Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Purworejo – Setelah resmi diumumkan bulan lalu, Windows 11 memang baru akan rilis di akhir tahun ini. Hanya saja versi preview build-nya telah tersedia di program Windows Insider.

Kendati demikian, banyak pengguna yang malah mendownload dan menginstal dari ISO yang tersebar di internet. Memang, persyaratan untuk upgrade ke Windows 11 terbilang cukup rumit. Namun, jika kalian melakukan hal yang serupa, sepertinya kalian harus lebih berhati-hati.

Menurut laporan dari Kaspersky, mereka menemukan banyak installer Windows 11 yang tersebar di internet telah disusupi malware. Salah satu contohnya adalah file bernama “86307_windows 11 build 21996.1 x64 + activator.exe”.

Windows 11

Dengan ukuran file sebesar 1,75 GB, ini mungkin akan terlihat meyakinkan mengingat nama filenya juga mirip dengan versi bocoran yang sempat viral sebelumnya. Namun, nyatanya banyak terdapat file DLL yang sama sekali tidak berguna untuk membuat file tersebut terlihat besar.

Saat dibuka, alih alih menginstal Windows 11, isinya malah terlihat seperti installer software biasa. Seperti yang telah diduga, file ini hanya sebagai jembatan untuk mendownload dan menginstal software lain.

Software yang didownload bisa sangat beragam, dari yang hanya sekedar adware, hingga malware trojan bahkan pencuri password. Kaspersky mengatakan bahwa mereka telah menangani ratusan kasus dengan metode serupa yang berkaitan dengan Windows 11.

Jadi, untuk kalian yang tertarik menginstal Windows 11, pastikan dengan cara yang aman seperti dengan program Windows Insider yang telah disediakan Microsoft. Namun alangkah baiknya juga tidak menginstal di komputer/laptop utama kalian, karena kemungkinan masih belum stabil dan terdapat bug.

Share yuk !