Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Ada kabar kurang mengenakan dari Nintendo, harap bersabar bagi yang sudah menunggu unit terbaru yang bakal dirilis kedepannya. Dilaporkan kalau Nintendo saat ini sedang mengalami krisis pada komponen perangkatnya. Tidak hanya pada Nintendo saja, Playstation dan Xbox juga mengalami hal serupa. Sejenak mengingat beberapa waktu lalu TCL memprediksi kalau Playstation dan Xbox akan mendapatkan seri terbarunya pada 2023. Akan tetapi pihak Sony belum mengonfirmasi kapan resmi dirilisnya dikarenakan adanya kelangkaan pada komponen dan defisit pada penjualan beberapa waktu yang lalu.

Baca juga: Playstation 5 Pro Rilis 2023?

Mengalami Kelangkaan, Terpaksa Unit Terbaru Nintendo Ditunda Sampai Setahun Mendatang

Twitter Takashi Mochizuki
pernyataan dari bapak Takashi Mochizuki mengenai penundaan perilisan unitnya ( twitter )

Takashi Mochizuki, dalam keterangan pada Nikkei.com ia menegaskan hingga tahun 2023 mendatang kalau seri terbaru dari Nintendo untuk sementara ini ditunda terlebih dahulu dikarenakan  adanya kelangkaan pada komponen semikonduktor. Sayangnya berita masih belum jelas apakah memang pernyataan dari Nikkei itu sendiri atau murni dari  Presiden Direktur Nintendo itu sendiri. Pada bulan April hingga Juni 2022 Nintendo melaporkan adanya penurunan pendapatan sebesar 15 persen. Kerugian tersebut diperparah dengan masih merebaknya pandemi Corona di Jepang. Akibatnya terjadi masalah dalam penyaluran material bahan untuk dipasok ke bagian produksi perangkat selama tiga tahun terakhir.

Ditengah Penurunan Presentase, Switch Capai Penjualan sebanyak 111 Unit

Nintendo Switch

Pada kuartal pertama tahun Fiskal 2023 ini, yaitu dibulan April sampai dengan Juni 2022 Nintendo melaporkan penjualan unitnya yang mencakup Switch biasa, OLED dan Lite  mencapai 111 juta. Sayangnya presentase penjualannya mulai mengalami penurunan sebanyak 23 persen secara garis besar. Masing – masing unit biasa menurun hingga 60 persen sementara seri lite sebanyak 48 persen. Nintendo tidak memberikan secara pasti berapa presentase dari seri OLED, yang kemungkinan dikarenakan masih sejenis dengan seri biasanya.

Penurunan presentase juga terjadi pada bagian software, dilaporkan mengalami penurunan sebanyak 8,6 persen per kuartalnya menjadi 41,4 juta unit yang sebelumnya berjumlah 45,29 juta unit.

Ternyata dampak pandemi ini berpengaruh cukup besar ya pada dunia games? Jadi buat yang udah menunggu rilisnya Playstation 5 Pro dan Nintendo Switch Pro harus menunggu beberapa tahun lagi saat kondisi stabil.

Share yuk !