanya itu, Stormgate juga akan menjadi game free-to-play. Tim Morten, salah satu pendiri studionya, telah mengumumkan Stormgate tidak akan menjadi game pay-to-win, apalagi menggunakan NFT.

Goat Simulator 3

Goat Simulator 3 - Summer Game Fest
Goat Simulator 3

Pemain langsung teringat pada Dead Island 2 ketika pertama kali melihat trailer-nya di Summer Game Fest. Tampaknya Coffee Stain Studios memanfaatkan momen minimnya kabar tentang Dead Island 2 untuk membuat sebuah parodi. Hasil parodi itu berupa sebuah trailer Goat Simulator 3.

Bukan Goat Simulator 2, melainkan Goat Simulator 3. Pemain tentu saja heran dengan penomoran sekuel dari Goat Simulator itu. Mungkin hal ini mengikuti ciri khas dari Goat Simulator yang konyol dan nyeleneh.

Goat Simulator 3 goats - Summer Game Fest
Para goat siap untuk memicu lebih banyak bencana

Tentu saja pemain mengharapkan gameplay yang konyol dalam sekuel ini. Pemain berperan sebagai goat yang memicu lebih banyak bencana dan kehancuran. Kali ini, Goat Simulator 3 akan memiliki seting tempat di pulau San Angora.

Tidak seru kalau hanya menghadirkan mode single player. Untuk membuat pengalaman gameplay lebih konyol lagi, Goat Simulator 3 juga menghadirkan mode multiplayer hingga empat pemain. Goat pun juga dapat di-“dandani” dengan customization lengkap bersama ability baru.

Goat Simulator 3 akan rilis akhir 2022 di PC, PlayStation 5 dan Xbox Series X|S.

Marvel’s Midnight Suns

Marvel's Midnight Suns - Summer Game Fest
Marvel’s Midnight Suns

Setelah sebelumnya bocor di internet, Summer Game Fest akhirnya menghadirkan satu lagi trailer dari Marvel’s Midnight Suns. Game ini merupakan hasil kolaborasi Firaxis Games dan Marvel Games.

Marvel's Midnight Suns superheroes
Superhero Marvel akan hadir di Midnight Suns

Bergenre tactical RPG, Marvel’s Midnight Suns menghadirkan 12 superhero dari Marvel, di antaranya Spider-Man, Scarlet Witch, Venom, dan Hulk yang muncul di trailer. Pemain sendiri berperan sebagai The Hunter dengan 40 pilihan kekuatan super. Pemain dituntut agar bekerja sama dengan para superhero untuk mengalahkan Lilith, Mother of Demons dan juga Hydra.

Marvel’s Midnight Suns akan hadir 7 Oktober 2022 di PC, PlayStation 4, PlayStation 5, Xbox One, dan Xbox Series X|S. Tanggal rilis versi Nintendo Switch akan diumumkan nanti.

Honkai Star Rail

Honkai Star Rail - Summer Game Fest
Honkai Star Rail

Dari Hoyoverse, pembesut Genshin Impact. Honkai Star Rail merupakan game RPG strategi berseting di dunia seri Honkai. Meski begitu, game ini bukan sebuah sekuel dari Honkai Impact 3rd.

Honkai Star Rail characters
Karakter yang akan hadir di Honkai Star Rail

Honkai Star Rail justru akan menghadirkan versi alternate dari karakter Honkai Impact 3rd, ditambah lagi terdapat beberapa karakter baru. Trailer-nya telah menunjukkan aksi serangan menggunakan pedang dan laser, serta juga sebuah kereta luar angkasa.

Seperti Genshin Impact, Honkai Star Rail juga menghadirkan sistem open world. Pemain akan membentuk tim beranggotakan petarung dengan kemampuan masing-masing dan bertarung dengan sistem turn-based.

Belum diketahui kapan Honkai Star Rail akan rilis. Namun, pemain pastinya bersemangat untuk menantikannya. Terlebih, fase closed beta keduanya sedang berlangsung.

Zenless Zone Zero

Zenless Zone Zero - Summer game Fest
Zenless Zone Zero

Tidak hanya Honkai Star Rail, Hoyoverse juga menampilkan Zenless Zone Zero di Summer Game Fest. Zenless Zone Zero dideskripsikan sebagai game third person urban action futuristik. Trailer yang ditampilkan menunjukkan gameplay dan sistem combat-nya yang berpacu cepat.

Zenless Zone Zero
Zenless Zone Zero hadirkan dunia futuristik

Zenless Zone Zero memiliki seting tempat New Eridu, sebuah dunia futuristik yang penuh konspirasi. Game besutan Hoyoverse itu juga akan menghadirkan beberapa faction masing-masing beranggotakan berbagai karakter unik.

Belum diketahui kapan Zenless Zone Zero akan dirilis. Yang pasti Hoyoverse telah mengatakan game besutannya itu akan rilis di PC, iOS, dan Android.

One Piece Odyssey

One Piece Odyssey - Summer Game Fest
One Piece Odyssey

Franchise anime dan manga besutan Eichiro Oda itu masih dicintai oleh penggemarnya. Beberapa kali One Piece diadaptasi sebagai game oleh Bandai Namco sebagai game fighting dan RPG. Kali ini, Bandai Namco menghadirkan game turn-based RPG berjudul One Piece Odyssey.

One Piece Odyssey Straw Hat Pirates
Seluruh anggota Straw Hat Pirates di One Piece Odyssey

Karakter-karakter favorit dari Straw Hat Pirates dipastikan muncul dalam One Piece Odyssey, seperti yang terlihat pada trailer-nya. One Piece Odyssey akan menghadirkan gabungan dari ekplorasi sandbox dan sistem turn-based battle yang tidak akan membosankan pemain. Ditambah, berbagai karakter baru beserta desain monster didesain oleh Eichiro Oda sendiri.

One Piece Odyssey akan rilis tahun ini di PC, PlayStation 4, PlayStation 5, Xbox One, Xbox Series X|S.

Layers of Fears

Layers of Fears - Summer Game Fest
Layers of Fears

Tampaknya Layers of Fears akan menjadi sekadar antara remaster atau sekuel. Bloober Team, pembesutnya, telah menyatakan Layers of Fears dikembangkan dari pondasi dua entri pendahulunya.

Layers of Fears
Layers of Fears hadir lebih mencekam

Dikembangkan menggunakan Unreal Engine 5, Bloober Team juga ingin Layers of Fears bukan sembarang remaster dari dua game. Dari trailer-nya, game horor psikologis itu tampak berfokus pada berbagai generasi, bukan hanya satu karakter. Ditambah lagi, cerita dan gameplay-nya juga akan semakin diperluas.

Layers of Fears akan meluncur di PC, PlayStation 5, dan Xbox Series X|S pada awal 2023.

The Last of Us: Part 1 Remake

The Last of Us Part 1 - Summer Game Fest
The Last of Us Part 1 Remake

Sempat bocor sebelum dipertunjukan sebagai penutup Summer Game Fest, rumor remake The Last of Us ternyata terbukti benar. Remake tersebut merupakan versi yang dibuat dari awal khusus untuk PlayStation 5. Terlihat dari visual di trailer-nya lebih realistis daripada versi sebelumnya di PlayStation 3 dan PlayStation 4.

The Last of Us Part 1 Comparison
Perbedaan visual The Last of Us Remaster vs Remake

Naughty Dog menjanjikan remake dari The Last of Us itu menghadirkan gameplay lebih modern, dan sistem exploration serta combat lebih mutakhir. Sama sekali tidak akan ada perubahan cerita di remake itu. The Last of Us Part 1 Remake juga sudah termasuk DLC Left Behind, prekuelnya.

The Last of Us; Part 1 Remake akan rilis pada 2 September 2022 di PlayStation 5. Versi PC-nya juga telah diumumkan tanpa tanggal rilisnya. Sementara itu, adaptasi serial televisi garapan HBO dikabarkan telah menyelesaikan proses produksinya.

Naughty Dog juga mengumumkan game multiplayer The Last of Us sedang dalam pengembangan.

Honorable Mentions di Summer Game Fest 2022

Selain kesepuluh game yang telah disebutkan, terdapat lima game yang ikut mencuri perhatian. Mulai dari Street Fighter 6 yang memamerkan karakter Guile beserta gameplay-nya.

The Callisto Protocol merilis trailer yang lebih sadis daripada yang ditunjukan di PlayStation State of Play. Ditambah, cuplikan gameplay The Callisto Protocol juga dipertunjukkan, lengkap dengan cara kematian tokoh utama yang brutal.

Seperti yang dilaporkan sebelumnya, Call of Duty: Modern Warfare II merilis cuplikan gameplay-nya. Gameplay saat menjalankan sebuah misi di teluk Meksiko itu terlihat lebih realistis dan mutakhir.

Baca juga: Call of Duty: Modern Warfare II Akhirnya Rilis Trailer

Trailer terbaru Gotham Knights mempertunjukan karakter Nightwing. Pemain dapat melihat bagaimana Nightwing beraksi menggunakan kemampuan uniknya dalam pertarungan.

Saints Row versi reboot memang sudah dipastikan rilis 23 Agustus 2022, tetapi pemain sudah bisa membuat karakternya sendiri melalui Saints Row Boss Factory sebagai demo. Pemain dapat menyimpan karakter buatannya sendiri dan mempergunakannya nanti saat Saints Row rilis. Saints Row Boss Factory sudah tersedia di PlayStation 4, PlayStation 5, Xbox One, Xbox Series X|S, dan PC.

Itu tadi rangkuman game besar yang terungkap di Summer Game Fest 2022. Game manakah yang menjadi perhatian utama pemain?

Summer Game Fest dipastikan akan kembali tahun depan sebagai event langsung dan virtual! Pemain tentu tidak sabar menantikan persaingan antara Summer Game Fest dengan E3 yang juga diumumkan akan kembali tahun depan.

Share yuk !