Share yuk !

GAMEFINITY.ID, JAKARTA – Ingin mengikuti jejak Samsung dengan Exynosnya, Salah satu anggota dari BBK Group Oppo dikabarkan akan memproduksi chipset mereka sendiri. Kabar chipset yang akan dibuat oleh Oppo ini telah dikonfirmasi oleh Ice Universe bahwa sekitar tahun 2024 Chipset tersebut siap untuk diluncurkan.

Oppo Perkenalkan Custom Chipset MariSilicon X Dan Bluetooth Chip MariSillicon Y

Oppo MariSilicon Y chipset
Chipset MariSilicon Y direncanakan akan digunakan pada perangkat Bluetooth nirkabel mereka

Melansir dari GSM Arena, melalui postingan yang diunggah melalui Twitternya bahwa Oppo tengah merekrut ribuan orang untuk mengembangkan proyek tersebut. Detail lengkap mengenai pengembangan Chipset tersebut sampai saat ini masih belum diketahui secara pasti dikarenakan informasi yang didapat masih terbatas.

Baca juga: SoC Apple A17 Bakal Irit Baterai?

Berdasarkan Informasi yang didapatkan sementara ini, Oppo memperkenalkan dua varian custom chipset mereka yang dinamai MariSilicon X dan MariSilicon Y. MariSilicon X merupakan NPU Imaging yang akan digunakan pada Oppo Find X5 dimana pengguna dapat mengambil foto dan video di tempat yang minim akan cahaya tidak memengaruhi kualitas sehingga tetap jernih.

Sementara pada MariSilicon Y walaupun belum dirilis untuk umum, chipset ini akan digunakan untuk perangkat Bluetooth nirkabel mereka. Fitur yang akan diperkenalkan oleh Oppo adalah menjanjikan suara yang lossless sebanyak 24 bit/192KHz yang memnungkinkan pengguna menikmati pengalaman audio secara spasial.

Saat itu baik MariSilicon X dan MariSilicon Y diperkenalkan melalui event OPPO INNO Day 2022 yang diselenggarakan secara online pada 14 Desember 2022 yang lalu.

Berbasis ARM Yang Menggunakan GPU Mali Dan CPU Cortex

Detail selanjutnya yang didapat, chipset MariSilicon X dan MariSilicon Y diperkirakan akan menggunakan arsitektur berbasis Advanced RISC Machine (ARM) dengan GPU Mali dan CPU Cortex. Belum ada informasi bahwa perusahaan mana yang akan menggaet pengembangan chipset tersebut. Namun Oppo sendiri telah bermitra dengan pabrik TSMC untuk memproduksi chipset MariSilicon X tersebut.

Kabar mengenai dibuatnya Chipset Oppo ini sudah dirumorkan setahun yang lalu bahwa perusahaan ini tertarik untuk membuat Chipset dengan fabrikasi 3nm TSMC. Sebelumnya pada beberapa waktu yang lalu, Samsung dikabarkan juga akan meregenerasi chipset mereka dengan memensiunkan Exynos dan akan digantikan dengan performa yang jauh lebih kencang dari pendahulunya.

Namun hingga saat ini belum ada info detail kapan chipset tersebut diproduksi secara massal. Dirumorkan Chipset terbaru Samsung ini akan digunakan pada varian Galaxy S25.

Share yuk !