Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Jakarta – Tahun 2021 akan menjadi tahun transisi dari konsol milik Sony, PlayStation. Meski sudah meluncurkan konsol generasi berikutnya, PlayStation 5 masih minimnya persediaan produk membuat tak semua gamer bisa memainkan konsol canggih tersebut. Tak heran apabila beberapa game yang sebelumnya diduga akan menjadi ekslusif dari konsol generasi berikutnya, akhirnya dirilis juga di konsol generasi terakhir, PlayStation 4.

Beberapa game yang dikonfirmasikan keluar pada 2021 belum memiliki tanggal rilis secara spesifik. Ya, pandemi COVID-19 yang belum mereda memang membuat developer maupun publisher tidak terlalu berani memastikan tanggal rilis dari game garapannya. Maklum saja, pengalaman yang dialami Cyberpunk 2077 nampaknya memang menjadi pelajaran bagi para pengembang dan penerbit.

Dikutip dari The Gamer, berikut 10 judul game yang akan keluar tahun ini, namun belum memiliki tanggal rilis.

Ratchet & Clank: Rift Apart

Ini akan menjadi game pertama dalam serial Ratchet & Clank sejak reboot 2016 di PS4. Layaknya game Insomniac lainnya yang menggunakan engine yang sama, Spider-Man, para penggemar juga sudah menantikan game terbaru dari Ratchet & Clank. Semoga saja, kendala yang ditunjukkan di demo akan berjalan mulus di produk akhir. Ratchet & Clank: Rift Apart akan menjadi game eksklusif dari PS5.

God of War: Ragnarok

“Ragnarok akan datang.” Itulah satu-satunya hal yang diungkap dalam teaser trailer untuk game ini selain simbol Omega dan 2021. Setelah serial terakhir yang dirilis pada 2018 di PS4, maka sudah tiga tahun fans menantikan game terbaru dari franchise ini. Belum ada banyak informasi terkait game ini, God of War: Ragnarok (judul masih tentatif) juga eksklusif untuk PS5.

Horizon Forbidden West

Game pertama, Horizon Zero Dawn, sudah ada sejak tahun 2017. Sayang, game ini dianggap terbayangi dari kesuksesan Nintendo merilis Switch dan The Legend of Zelda: Breath of the Wild. Padahal game ini menjanjikan gameplay yang menarik untuk para penggemar action RPG. Berbeda dengan dua game di atas, Horizon Forbidden West akan hadir di PS4 dan PS5.

Gran Turismo 7

Gran Turismo terkenal sering mengalami penundaan sepanjang sejarahnya sebagai franchise PlayStation. Seri terakhir Gran Turismo Sport tahun 2017 direspon dengan baik namun tidak sebanyak game sebelumnya. Gran Turismo 7 akan menjadi game eksklusif PS5 lainnya.

Ghostwire: Tokyo

Meskipun Microsoft telah membeli Bethesda, perusahaan tetap berjanji bahwa Ghostwire: Tokyo masih akan menjadi eksklusif Sony saat diluncurkan. Walau begitu, menurut rumornya Ghostwire: Tokyo juga akan dirilis di PC bersama dengan PS5, sehingga Microsoft tidak benar-benar keluar dari platform.

Ini akan menjadi game Tango Gameworks pertama sejak The Evil Within 2 (2017). Ghostwire: Tokyo sangat berbeda dari game seri sebelumnya secara keseluruhan, tetapi berdasarkan rekam jejak studio, game ini rasanya layak dinanti.

Kena: Bridge of Spirits

Kena: Bridge of Spirits seharusnya keluar saat peluncuran untuk PS5, November lalu. Bahkan, mungkin sudah seharusnya ada di PS4 sebelum itu. Namun, game tersebut mengalami penundaan dari tahun 2020 menjadi Q1 2021. Jika tidak ada kendali lainnya, game tersebut harusnya bisa dirilis paling lambat akhir Maret.

Bagi yang belum mengetahuinya, game ini akan menjadi game pertama Ember Lab, yang sebelumnya dikenal sebagai pembuat Majora’s Mask: Terrible Fate, film pendek yang populer bagi para penggemar Zelda. Kena: Bridge of Spirits akan hadir di PS4, PS5, juga PC.

F.I.S.T: Forged In Shadow Torch

F.I.S.T .: Forged In Shadow Torch akan menjadi game debut Shanghai TiGames Network Technology Limited. Game ini akan memiliki genre Metroidvania yang dibintangi kelinci dan diperkuat perangkat tambahan mekanik untuk menghentikan invasi robot. F.I.S.T .: Forged In Shadow Torch akan hadir di PS4, PS5, dan PC. Trailer terbaru di 2020 Game Awards mengatakan game ini akan rilis pada musim semi 2021, meskipun tanggal pastinya belum diumumkan.

Resident Evil Village

Setelah Capcom mengalami peretasan yang mengakibatkan banyak data internal perusahaan yang bocor, termasuk proyek-proyek masa depan dari Capcom, hacker membocorkan game yang akan menjadi RE8 ini akan rilis pada April 2021. Walau begitu Capcom hingga saat ini belum mengonfirmasi tanggal pasti dari Residen Evil Village.

Tidak adanya tanggal resmi dari Resident Evil Village cukup aneh, mengingat sejak Resident Evil VII, setiap pengungkapan serial game ini selalu memiliki tanggal, atau setidaknya bakal terungkap di trailer berikutnya. Game ini sendiri sudah merilis dua trailer pada tahun lalu, meski belum juga memiliki tanggal pasti.

Rencananya Resident Evil Village akan diluncurkan di PC, PS5, dan Xbox Series X, meski Produser Resident Evil Village, Tsuyoshi Kanda sempat mengungkap peluang game ini akan dirilis di konsol generasi terkini, PS4 dan Xbox One.

Gotham Knights

Game ini akan menjadi game pertama dari WB Games Montreal sejak Batman: Arkham Origins pada 2013. Namun, studio tersebut mengerjakan paket DLC untuk Batman: Arkham Knight yang dirilis pada 2015. WB Games Montreal sempat melemparkan kode bahwa game ini akan dirilis pada Juli 2021.

Gotham Knights akan fokus pada co-op dan mengambil latar waktu setelah kematian Batman. Gamer akan berperan anak didik sang Dark Knight: Nightwing, Batgirl, Robin, dan Red Hood untuk memberantas kejahatan di Kota Gotham dan mengungkap organisasi gelap, The Court of Owls. Game ini akan datang ke konsol PC dan PlayStation, serta Xbox.

Dungeons & Dragons: Dark Alliance

Dungeons & Dragons: Dark Alliance adalah game lain tertunda di tahun 2020. Tidak banyak dari game yang benar-benar ditampilkan sejak trailer awal CG 2019-nya. Bahkan platformnya masih menjadi misteri, meski diprediksi akan dirilis di PC dan konsol. Bisa diduga Dungeons & Dragons: Dark Alliance akan menjadi game RPG aksi seperti game-game sebelumnya.

Share yuk !