Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Bandar Lampung – The IDOLM@STER Shiny Festa merupakan salah satu Idol-Rhythm keluaran franchise The iDOLM@STER, bawaan BANDAI NAMCO Studios. The IDOLM@STER Shiny Festa dirilis pada Oktober 2012. Hadir untuk Platform IOS, Playstation 4, dan Playstation Portable.

Baca Juga : Seputar Pretty Rhythm, Franchise Idol Sepuhnya Aikatsu

Sinopsis The IDOLM@STER Shiny Festa, Jadi Produser Agensi Bakat 765

765 Production merupakan salah satu agensi bakat tempat sang MC bekerja sebagai produser, dan diundang berpartisipasi dalam festival musik. Sayangnya hanya beberapa anggota agensi saja yang bisa hadir.

Dalam series The IDOLM@STER Shiny Festa beberapa karakter seperti Miki Hoshi, Yukiho Hagiwara, Makoto Kikuchi, dan Takanae Shijou membentuk Idol grup terpilih untuk hadir dalam series franchise ini.

Gameplay (9/10)

The iDOLMASTER Shiny Festa
Gameplay – The IDOLM@STER Shiny Festa, Jadi Produser Agensi Bakat 765

The IDOLM@STER Shiny Festa menjadi salah satu Idol-Rhythm yang cukup menarik dan wajib kamu coba sebagai penggguna konsol, terlebih lagi Playstation Portable. Game yag cukup menarik dan hadir bersamaan dengan konsep gaya permainan yang tidak hanya fokus pada satu pembawaan.

The IDOLM@STER Shiny Festa dibawakan dengan 3 fokus permainan yaitu, Contest, Theater, dan Stage. Mode Contest merupakan mode dimana pemain bisa melihat alur cerita berupa video Anime dari series ini yang setidaknya ada 4 Chapter untuk ditonton.

Mode Theater, sesuai dengan namanya. Mode Theater merupakan mode pertunjukan Auto yang disini pemain dapat menonton penampilan perform member Ritsuko Akizuki dalam acara Rhythmic Record. Dalam mode ini, pemain dapat mengatur setup bagaimana video perfomr akan di tampilkan.

Terakhir adalah Stage. Stage merupakan mode utama dalam permainan yang dapat di eksekusi penuh oleh pemain. Stage merupakan mode playable, yang dimana pemain dapat memainkan musik-musik dari franchise The IDOLM@STER. Memiliki tampilan yang cukup baik dan simpel, serta penuh dengan aksara Jepang.

Itulah ketiga Main Mode di game The IDOLM@STER Shiny Festa. Beberapa mode lainnya merupakan mode yang umum seperti, Backstage, Shop, dan lain-lain.

Graphic (9/10)

The iDOLMASTER Shiny Festa
Graphic – The IDOLM@STER Shiny Festa, Jadi Produser Agensi Bakat 765

The IDOLM@STER Shiny Festa hadir dengan visual yang cukup keren dan menarik. Visual yang tergambarkan cukup realistis, terlebih paa Perform Video dari game ini. Perfotm Video yang cukup banyak dan keren. Terakhir yang ditambah dengan scene video Anime yang pas sebagai pelengkap cerita.

Perform Video yang hadir dengan sentuhan 3D ber CGI, sudah lebih dari cukup. Hadir dengan penempatan ekspresi dan gesture yang tepat berdasar komposisi lagu yang dimainkan. Selain itu, The IDOLM@STER Shiny Festa hadir dengan User Interface yang sangat ramah dan tidak membingungkan.

Control (9/10)

The iDOLMASTER Shiny Festa
Control – The IDOLM@STER Shiny Festa, Jadi Produser Agensi Bakat 765

Memiliki mekanisme kontrol yang cukup menarik, The IDOLM@STER Shiny Festa merupakan salah satu franchise Idol yang dapat dimainkan di konsol portable, Playstation Portable. Karena game ini menghadirkan produknya di konsol, sudah dipastikan ada beberapa kontrol yang dapat di ulas disini, terlebih lagi untuk Playstation Portable.

Kontrol yang berfungsi untuk perintah eksekusi penekanan not atau ikon pada tiap permainan. Hadir dengan 3 jenis ikon dan 1 target. Ikon tersebut seperti, Ikon kiri yang berwarna biru, ikon kanan yang berwarna merah, ikon hijau sebagai dorongan stimultan, dan ikon kuning sebagai target.

Sesuai dengan jenisnya, tiap ikon memiliki aturan kontrol tersendiri. Ikon biru dieksekusi dengan menekan salah satu dari kontrol D-pad bagian kiri, sedangkan ikon merah dapat dilakukan dengan menekan kontrol salah satu dari keempat yang ada pada bagian kanan. Untuk ikon hijau atau dorongan stimultan, dapat di eksekusi bersama dengan penekanan kedua kontrol kanan dan kiri. Jangan lupa, dalam game ini juga hadir dengan fitur kontrol Hold.

Addictive (8/10)

The iDOLMASTER Shiny Festa
Addictive – The IDOLM@STER Shiny Festa, Jadi Produser Agensi Bakat 765

The IDOLM@STER Shiny Festa hadir dengan  tingkat adiktif yang cukup tinggi. Mengingat bahwa kebanyakan game Idol-Rhythm punya tingkat adiktif yang lumayan, hal itu turut berlaku untuk The IDOLM@STER Shiny Festa.

Game Idol yang cukup menarik dan hadir dengan cukup baik. Baik dari pembawaan mekanisme hingga lagu yang tersedia. Semuanya keren. Hanya saja ada beberapa harapan dari series ini yang tidak sesuai dengan jangkauan para pemain.

Walaupun hadir dengan cukup baik, The IDOLM@STER Shiny Festa game ini juga hadir bukan tanpa sedikit masalah pada adiktifnya. Punya tingkat adiktif yang cukup tinggi bukan berarti game tersebut sepenuhnya menyenangkan. Pemain dipaksa untuk terus bermain dan meningkatkan stats para personel, game yang masih mengusung gaya grinding resource untuk upgrade sana sini demi dapatkan peringkat SS.

Music (10/10)

The IDOLM@STER Shiny Festa, series dari salah satu franchise terkenal ini tidak usah diragkan dalam urusan pemilihan musik. Hadir dengan berbagai macam musik yang menarik dan memiliki nuansa yang berbeda-beda. Selain itu, sinkronisasi Perform Video dengan musik yang sempurna, walau ada sedikit miss pada ekspresi personel.

Kesimpulan

The IDOLM@STER Shiny Festa menjadi salah satu series menarik dari franchise The IDOLM@STER. Berikut kelebihan dan kekurangan The IDOLM@STER Shiny Festa yang dapat penulis sampaikan.

Kelebihan

Hadir dengan mekanisme dan gameplay yang keren dan juga menarik. The IDOLM@STER Shiny Festa menjadi salah satu Idol yang ramah perangkat dan dapat dimainkan juga di emulator atau Playstation Portable.

Jika diperhatikan, The IDOLM@STER Shiny Festa mengusung interface yang mirip dengan Bandori. Bukan berarti The IDOLM@STER Shiny Festa melakukan tindak plagiarisme dari produk Bandori, hanya saja kebanyakan game Idol-Rhythm dibawakan dengan interface yang tidak jauh berbeda. Dapat dibilang, interface seperti ini merupakan gaya default untuk game Idol-Rhythm lainnya.

Kekurangan

Sedikit kekurangan dari The IDOLM@STER Shiny Festa yang dapat penulis berikan pada ulasan kali ini. The IDOLM@STER Shiny Festa hadir dengan musik yang terbatas, hanya tersedia setidaknya 21 musik yang dapat dimainkan.

Kemudian, The IDOLM@STER Shiny Festa tidak menghadirkan musik-musik hasil coveran. Jadi dapat dipastikan bahwa The IDOLM@STER Shiny Festa hanya menghadirkan musik-musik original saja dalam permainan.

Untuk The IDOLM@STER Shiny Festa, Total Score yang dapat penulis berikan adalah 9.

Sekian Review The IDOLM@STER Shiny Festa yang dapat penulis sampaikan.

Update informasi menarik lainnya seputar review game hanya di Gamefinity. Gamefinity.id menyediakan jasa pengisian top up dan voucher game dengan cara yang mudah dan pastinya terjangkau.

Share yuk !