Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Tak dapat dipungkiri jika teknologi semakin maju dari waktu ke waktu. Seperti pada produk elektronik televisi. Beberapa waktu yang lalu, dalam rangka peningkatan kualitas pada siaran televisi,  secara bertahap Kemkominfo mulai mematikan siaran analog dan menggantinya dengan siaran digital.

Baca juga: Steam Berlakukan Grafik Diagram, Lebih Simpel

Dan efektif per tanggal 5 Oktober mendatang, Wilayah Jabodetabek mulai mendapat gilirannya untuk berganti menjadi siaran Digital. Awalnya rencana ASO yang memiliki kepanjangan  Analog Switch Off ini direncanakan pada tanggal 25 Agustus yang lalu.

Akan tetapi rencana tersebut diundur lantaran Kemkominfo menggunakan skema multiple ASO yang dimulai pada tanggal 30 April hingga batas akhir 2 November. Tidak seperti pada wilayah lainnya yang menggunakan sistem tiga tahap.

Rencananya Analog Switch Off Di Jabodetabek Diberlangsungkan Di 14 Kabupaten/ Kota

Analog dan TV Digital

Akan ada 14 kabupaten/Kota  yang mulai dimatikan siaran analognya, kabupaten/ kota tersebut diantaranya, seluruh kota administrasi Jakarta yang meliputi Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Dan Jakarta Barat, Kepulauan Seribu, Bogor, Bekasi, Kota Depok, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, Dan Tangerang Selatan (Tangsel).

“Per tanggal 5 Oktober secara serempak siaran analog akan dimatikan pukul 12 Malam nanti.” Kata Staf Khusus (Stafsus) Kementerian Komunikasi Dan Informatika (Kemkominfo) Rosarita Niken Widiastuti pada tanggal 23 September.

Baca juga: Tanggal Tayang Perdana Animasi Nier Automata 

Dilansir dari Detikinet, Ia menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat agar mendukung transisi ini berjalan dengan mulus. ” Pertama, kepada seluruh lembaga penyiaran diminta untuk ditingkatkan sosialisasi mengenai manfaat Dan langkah yang harus dilakukan untuk beralih ke siaran digital.” Katanya. 

Rosarita juga menambahkan agar masyarakat yang masih menggunakan televisi analog untuk segera beralih ke televisi digital.

Tujuan diberlakukannya ASO di Jabodetabek adalah mengoptimalkan kualitas siaran mengingat Jabodetabek merupakan Pusat ekonomi digital dan Industri pertelevisian di Indonesia

Kota Selanjutnya Yang Akan Dinonaktifkan Siaran Analognya Setelah Jabodetabek

Melalui pernyataan dari Gerryantika kurnia selaku Direktur Penyiaran kementerian Komunikasi Dan Informatika, Ia mengatakan bahwa kota Selanjutnya yang akan dimatikan siaran Analognya adalah Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Banjarmasin, Medan,  Bali, Palembang, dan Makassar.

Gerry mengatakan bahwa Kemkominfo berusaha untuk mewujudkan peralihan ini secepatnya di seluruh Indonesia. Hal Ini telah diamanatkan melalui pasal 60A Undang – Undang no. 32 tahun 2002 tentang penyiaran. Dan melalui UU no. 11 tahun 2022 tentang cipta kerja bahwa penonaktifan siaran analog diberlakukan paling lambat 2 November 2022.

Menurutnya, keputusan Kemkominfo untuk dimatikannya siaran analog pada tanggal 5 Oktober ini sudah dirasa tepat. Nantinya bagi masyarakat yang kurang mampu, akan dibagikan set top tv secara gratis oleh Pemerintah yang syaratnya bisa kalian Baca di sini.

Kemkominfo akan memberlakukan ASO Ini di 112 wilayah yang meliputi 341 Kabupaten/ Kota di seluruh Indonesia Dan sudah 90 wilayah yang telah dipersiapkan infrastrukturnya sehingga masyarakat dapat beralih ke siaran digital yang jauh lebih jernih Dan baik.

Share yuk !