The Sims 4 Kits: DLC yang Memicu Backlash

Dimas Galih Putrawan, 8 Mei 2022

The Sims 4 Kits: DLC yang Memicu BacklashGamepedia
Banner Ads

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Sejak pertama kali diumumkan dan dirilis pada Maret 2021, kits di The Sims 4 memicu backlash bagi komunitasnya. Banyak dari penggemarnya mengkritik di berbagai media sosial dan forum bahwa pihak EA mengabaikan saran mereka.

The Sims 4 sendiri pertama kali dirilis pada 2014 dengan sambutan beragam. Kritikan dari penggemar meliputi kurangnya konten dan fitur yang telah hadir di seri pendahulunya, terutama The Sims 3. Pihak EA telah konsisten memperbaharui The Sims 4 dengan patch gratis dan DLC, terutama dalam menambah konten yang dirindukan penggemar. Ironisnya, kit menjadi salah satu dari elemen pembaharuannya.

Apa itu Kits di The Sims 4?

Kits merupakan DLC pack berukuran mini yang berisi item furnitur dan baju baru di The Sims 4. Biasanya, item yang masuk dalam sebuah kit mengikuti tema masing-masing. Di Indonesia, setiap kit dibanderol seharga Rp 69.000 di Origin dan Steam.

Tiga kits pertama yang muncul pada Maret 2021 adalah Bust the Dust, Country Kitchen, dan Throwback Fit. Sampai saat ini, terdapat 11 kit yang sudah dirilis. Kits terbarunya, Décor to the Max, rilis pada Maret lalu.

Meski lebih ekonomis daripada stuff pack, penggemar The Sims 4 berkali-kali mengkritik kebijakan adanya kit oleh EA. Kebanyakan dari mereka berkata EA hanya ingin memanfaatkan keuntungan lebih banyak tanpa memahami keinginan penggemar. Terlebih, kit tidak menawarkan sesuatu yang menambah dalam elemen gameplay seperti expansion pack dan game pack.

Baca juga: The Sims 4: My Wedding Stories Akhirnya Dapatkan Patch Bug Fixes!

Belum Kapok! EA Umumkan Dua Kits Baru

The Sims 4 Roadmap May-June 2022
Roadmap untuk The Sims 4 untuk Mei Juni 2022 diumumkan

Pada 3 Mei pukul 22.00 WIB, pihak EA dan Maxis merilis video teaser terbaru bersama dengan roadmap untuk dua bulan ke depan. Lagi-lagi, The Sims 4 akan kedatangan dua kits baru. Tagline atau kemungkinan judul untuk dua kit baru adalah Chic Night Out dan Cozy Night In. Beberapa penggemar tentu menyambut pengumuman ini dengan kekecewaan.

Pada roadmap yang sama, The Sims 4 juga akan kedatangan game pack baru. Tagline-nya adalah Go Wild. Berdasarkan cuplikan suara auman serigala saat bulan purnama, terdapat spekulasi dari pemain dan streamer bahwa werewolf akan menjadi tema game pack terbaru.

Sementara itu, EA juga berencana untuk menambah pronoun (kata ganti) yang bisa diedit pada The Sims 4.

Jika kits untuk The Sims 4 terus dirilis ke depannya, apakah EA benar-benar meraup keuntungan lebih?

Untuk update lebih lanjut tentang The Sims 4, pantau terus Gamefinity. Jangan lupa top up untuk games kesayangan kalian langsung di Gamefinity.id

author avatar
Dimas Galih Putrawan
Thanks for reading. My Gaming Account: Steam: dimaspettigrew Epic Games Store: PTGRW Xbox: PTGRW
Share Artikel:
Banner Ads

Post Terkait: