Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Bandar Lampung – Kingdom War  atau Kingdom War: TD merupakan salah satu game mobile bergaya Tower Defense yang mengambil konsep seperti game Kingdom Rush. Kingdom War dirilis pada Juli 2022 oleh Fansipan Limited. Game ini dapat dimainkan di platform Mobile.

Baca Juga : Review Final Destiny, RPG-Action Dengan Segala Keunggulannya

Sinopsis Kingdom War, Kingdom Rush Free Version Bergaya Anime

Sebuah kisah di dunia fantasi yang lebih dikenal di daerah yang penuh dengan kedamaian antar ras, tempat itu bernama Fortias. Setelah perang besar antara aliansi manusia, elf, penyihir yang bertarung melawan pangeran kegelapan. Perang ini berakhir dengan kemenangan mutlak oleh kalangan raja manusia, dan menumpas seluruh pasukan kegelepan yang ada.

Namun sayang, kegelapan tidak sepenuhnya menghilang, mereka bangkit kembali dengan sisa-sisa pasukan yang ada guna mencari pasukan kegelepan lainnya. Peperangan besar ratusan tahun lalu kini terjadi kembali.

Gameplay (9/10)

Review Kingdom War
Gameplay – Review Kingdom War, Kingdom Rush Free Version Bergaya Anime

Kingdom War merupakan salah satu game Tower Defense yang dapat dimainkan di Mobile. Memiliki mekanisme gameplay seperti Kingdom Rush yang sempat hype pada masanya, dan game ini juga menjadi pelopor game Tower Defense modern saat ini.

Memiliki mekanisme seperti Kingdom Rush dengan sedikit sentuhan tambahan yang menarik. Salah satunya Kingdom War menghadirkan hero-hero yang bisa dibawa ikut terjun untuk mempertahankan base milikmu. Salah satu hero tersebut adalah Lucius, The Exiled Prince yang menggunakan sebuah tombak untuk menyerang.

Kingdom War menggunakan metode permainan berbentuk level stage, dan tentunya setiap stage memiliki tingkat kesulitan yang semakin tinggi stage maka semakin sulit. Kingdom War juga mengusung konsep permainan dengan set up difficult di tiap level-nya, seperti Normal, Nightmare, dan Hell.

Setidaknya memiliki lebih dari 5 tempat atau lokasi yang berbeda. Berbeda baik dari iklim, medan, musuh, hingga tingkat kesulitannya. Pada awal permainan, pemain akan memulia dari sebuah kerajaan bernama Eradel dan lanjut ke pegunungn Doruhl dan seterusnya.

Graphic (9/10)

Review Kingdom War
Graphic – Review Kingdom War, Kingdom Rush Free Version Bergaya Anime

Memiliki visual yang biasa saja, namun hal ini umum untuk ukuran game Tower Defense seperti Kingdom Rush bagi Kingdom War. Walaupun begitu, sedikit kelebihan dan menarik perihal visual yang dibawakan oleh Kingdom War.

Hadir dengan visual 2D dan portrait karakter yang lebih menarik dan jadi aspek unggulan dari game sejenisnya. Memiliki portrait karakter terlebih pada hero yang didesain dengan gaya animasi Jepang atau yang dikenal dengan anime.

Kingdom War menggunakan sudut pandang yang sama dengan Kingdom Rush dan beberapa game Tower Defense lainnya. Menggunakan sudut pandang Top-Down yang menggunakan sedikit sudut kemiringan layaknya 3/4 persfective.

Control (9/10)

Kingdom War yang merupakan game Mobile bertema Tower Defense ini hanya mengandalkan control sentuh pada Touchscreen, baik untuk memindahkan pasukan, eksekusi hero, eksekusi skill, dan perintah lainnya yang menggunakan kontrol ini.

Dapat dipastikan bahwa Kingdom War menghadirkan gameplay yang cukup simple, dilihat dari mekanisme kontrol yang ramah.

Addictive (9/10)

Review Kingdom War
Addictive – Review Kingdom War, Kingdom Rush Free Version Bergaya Anime

Kingdom War merupakan salah satu Tower Deffense yang menghadirkan gaya permainan bermekanisme level stage, dan tiap stage memiliki tingkat kesulitan yang variatif. Walaupun punya tingkat kesulitan yang selalu meningkat, tetap saja Kingdom War memasukan setting difficult pada game-nya.

Sedikit masalah pada mode level stage yang dibawakan, Kingdom War cukup menyulitkan untuk tingkatan level yang lebih rendah dari 20. Jadi jangan heran mengapa musuh-musuh seperti goblin sampai ogre terlalu sulit dikalahkan.

Music (8/10)

Kingdom War sebagai game Tower Defense ini mengambil latar di abad pertengahan, jadi dpaat dipastikan bagaimana musik yang dibawakan oleh game Tower Defense satu ini. Membawakan latar musik dan efek suara yang cukup sinkron dan menarik.

Memiliki latar musik seperti pertempuran pada era kerajaan dunia fantasi abad pertengahan. Latar musik perang yang menegangkan dan cukup memekkan telinga, terlebih lagi efek suara dari dentuman, sentuhan, senjata-senjata yang ada akibat kontra krusial dalam pertempuran.

Kesimpulan

Kingdom War menjadi salah satu Tower Defense yang menarik dan dapat dimainkan di Mobile secara Offline. Berikut kelebihan dan kekurangan dari Kingdom War yang dapat penulis sampaikan.

Kelebihan

Memiliki mekanisme yang lebih simpel dan beberapa settingan atau kontrol tambahan pada game yang memudahkan jalan eksekusi permainan, salah satunya seperti speed permainan yang dapat diatur.

Menghadirkan visual yang cukup jauh berbeda dari game satunya, Kingdom Rush. Kingdom War mengusung visual karakter, baik karakter utama seperti pahlawan atau side karakter dengan gaya ala animasi Jepang. Selain itu, Kingdom Rush sangat ringan dan memiliki user interface yang ramah dan kecepatan memuat yang cukup cepat.

Kekurangan

Sedikit kekurangan dari Kingdom War yang dapat penulis sampaikan di artikel ini. Kingdom War sebagai Tower Defense di Mobile memiliki tingkat kesulitan yang lebih dari cukup menyulitkan, bahkan pada level rendah sekalipun. Namun hal ini menjadi dya tarik untuk mencoba berbagai strategi dan menghabiskan daya baterai perangkat kamu.

Untuk Kingdom War, Total Score yang dapat penulis berikan adalah 8,8.

Sekian Review Kingdom War yang dapat penulis sampaikan.

Update informasi menarik lainnya seputar review game hanya di Gamefinity. Gamefinity.id menyediakan jasa pengisian top up dan voucher game dengan cara yang mudah dan pastinya terjangkau.

Share yuk !