Share yuk !

GAMEFINITY.ID Kutai Kartanegara – Game mobile dilaporkan telah menjadi pemasok keuntungan terbesar bagi Activision Blizzard, pada kuartal kedua tahun ini. Jumlahnya sendiri tercatat jauh lebih tinggi, jika dibandingkan dengan pendapatan dari game PC maupun game Konsol mereka.

Mengutip dari laman web TweakTown, game mobile dilaporkan telah mendominasi sebagai pemasok keuntungan terbesar, dari salah satu publisher ternama asal Amerika Serikat, Activision Blizzard. Persentase pendapatannya pun tidak main-main, yaitu sekitar 51 persen, atau lebih dari separuh total pendapatan, pada kuartal kedua tahun ini.

Berdasarkan dokumen keuangan yang baru-baru ini dirilis, publisher tersebut tercatat telah meraup keuntungan sebesar US$831 juta, atau sekitar Rp.12,4 triliun, dari beberapa judul game mobile seperti Diablo Immortal, Call of Duty Mobile, hingga Candy Crush Saga.

Sementara untuk game konsol, telah menghasilkan keuntungan sekitar US$376 juta (Rp.5,6 triliun), yang kemudian diikuti oleh game PC dengan US$332 juta (Rp.4,96 triliun). Selain dari game, Activision Blizzard juga melampirkan keuntungan dari event dan esport mereka, dengan nominal US$105 juta (Rp.1,5 triliun).

“Pada Q2 2022, mobile menghasilkan $831 juta dan menyumbang 51% dari total pendapatan kuartalan.” Tulis artikel TweakTown.

“Mobile (telah) mengalahkan semua segmen lain yang digabungkan termasuk konsol ($376 juta), PC ($332 juta), dan lainnya, yang mencakup distribusi dan pendapatan Overwatch/Call of Duty League ($105 juta).”

Baca juga: Lakukan Peretasan, Owner T-Mobile Terancam 165 Tahun Penjara

Game Mobile Activision Blizzard
Via: TweakTown | Game Mobile Dominasi Pendapatan Activision Blizzard

Candy Crush Saga Jadi Game Mobile Dengan Pendapatan Terbesar

Game mobile memang semakin digemari dalam satu dekade terakhir, dengan genre permainan yang semakin bervariasi.

Meski di ranah mobile terkenal dengan game Call of Duty Mobile, mayoritas pendapatan Activision Blizzard justru berasal dari game kasual besutan King. Dimana dalam laporan, game Candy Crush Saga dan Farm Heroes telah berkontribusi sebesar US$684 juta, dari total pendapatan untuk platform mobile.

“Kontributor terbesar adalah King, yang menghasilkan $684 juta dari total $831 juta pendapatan bersih, atau sekitar 82%.” Imbuh artikel TweakTown

“Sudah mudah untuk melihat mengapa Microsoft ingin membeli Activision sebelumnya, tetapi dengan pertumbuhan pendapatan Mobile seperti ini, insentif (pun) menjadi jauh lebih terlihat.”

Suka dengan artikel ini? Jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya hanya di Gamefinity.id

Share yuk !