Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Rumor panjang terkait pengembangan “Switch Pro” dari Nintendo kembali berhembus. Menurut pemberitaan terkini, Switch Pro akan mulai diproduksi pada bulan Juni. Bloomberg mengklaim bahwa versi Switch yang diperbarui akan berisi layar Samsung OLED 7 inci baru, berbeda dengan layar LCD 6,2 inci dan 5,5 inci dari model standar dan Switch Lite saat ini.

Menurut laporan tersebut, layar baru akan diproduksi oleh Samsung dan akan mulai produksi pada bulan Juni. Perakit akan menerima batch pertama pada bulan Juli. Meskipun layarnya lebih besar, Switch baru akan terus menampilkan konten dalam resolusi 720p dalam mode genggam (handheld), tetapi dapat mendukung tampilan 4K saat dipasang ke dok.

Keputusan untuk tetap menggunakan 720p disinyalir berkaitan dengan masa pakai baterai. Walau begitu, hal ini bisa menyebabkan perselisihan dengan pengembang game, yang jadinya harus bekerja dengan dua resolusi yang sangat berbeda saat membuat game mereka.

“Panel OLED akan mengonsumsi lebih sedikit baterai dan menawarkan kontras yang lebih tinggi, serta waktu respons yang mungkin lebih cepat jika dibandingkan dengan layar kristal Switch saat ini,” kata Yoshio Tamura, co-founder konsultan display DSCC.

Bloomberg menyebut perangkat keras itu mungkin memiliki dimensi yang mirip dengan Switch standar, dengan bezel di sekitar layar diperkecil untuk memenuhi tampilan yang lebih besar. Beberapa outlet media telah melaporkan bahwa Nintendo sedang bersiap untuk meluncurkan perangkat keras Switch baru pada awal 2021 yang memungkinkan menampilkan daya komputasi yang ditingkatkan, dengan dukungan untuk grafik 4K.

Menurut pemberitaan Bloomberg September lalu, Nintendo dilaporkan telah meminta pengembang game untuk membuat game mereka yang sudah ada siap untuk 4K, sebagai persiapan untuk perangkat keras baru. Referensi ke model Nintendo Switch yang ditingkatkan juga ditemukan dalam salah satu pembaruan firmware terbaru konsol, termasuk saran bahwa model baru dapat menampilkan chip yang sama dengan versi Switch lainnya dengan tampilan yang ditingkatkan.

Terkait rumor pengembangan “Switch Pro”, Nintendo dalam beberapa kesempatan telah membantah hal tersebut. Pada publikasi laporan keuangan Januari lalu, Nintendo menyebut masih fokus dalam penjualan Switch yang saat ini masih terus tumbuh. Per akhir 2020 lalu, Nintendo mengklaim penjualan Switch tembus 80 juta konsol di seluruh dunia, atau melampaui rekor dari pendahulunya Nintendo 3DS (76 juta).

Share yuk !