Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Salatiga – Setelah kemarin Konami secara tiba-tiba merilis demo PES 2022, nampaknya kejutan dari Konami tidak berhenti sampai situ saja.

Seorang jurnalis game dari VGC Andy Robinson mengungkapkan ada kemungkinan bahwa PES 2022 bakal diubah menjadi game Free to Play alias gratis. 

Lewat podcast Off The Record di channel resmi VGC, Andy menjelaskan bahwa Konami kini sedang melakukan pembenahan dan kini berfokus dalam produksi game.

Salah satu taktik comeback Konami adalah membuat PES 2022 menjadi game Free to Play dan lebih mengutamakan online match layaknya serial FIFA Online milik EA.

Hal ini dibuktikan lewat perilisan demo PES 2022 beberapa waktu lalu dimana Konami ingin benar-benar menguji server dan konektivitas online match PES 2022.

“Konami kini mulai menunjukan tanda-tanda kehidupan. Akan banyak hal baru pada seri PES tahun ini. Saya dengar Konami bakal merombak total PES dan menjadikannya sebagai game Free to Play. Kalian bisa lihat sendiri dari demo yang mereka rilis di Playstation 5.” ujar Andy.

Memang jika dilihat, taktik Konami dalam perubahan PES 2022 kali ini bisa dibilang cukup berani dan riskan.

Para pengamat dan fans pun masih bertanya-tanya bagaimana sistem monetasi dari PES 2022 mengingat mereka juga harus mengeluarkan biaya besar untuk mendapatkan lisensi resmi klub maupun liga.

Namun usut punya usut, ternyata sebelumnya Konami pernah merilis serial PES secara Free to Play alias gratis.

Pada Desember 2020 kemarin Konami meluncurkan eFootball PES 2021 Lite yang bisa dimainkan secara cuma-cuma.

PES 2021 Lite sendiri lebih mengutamakan fitur online MyClub dibandingkan offline. Fitur online match MyClub milik PES 2021 Lite sama persis dengan PES 2021 reguler.

Game mode seperti Master League dan Become A Legend tidak tersedia di PES 2021 Lite. Tim yang bisa dimainkan secara offline hanya terbatas pada tim yang berlisensi seperti Barcelona, Juventus, Arsenal, Manchester United, Bayern Munchen, dan lain-lain.

Keseriusan Konami dalam terjun kembali ke persaingan industri game memang kini terlihat sangat nyata. Selain perombakan besar-besaran pada seri PES, Konami juga berencana untuk menghidupkan kembali serial game horor Silent Hill.

Share yuk !