Share yuk !

GAMEFINITY.ID, PATI – Bagi kita yang mengerti soal komponen – komponen PC pasti tidak asing dengan yang Namanya VGA atau Video Graphics Adapter. Komponen yang memberikan kemampuan komputer dalam mengolah hal – hal yang berhubungan dengan grafis. VGA sangat berperan penting terutama dalam menjalankan game, aplikasi pengolah gambar dan video, pembuatan animasi dan masih banyak lagi.

Harga VGA yang Terus Naik

Beberapa tahun terakhir ini, harga VGA terus – menerus naik. Banyak faktor yang mempengaruhi hal tersebut. Salah satunya yaitu meledaknya tren mining. Kegiatan ini mengharuskan penggunaan VGA secara besar – besaran. Membuat VGA habis diborong para miner. Hal ini diperparah lagi oleh adanya pandemi yang membuat para produsen VGA sulit dalam memroduksi barang mereka.

Tingginya permintaan dan ketersediaan barang yang terbatas ini lah membuat harga VGA terus meroket. Orang – orang yang ingin membangun PC mereka pun terhalang akibatnya. Ada juga yang memaksa untuk membeli VGA meski harus merogoh kocek yang lebih dalam.

Angin Segar Bagi Pemburu VGA

Namun akhir – akhir ini, para gamer atau mereka yang membutuhkan VGA dapat bernafas lega. Pasalnya harga VGA sudah mulai turun. Toko – toko di beberapa e-comerce pun sudah mulai menyesuaikan harga mereka. Meski harga VGA sudah mulai berangsur turun, tapi masih belum menyentuh MSRP yang seharusnya.

Tetapi janganlah bersedih. 3DCENTER.org, situs survey harga untuk komponen PC di eropa melakukan survey terhadap harga VGA. Hasil survey menunjukan penurunan harga VGA dimulai awal tahun 2022.

VGA
Grafik Penurunan Harga VGA | Source: 3dcenter.org

Bahkan pertanggal 17 April 2022, harga untuk VGA AMD dan NVIDIA hanya lebih mahal 12% dan 19% dari harga MSRP masing – masing. 

Dengan begini ada kemungkinan harga VGA akan menyentuh atau setidaknya mendekati MSRP.

Baca Juga : Gunakan VGA 10 Tahun Silam, Youtuber Ini Main Game AAA di Resolusi 72p

Waktu yang tepat untuk membeli VGA

Lalu apakah ini waktu yang tepat untuk membeli VGA dan mulai membangun PC yang sudah lama kita impikan? Jawabannya kembali kebudget dan kebutuhan kita masing – masing.

Jika kalian memang sedang membutuhkan VGA dalam waktu dekat dan merasa cocok dengan harganya maka tidak ada salahnya untuk membeli.

Tetapi jika kalian dapat sedikit lebih bersabar, mungkin bisa menunggu hingga harga VGA menyentuh harga normalnya.

Share yuk !