Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Yogyakarta – Monster Hunter Portable 3rd adalah seri Monster Hunter yang dirilis pada 1 Desember 2010 untuk PSP. Game ini kemudian juga dirilis untuk PS3 pada 25 Agustus 2011 dengan peningkatan di bidang visualnya. Pada minggu pertama perilisannya di Jepang, game ini mampu terjual hingga 2,1 juta copy dan menjadi game monster Hunter paling sukses pada saat itu.

Sayangnya, Capcom selaku pengembang dari seri Monster Hunter tidak pernah merilis versi global untuk Monster Hunter Portable 3rd secara resmi.  Namun, versi patch bahasa inggris buatan fans untuk game ini telah tersedia dan bisa kita temukan dengan mudah di internet.

Monster Hunter Portable 3rd mempunyai komunitas yang terbilang cukup besar, bahkan sampai sekarang. Kita masih bisa menemukan banyak player memainkan game ini sampai saat ini. Bahkan, kita bisa memainkan game ini secara online dan melawan monster bersama-sama sampai 4 orang pemain menggunakan emulator PPSSPP berkat server yang disediakan oleh hunterverse.

Monster Hunter Portable 3rd
Monster Hunter Portable 3rd
Genre Action-RPG
Developer Capcom
Platform PSP, PS3
Durasi Gameplay 41 Jam, 126 Jam untuk 100% Complete

Gameplay Monster Hunter Portable 3rd (9/10)

Monster Hunter Portable 3rd
Monster Hunter Portable 3rd gameplay

Monster Hunter Portable 3rd mempunyai mekanik yang kurang lebih sama dengan seri Monster Hunter lainnya. Game ini menggunakan elemen Action-RPG dengan Main Quest dan Side Quest yang sangat banyak. Sama seperti namanya, Monster Hunter Portable 3rd , mempunyai inti gameplay berburu Monster untuk mendapatkan looting yang beragam yang bisa digunakan untuk upgrade senjata maupun armor.

Ada total 12 tipe senjata berbeda yang bisa kita pakai di game ini. Senjata tersebut adalah Sword and Shield, Dual blade, Long Sword, Great Sword, Hammer, hunting Horn, Lance, Gunlance, Switch axe, Light Bowgun, Heavy Bowgun, dan juga Bow.

Setiap senjata memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing, misalnya saja Great Sword memiliki advantage damage yang lebih besar, namun dengan pola serangan yang lambat. Kita bisa memilih salah satu dari 12 senjata tersebut tergantung playstyle yang ingin kita mainkan.

Monster Hunter Portable 3rd
Monster Hunter Portable 3rd gameplay 2

Untuk variasi monsternya, ada 60 jenis monster berbeda yang terdapat di game ini. 20 Monster diantaranya adalah jenis baru yang belum ada di seri sebelumnya seperti MH Freedom 2nd dan MH Freedom Unite. Salah satu monster baru tersebut adalah Zinogre, monster dengan elemen listrik yang juga merupakan signature monster untuk game ini.

Jika dilihat dari tingkat kesulitannya, game ini mempunyai difficulty yang lebih rendah daripada Monster Hunter Freedom Unite. Move dari para monsternya juga tidak seagresif para monster dari MH Freedom Unite, yang membuat game ini lebih nyaman untuk dimainkan terutama bagi para pemain yang baru mencoba game Monster Hunter.

Selain berburu Monster, kita juga bisa melakukan aktivitas lainnya seperti mencari looting, memancing, mining, dan menangkap serangga. Selain itu, kita juga diberikan lahan khusus di desa yang bisa kita upgrade untuk kebutuhan seperti menanam tumbuhan, menangkap serangga, menjaring ikan, bahkan membakar daging dan ikan mentah untuk bisa dimakan.

Visual dan Musik (9/10)

Monster Hunter Portable 3rd
Monster Hunter Portable 3rd visual & Musik

Untuk seukuran game PSP, Monster Hunter Portable 3rd mempunyai visual yang cukup unggul dibandingkan game-game lainnya. Konsep dan suasana pedesaan Jepang yang diambil untuk desa di game ini juga cukup menarik dan nyaman untuk dilihat.

Kita bahkan bisa melakukan aktivitas seperti berendam air panas, yang berguna untuk meningkatkan health bar kita. Untuk bisa mendapatkan hal tersebut, kita perlu menyelesaikan beberapa side quest di pemandian air panas tersebut.

Baca Juga: Review Final Fantasy Type-0, Seri FF Terbaik Untuk PSP

Monster Hunter Portable 3rd
Monster Hunter Portable 3rd visual

Game ini juga menggunakan icon-icon Monster baru yang berbeda dari game Monster Hunter sebelumnya. Dari segi map-nya sendiri, game ini mempunyai beberapa variasi map berbeda yang cukup indah dan variatif dari segi visualnya. Banyak tempat-tempat yang indah untuk dijelajahi dan banyak variasi looting yang bisa kita dapatkan.

Untuk musiknya sendiri, tidak ada perbedaan yang signifikan dari game ini dengan game-game Monster Hunter sebelumnya. Namun, karena desa game ini mempunyai tema pedesaan Jepang, maka backsound musik yang dipakai juga khas dengan tema musik Jepang. Selain itu, monster-monster mayor seperti qurupeco dan zinogre juga mempunyai SFXnya sendiri yang bisa kita dengarkan dan menjadi tanda bahwa di area tersebut ada Monster tersebut yang sedang menunggu.

Kontrol (8/10)

Monster Hunter Portable 3rd
Monster Hunter Portable 3rd kontrol

Untuk segi kontrolnya, game ini tidak mempunyai perbedaan dengan seri Monster Hunter sebelumnya yang berada di PSP. Saat melakukan eksplorasi. D-Pad digunakan untuk mengubah angle camera dan Analog untuk bergerak. Tombol R digunakan untuk berlari dan L untuk mengganti item di inventori kita. Tombol Square digunakan untuk melakukan looting pada area maupun monster serta untuk menggunakan item yang berada di inventori kita.

Kita bisa masuk battle mode dengan menekan tombol Triangle. Kontrol pada mode battle tergantung pada senjata apa yang kita pakai. Misalnya saja saat menggunakan Long Sword, tombol Triangle dan Circle digunakan untuk menyerang, dan tombol R digunakan untuk melakukan combo. Cross atau X digunakan untuk melakukan dotch serangan dan Square untuk beralih ke mode eksplorasi.

Addictive (9/10)

Monster Hunter Portable 3rd
Monster Hunter Portable 3rd addictive

Meskipun tidak mempunyai cerita dan gameplay yang juga cukup sederhana, yaitu berburu monster untuk mendapatkan loot yang bisa kita gunakan untuk upgrade equipment dan berburu monster yang lebih tinggi. Monster Hunter Portable 3rd terbilang mempunyai gameplay yang cukup membuat kita betah untuk memainkannya selama berpuluh-puluh jam.

Variasi quest dan monster yang beragam membuat game ini sangat seru untuk dimainkan berulang-ulang. Pilihan senjata yang banyak juga membuat kita bisa memilih playstyle mana yang paling kita suka dalam menamatkan game ini. Adanya fitur online co-op sampai 4 pemain juga membuat game ini banyak diminati bahkan sampai sekarang.

Kesimpulan Untuk Monster Hunter Portable 3rd

Monster Hunter Portable 3rd
Kesimpulan

Monster Hunter Portable 3rd merupakan seri Monster Hunter kelima sekaligus terakhir untuk platform PSP. Game ini menghadirkan sisi gameplay yang sederhana dan penuh kebebasan dalam memainkannya. Jika rata-rata game RPG itu mempunyai pembawaan story yang kuat dan kompleks, Monster Hunter Portable 3rd menghadirkan sisi gameplay yang bervariatif dan cocok untuk dimainkan berulang-ulang.

Kesederhanaan gameplay-nya namun dengan tingkat kesulitan yang lumayan tinggi membuat game ini diminati banyak orang dan menjadi salah satu game wajib untuk platform PSP. Karena hal itulah, saya selaku reviewer untuk game ini memberikan score akhir untuk Monster Hunter Portable 3rd dengan 9.0.

Update informasi menarik lainnya seputar review game hanya di Gamefinity. Gamefinity.id menyediakan jasa top up dan voucher game dengan cara yang mudah dan pastinya terjangkau.

Share yuk !