Share yuk !

GAMEFINITY.ID, Jakarta – NYK Nemesis, salah satu brand gaming gaming peripherals dan aksesoris di Indonesia kembali mengirimkan produk terbaiknya untuk diulas tim redaksi Gamefinity.id. Produk yang dikirimkan kali ini ialah headset gaming bernama HS-E12 AKKADIA. Sebelumnya, kami juga sudah melakukan review produk NYK mulai dari gamepad, headset stand, hingga gaming set. Warga Gamefinity bisa cek review kami sebelumnya sebagai referensi apabila ingin membeli gaming gear dengan harga terjangkau dari NYK.

NYK HS-E12 AKKADIA merupakan headset gaming yang telah dilengkapi dengan driver 50mm, 4 Mode RGB Lightning (RGB Running Mode, Fixed RGB Mode, Breathing Mode dan 7 Color Breathing Mod), serta earmuff yang nyaman dan mendukung pengalaman bermain game lebih nyaman. Headset ini dilengkapi dengan mikrofon berteknologi Electronic Noise Cancelling.

Untuk lebih jelasnya, langsung saja kita simak pembahasan ala Gamefinity berikut.

Desain

Kesan pertama yang kami dapatkan saat unboxing produk NYK Nemesis HS-E12 AKKADIA adalah ringkas dan sederhana. Di dalam box tidak terdapat buku petunjuk maupun catatan keterangan lainnya, hanya headset yang sudah terbungkus rapi. Secara sepintas tidak ada yang terlalu istimewa dari desain yang dimiliki HS-E12 AKKADIA. Dengan warna hitam yang memang standar dari produk-produk NYK.

NYK Nemesis HS-E12 AKKADIA (foto: zal/gamefinity.id)

Kesan gaming terlihat dengan keberadaan RGB light di sisi headset. Terdapat 4 mode RGB lightning, yakni Running, Fixed, Breathing dan Color Breathing. Logo NYK Nemesis berwarna putih tercetak jelas di sisi kiri dan kanan headset, dengan bahan doff hitam dan earpad doff agak abu-abu melengkapi desain dari HS-E12 AKKADIA ini.

NYK Nemesis HS-E12 AKKADIA (foto: zal/gamefinity.id)

Headset ini juga dilengkapi dengan headband yang terbuat dari kulit. Dengan bobot yang relatif ringan (sekitar 320 gram) headset ini nyaman untuk digunakan dalam sesi gaming yang panjang. Terdapat besi penahan melingkari headband yang memudahkan penggantungan headset. Dibagian headband ini juga NYK menambahkan nama brand NEMESIS serta list jahitan berwarna hitam.

Fitur

NYK HS-E12 AKKADIA memiliki kabel dengan panjang 2,2 meter, dan tipe interface usb 2.0 yang sudah dilapisi emas (gold plated). Kabel yang digunakan di NYK HS-E12 AKKADIA masih kabel biasa, tidak terlalu kaku dan dilapisi karet.

NYK Nemesis HS-E12 AKKADIA (foto: zal/gamefinity.id)

NYK HS-E12 AKKADIA memiliki audio kontrol in-line dengan kabel headset. Hal ini memudahkan pengguna untuk mengatur besarnya volume, tanpa harus repot-repot mencari scroll yang pada umumnya terletak di bagian belakang earphone. Selain untuk mengatur volume, audio kontrol ini juga berfungsi untuk mengaktifkan/nonaktifkan mic, mengganti warna LED, serta mengaktifkan mode ENC.

NYK Nemesis HS-E12 AKKADIA (foto: zal/gamefinity.id)

Mode terakhir itu merupakan fitur utama dari NYK HS-E12 AKKADIA. Electronic Noise Cancelling (ENC) secara sederhana adalah fitur untuk mengurangi suara yang masuk kedalam headphone/mic. Hal ini berfungsi apabila gamer bermain di ruangan yang penuh dengan gamer lain, sehingga gamer tidak terganggu oleh suara-suara sekitar dan bisa lebih fokus dengan permainan.

Fitur Noise Cancelling ini diklaim sebagai teknologi yang tidak mengganggu suara headphone atau earphone itu sendiri. Terdapat dua jenis Noise Cancellation, Active dan Passive. Active akan lebih meredam suara di luar sehingga terfokus pada suara in game dan komunikasi antar sesama gamer.

NYK Nemesis HS-E12 AKKADIA (foto: zal/gamefinity.id)

Terkait mikrofon, NYK HS-E12 AKKADIA memiliki mikrofon undetachable yang fleksibel, dengan sensitivitas 42 ± 3dB. Impedansi mikrofon sebesar 2.2KΩ.

Pengalaman

Selain mencoba headset NYK HS-E12 AKKADIA dengan memainkan game Resident Evil 7: Biohazard, penulis juga menggunakan headset ini untuk mendengarkan musik selama membuat tulisan ini. Hasilnya impresi dari kami cukup positif. Dari sisi kenyamanan, build quality, dan serta kualitas audio yang dihasilkan, semuanya memenuhi standar headset sebagaimana seharusnya.

Kualitas suara dengan driver 50 mm terdengar cukup jernih, jelas, dengan suara tembakan dan langkah terdengar maksimal. NYK juga melengkapinya dengan Have Driver Software yang dapat diatur untuk memaksimalkan performa suara.

NYK Nemesis HS-E12 AKKADIA (foto: zal/gamefinity.id)

Earmuff yang terbuat dari kulit dengan fitur breathable juga membuat nyaman para pengguna, khususnya ketika digunakan untuk sesi gaming yang panjang. Earmuff juga memiliki ukuran yang relatif besar dan dapat menutupi seluruh telinga.

Yang bisa disebut sebagai kekurangan dari headset gaming ini justru efektivitas fitur ENC, yang sebenarnya tidak terlalu berhasil meredam suara sekitar. Hampir tidak ada perbedaan antara suara yang ditangkap ketika l mode aktif maupun pasif. Malahan suara yang ditangkap dari mikrofon agak mengembeng, sehingga headset gaming ini kurang pas apabila dipakai untuk memandu live streaming.

Spesifikasi

  • Interface Type : USB Cable
  • Driver Diameter : 50mm
  • Sensitivity : 112dB ± 3dB
  • Speaker Impedance : 32Ω ± 5
  • Frequency Range : 20Hz-20kHz
  • Max Power : 30mW
  • Weight : ±320g
  • Cord Length : 2,2m
  • Microphone Sensitivty : -42 ± 3dB
  • Microphone Impedance : 2,2KΩ

Harga

NYK Nemesis HS-E12 AKKADIA (foto: zal/gamefinity.id)

NYK HS-E12 AKKADIA dipasarkan di NYK Official Store seharga Rp395.500. Secara keseluruhan, build quality yang disajikan tidak jauh dari harga yang ditawarkan oleh NYK. Meskipun terdapat sejumlah kekurangan, harga yang ditawarkan cukup kompetitif dan bisa bersaing dengan headset gaming dari brand lain. (zal)

Share yuk !